NEWS

Melalui "Kunci Keamanan," Facebook Hadirkan Metode Login Baru

Dikdok   04 Feb 2017
Melalui "Kunci Keamanan," Facebook Hadirkan Metode Login Baru

Setiap orang tentunya tidak ada yang menginginkan bila akun pribadi mereka disalahgunakan oleh para peretas. Oleh karena itu, telah bermunculan berbagai metode yang bisa digunakan untuk lebih mengamankan akun pribadi setiap pengguna sekarang ini.

Sebagai salah satu layanan yang paling sering diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, Facebook tentunya berusaha untuk menangani hal tersebut. Salah satu metode yang dicoba Facebook untuk menjaga keamanan akun penggunanya, yaitu metode otentikasi dua faktor. Dengan menggunakan metode keamanan ini, ketika pengguna memasukkan sebuah username dan password, maka situs yang mereka buka akan segera merespon dengan mengirimkan kode verifikasi pada ponsel pengguna. Untuk dapat masuk pada akun tersebut, pengguna diharuskan untuk memasukkan kode verifikasi yang mereka terima melalui SMS.

Namun, metode ini nyatanya juga memiliki kelemahan. Dengan adanya pengaturan untuk mengubah ulang nomor tujuan SMS dalam melakukan verifikasi, metode ini ternyata dapat dibobol dengan cukup mudah.

Oleh karena itu, Facebook kali ini mencoba melakukan sebuah metode baru untuk melakukan proses login dengan menggunakan sebuah kunci keamanan.

“Mulai hari ini, Anda dapat mendaftarkan kunci keamanan pada akun yang Anda miliki, sehingga setelah Anda mengaktifkan persetujuan login, Anda cukup memasukkan sebuah perangkat keras kecil yang masuk dalam drive USB pada komputer Anda,” tutur Teknisi Keamanan Facebook, Brad Hill.

"Kami tidak menganggap bahwa otentikasi dua faktor menjadi suatu hal yang wajib," jelas Hill. "Kami hanya melihat bahwa keamanan akun adalah tanggung jawab bagi kami. Untuk itu, bagi orang yang ingin tetap menjaga akunnya dengan baik, kunci keamanan ini akan menjadi pilihan yang baik,” lanjutnya.

Hill juga melanjutkan bahwa kunci keamanan untuk login Facebook saat ini hanya bekerja dengan web browser tertentu saja.

“Untuk menambahkan kunci keamanan dari komputer, Anda akan perlu menggunakan versi terbaru dari Chrome atau Opera. Pada saat ini, kami tidak mendukung login kunci keamanan untuk aplikasi Facebook versi mobile kami, tetapi jika Anda memiliki perangkat Android yang mendukung NFC dengan versi terbaru dari Chrome dan Google Authenticator yang terinstal, Anda dapat menggunakan kunci NFC untuk login dari situs mobile kami," pungkasnya.

Siap untuk mengaktifkan kunci keamanan kalian? Segeralah pergi ke Pengaturan Keamanan di akun kalian dan klik "Add Key." Kunci keamanan ini sendiri tersedia dan dapat dibeli melalui perusahaan yang memproduksinya, Yubico.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top