TIPS

Membasmi Virus dari Androidmu? Bisa!

Dwi K   07 Oct 2018
Membasmi Virus dari Androidmu? Bisa!

Virus merupakan musuh bagi para pengguna smartphone android. Banyak sekali masalah yang ditimbulkan oleh virus. Memang, virus di smartphone android belakangan ini sudah jarang ada berkat update-update yang dilakukan dan juga semakin kuatnya antivirus yang bisa kita download sendiri. Namun bukan berarti kita bisa lengah. Berikut adalah cara membasmi dan menghapus virus yang masuk ke smartphone android kita

Bagaimana Caranya Virus Masuk ke Smartphone Kita

Tidak jarang virus tersebut masuk melalui Google PlayStore dan lebih seringnya melalui aplikasi yang bukan kita download di Google Playstore. Mengapa demikian? Karena jika kita mengunduh aplikasi bukan dari Google Playstore, maka Google tidak dapat menjamin keamanannya dan bisa masuk ke smartphone kita.

Jika sudah masuk, tentu akan berbahaya bagi smartphone kita. Bisa merusak atau bahkan memboorkan data pribadi serta password-password kita.

Apakah Smartphone Kita sudah Terkena Virus?

Jika memang smartphone kita sudah terkena virus, maka smartphone kita tidak akan berjalan secara normal. Biasanya mendadak smartphone kita akan lemot, padahal kita tidak menggunakan banyak aplikasi. Atau mendadak kuota kita cepat habis, yang lebih parah mendadak kita banyak membeli in-app purchase tanpa sepengetahuan kita dan bahkan tidak ada notifikasi untuk transaksi.

Selain itu semua, pernahkah mendadak smartphone kita dipenuhi iklan? Seperti saat membuka lock, mendadak muncul iklan. Beberapa menit sekali muncul iklan, atau bahkan saat smartphone di kunci sekalipun, muncul iklan. Hal ini biasanya disebabkan oleh virus.

Namun jangan khawatir, virus tersebut bisa diatasi. Bagaimana caranya? Mari kita simak.

Cara Menghapus Virus di Android

Virus yang masuk ke smartphone android kita sebenarnya cukup mudah dihapus dengan beberapa cara mudah. Apa saja sih caranya?

Install Antivirus untuk Menghapus Virus di Android

Cara pertama yang kita lakukan jika smartphone kita terkena virus adalah Install antivirus. Mungkin ini dinilai terlambat atau bahkan beberapa smartphone akan menolak ini karena sistem mereka sudah disusupi. Namun jika masih bisa untuk menginstal, langsung saja dipasang dan scan seluruh smartphone.

Untuk antivirusnya sendiri, pilihlah yang memang menurut kita terbaik dari pengalaman-pengalaman sebelumnya. Jika belum pernah menggunakan antivirus manapun, carilah yang ratingnya baik di Google Playstore dan lihat komentar-komentar pengguna sebelumnya.

Sebagai contoh Antivirus yang bisa dipilih seperti

  • AVG
  • Avira
  • Avast
  • Kaspersky

Pilihlah yang sesuai dengan smartphone android kita seperti jumlah RAM dan sisa memori kita

Reboot di Safe Mode pada Android-mu

Nah jika antivirus tidak berhasil atau tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka cara selanjutnya adalah reboot smartphone di safe mode.

Bagaimana caranya? Pertama yang pasti reboot smartphone menuju safe mode. Mungkin beberapa smartphone berbeda-beda, ada yang menggunakan tombol volume saat sesudah menyalakan kembali dan ada juga yang langsung bisa memilih safe mode saat power up

JIka sudah masuk maka pilih menu Settings lalu pilih Apps dan selanjutnya pilih Downloaded. Disini kita bisa memeriksa aplikasi-aplikasi apa saja yang mencurigakan lalu langsung kita Uninstall.

Terkadang ada aplikasi-aplikasi yang ternyata tombol uninstallnya berwarna abu-abu alias sudah diberikan akses Admin. Pertama kita harus pergi menu Settings lalu pilih Security dan pilih Device Admin Apps. Pilih Off pada aplikasi yang seharusnya tidak memiliki akses admin lalu pilih Deactivate. Jika semua sudah off, seharusnya kita sudah bisa menghapus aplikasi-aplikasi mencurigakan tersebut.

Untuk keluar dari Safe Mode sendiri itu cukup mudah, cukup restart smartphone seperti biasa dan smartphone akan kembali ke mode normal.

Bagaimana Cara Mengatasinya jika Virus masih tidak Bisa Dihapus

Semua cara sudah dilakukan, antivirus sudah di Install, namun virus masih saja menghinggapi Smartphone kita. Apa yang harus kita lakukan ?

Hapus Semua Data dengan Factory Reset

Ini adalah cara terakhir dan biasanya sangat kita hindari sebisa mungkin kecuali disaat darurat dan sudah tidak bisa ditolong.

Factory Reset akan mengembalikan smartphone kita seperti saat keluar dari pabrik. Semua data dihapus dan semua aplikasi di delete.

Sebelum melakukan ini, ada baiknya back-up data kita terlebih dahulu jika memang masih bisa diselamatkan dari virus.

Untuk melakukan ini, kita perlu pilih menu Settings lalu pilih System. Di dalam Sistem pilih Reset Option lalu Erase All Data. Mungkin di beberapa versi OS penempatan Factory reset akan berada pada Backup & Reset.

Untuk melakukan Factory Reset ini memang memerlukan passcode handphone kita untuk konfirmasi.

Bagaimana Caranya Menghindari Virus Masuk Smartphone Android kita

Smartphone memang sebaiknya dijaga agar virus tidak masuk. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Berikut berbagai cara menghindari virus masuk ke smartphone android kita

Pastikan smartphone kita selalu update

baik dari segi aplikasi maupun OS yang kita gunakan. Security update akan selalu di patch bersamaan dengan update ini sehingga menutup celah-celah keamanan smartphone kita.

Aktifkan Google Play Protect

Google Play Protect akan melindungi smartphone kita dengan cara fitur ini akan secara rutin scan smartphone kita untuk melindungi dari malware. Cara mengaktifkannya cukup masuk ke menu Settings lalu pilih Google lalu pilih Security. Disini kita akan menemukan Google Play Protect. Jika memang belum aktif, maka aktfikanlah. Pada menu ini kita juga akan bisa melihat apakah ada aplikasi yang bervirus ataui tidak.

Hindari Meng-install Aplikasi di Luar Google Play Store

Karena aplikasi diluar belum bisa dipastikan keamanannya.

Pastikan Keaslian Aplikasi yang Kita Download

karena banyak sekali aplikasi-aplikasi palsu yang mendompleng nama dan juga mengandung virus didalamnya.

Gunakan Antivirus untuk Proteksi Tambahan

Gunanya smartphone mempunyai beberapa lapisan proteksi dari virus.

Virus yang menyerang smartphone memang semakin jarang, namun tidak ada salahnya kita tetap waspada. Bagi yang sudah terkena virus, maka semoga artikel ini bisa membantu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top