TIPS

Mau Foto Portrait Bagus? Inilah Tips Foto Rekomendasi dari Google

Dwi K   18 Dec 2017
Mau Foto Portrait Bagus? Inilah Tips Foto Rekomendasi dari Google

Siapa di antara kita yang pernah difoto atau memotret secara portrait? Mungkin hampir seluruh pengguna smartphone sudah pernah melakukannya. Nah, Google telah merilis tips-tips foto secara portrait untuk Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL yang diklaim mempunyai mode portrait yang mumpuni. Meski diperuntukkan bagi kedua smartphone tersebut, tips ini sebenarnya juga bisa digunakan pada smartphone mana pun.

Close Up

Mungkin ini adalah trik paling dasar dalam melakukan foto secara portrait. Dengan semakin dekatnya jarak antara kamera dan objek foto, maka efek blur atau bokeh pun akan semakin kuat atau muncul di latar belakang dari objek foto tersebut.

Objek Foto dan Background

Nah, jika kita memang memfokuskan untuk memunculkan efek blur/focus dan bokeh, maka kita pun harus mengatur jarak antara objek dan latar belakangnya agar pemunculan efek blur/focus atau bokeh jadi semakin jelas.

Atur Fokus

Biasanya, cara untuk mengatur fokus pada fotografi smartphone adalah dengan melakukan tap pada bagian yang ingin lebih difokuskan. Di sini, kita bisa melakukan tap pada bagian wajah objek untuk mengatur focus dan exposure, apalagi jika cahaya dari latar belakang cukup kuat dan melebihi objek. Beberapa handphone mempunyai pengaturan exposure pada bagian menu atau bagian bawah.

Angle dan Perspektif

Cobalah bermacam-macam angle dan perspektif agar bisa mendapatkan hasil foto-foto yang maksimal dan sesuai dengan keinginan kita. Contohnya seperti pada saat ingin lebih memunculkan bentuk-bentuk yang, maka cobalah untuk memotret secara high angle.

Rule of Third

Tempatkan objek di tengah-tengah, dimana garis imajiner horizontal dan vertikal bertemu. Hal ini berguna untuk melakukan framing. Jika kesulitan, cobalah mengaktifkan pilihan 3x3 pada kamera untuk mengaktifkan garis tersebut pada layar. Hal ini bakal sangat membantu kita untuk mengatur komposisi gambar.

Perhatikan Lighting

Pilihlah tempat dengan pencahayaan yang baik untuk mengambil gambar, karena memang kita tidak akan selalu bisa mengatur cahaya yang kita inginkan. Hindari terjadinya backlight atau over exposure agar kualitas foto menjadi bagus.

Jika terlalu gelap seperti pada malam hari, gunakanlah lampu flash atau lampu flash dari handphone lain agar kita mendapatkan cahaya yang baik.

Make it Simple

Jika kita mengambil sebuah foto, maka akan ada objek utama yang ingin ditonjolkan. Jika terlalu “ramai,” foto malah akan kehilangan komposisinya dan jadi akan sulit untuk menonjolkan objek.

Periksa frame dan sekitar framing kembali agar tidak sampai ada objek yang tidak dinginkan jadi masuk ke dalam frame.

Jauhi tempat ramai jika kita memang ingin memotret suatu objek agar menghindari terjadinya “bocor” pada gambar.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top