NEWS

MediaTek Umumkan Helio P65, SoC dengan Kamera 48 MP

Anduril   29 Jun 2019
MediaTek Umumkan Helio P65, SoC dengan Kamera 48 MP

MediaTek kembali merilis chipset mobile terbarunya, MediaTek Helio P65. MediaTek sesumbar bahwa SoC terbarunya ini datang dengan CPU Core yang lebih cepat serta NPU yang telah ditingkatkan. Namun, chipset ini bukan peningkatan dari Helio P60.

Dijelaskan oleh pihak MediaTek, bahwa Helio P65 yang baru ini memiliki dua inti Cortex-A75 dan enam inti Cortex-A55. Sebagai perbandingan, Helio P60 atau Helio P70 menggunakan empat inti Cortex-A73 dan empat inti Cortex-A53.

Menurut ARM, Cortex-A75 rata-rata 22 persen lebih cepat dari Cortex-A73. Sementara, Cortex-A55 mendapat peningkatan 18 persen serupa dari Cortex-A53. Jadi, harapannya kinerja single-thread lebih tinggi, tetapi skor multi-thread lebih rendah.

GPU beralih ke core ARM Mali-G52 dan bukan core G72 yang lebih kuat yang digunakan dalam Helio P60 atau P70. Ini adalah arsitektur Bifrost yang sama, meski begitu diperkirakan akan ada penurunan kinerja 3D. Lalu ada NPU dan dikatakan ini dua kali lebih cepat dari chipset Helio utama sebelumnya.

Dalam hal ini, SoC MediaTek Helio P65 bisa mengalahkan Helio P60 dan Helio P70. MediaTek juga sesumbar bahwa chipset terbarunya ini 30 persen lebih cepat daripada apa yang ada di dalam chipset pesaingnya secara langsung.

Perangkat keras yang terkait dengan kamera juga ditingkatkan. Ini memiliki dukungan perangkat keras untuk sensor 48 MP Quad Bayer serta pengurangan Multi-Frame Noise. Chipset ini dikatakan dapat membuat bidikan bokeh dengan satu atau dua kamera.

Video dapat dikodekan ke dalam format H.265 dan ada juga fitur Electronic Image Stabilization serta Rolling Shutter compensation (RSC). Akan tetapi, chipset ini hanya mendukung perekaman video hingga 1.080p @60fps dan tidak ada 4K.

Untuk masalah keamanan, chipset ini juga menjanjikan face unlock “super cepat” berbasis kamera. Dalam hal konektivitas, Heli P65 menawarkan dual 4G VoLTE, WiFi 5 dan Bluetooth 5.0. Navigasi dalam ruangan juga telah ditingkatkan berkat engine GNSS yang baru.

Berbeda dengan Helio P60 dan Helio P70, MediaTek mengatakan bahwa Helio P65 tidak dapat dihubungkan ke penyimpanan UFS, hanya eMMC 5.1. Selain itu, kekurangan lainnya SoC ini juga tidak mendukung dual-channel RAM LPDDR4x.

Diperkirakan, MediaTek Helio P65 akan dipakai oleh sejumlah pabrikan smartphone yang gemar memproduksi perangkat kelas menengah ke bawah.
48 MP

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top