istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
porno izleporno izleporno izleporno izleporno izlepornopornopornopornopornopornopornoporniocoolpornpornspotsex pornosex pornosex pornosex hikayesex hikaye
NEWS

Masyarakat Terpisah "Nol Jarak" dengan Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta - Bandung

en19ma   17 Sep 2023
Masyarakat Terpisah "Nol Jarak" dengan Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta - Bandung

Upacara peresmian Basis Pertukaran Ilmu Pengetahuan dan Budaya Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta - Bandung serta kegiatan hari terbuka pertama untuk para penggemar kendaraan telah diadakan di Depo Tegal Luar, Bandung, pada tanggal 9 September 2023 lalu. Ini adalah pertama kalinya bagi "Rumah Kereta Cepat" Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta - Bandung dibuka untuk umum. Kurang lebih sebanyak 200 orang dari tokoh masyarakat, penggemar kendaraan, komunitas kereta, pelajar, dan berbagai kalangan masyarakat umum lainnya dari seluruh daerah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Acara pembukaan ini juga menandai awal dari rangkaian acara fan open day pertama yang diselenggarakan di EMU Dekarur Bandung. Pertama kali dalam sejarahnya, masyarakat Indonesia berjalan memasuki Kereta Cepat Jakarta-Bandung "Rumah EMU" dan mengunjungi EMU Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari "jarak nol" untuk mengapresiasi pesona teknologi Kereta Cepat Tiongkok.

CRRC bersama dengan KCIC, China Railway, dan beberapa unit lain berupaya menghadirkan pusat edukasi ini untuk membawa masyarakat jadi lebih dekat dengan teknologi Kereta Api Kecepatan Tinggi dan mendorong pertukaran budaya. Inisiatif ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman yang kaya kepada pengunjung dengan menampilkan konsep eksibisi tematik dan memamerkan semua hal yang terkait dengan Kereta Api Kecepatan Tinggi.

Basis ini berlokasi di depo pemeliharaan bersama EMU Dekarul, yakni depo kereta api kecepatan tinggi Tegal Luar, yang dikenal sebagai "Rumah Kereta Cepat" dan juga berfungsi sebagai pusat operasional dan pemeliharaan EMU Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Biasanya, pemeliharaan 11 rangkaian kereta angkutan penumpang "Komodo Merah" dan satu kereta uji komprehensif yang dicat kuning berada di lokasi ini. Pangkalan Pemasyarakatan Sains dan Pertukaran Budaya EMU Kereta Cepat Jakarta-Bandung merupakan hasil kolaborasi antara CRRC, China State Railway Group Co., Ltd., dan China Railway Beijing Group Co., Ltd.

Merupakan platform pemasyarakatan ilmu pengetahuan dan pertukaran budaya bagi masyarakat Indonesia, yang bertujuan untuk mengundang lebih banyak masyarakat Indonesia agar dapat mengunjungi Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan memperoleh pemahaman lebih dalam tentang teknologi kereta api kecepatan tinggi Tiongkok. Selain itu, Pangkalan ini bertujuan untuk lebih efektif memperlihatkan hasil dari kerjasama antara Tiongkok dan Indonesia, serta membangun jembatan untuk meningkatkan pertukaran, saling pembelajaran, dan ikatan antara masyarakat kedua negara.


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Presiden Direktur CRRC Sifang Presiden Direktur CRRC Sun Yongcai dan Direktur KCIC Dwiyana Slamet Riyadi pada saat peresmian

Selain itu, Pangkalan ini juga menawarkan pengunjung kesempatan untuk melihat EMU Kereta Cepat Jakarta-Bandung secara langsung, termasuk lokasi perawatannya. Sebagai tambahan, sebuah ruang pameran tema ilmu pengetahuan dan teknologi telah didirikan, menampilkan prestasi ilmu pengetahuan dan teknologi EMU kereta cepat Jakarta-Bandung dalam berbagai bentuk.

Depo Tegal Luar, Bandung, kini bukan sekedar tempat pemeliharaan kereta. Fungsi terkininya adalah sebagai pusat edukasi dan budaya, yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendalami ilmu pengetahuan dan mengapresiasi budaya melalui Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta - Bandung. Semua ini bertujuan untuk memikat masyarakat agar merasakan kombinasi pesona ilmu pengetahuan dan teknologi Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta - Bandung. Karya-karya seni perajin kereta berupa lebih dari 40 unit model kereta Tiongkok, dengan kecepatan antara 60 hingga 600 kilometer per jam, serta tampilan elegan kereta melalui simulasi teknologi virtual reality kereta cepat dan sistem interaktif, dipamerkan dalam area pameran seluas hampir 200 meter persegi. Hal ini memberikan masyarakat Indonesia kesempatan unik untuk mengenal lebih jauh teknologi dan budaya kereta cepat berkecepatan tinggi.

Pada hari yang sama, hampir 200 orang, termasuk penggemar otomotif dan pelajar dari seluruh Indonesia, berpartisipasi dalam upacara peresmian pangkalan dan kegiatan hari terbuka penggemar otomotif. Di lokasi acara, deretan EMU Leja-Bandung yang terhampar rapi di jalur garasi pemeliharaan, sungguh pemandangan yang spektakuler. Mengunjungi dan merasakan EMU Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari "jarak nol", serta mengunjungi secara imersif ruang pameran bertema sarat ilmu pengetahuan dan teknologi, merupakan pengalaman yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia yang hadir.

Di lokasi acara peresmian, pesona Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta-Bandung semakin terasa. Mereka yang hadir disuguhi pemandangan menakjubkan serangkaian kereta berjejer rapi di di atas rel di depo., Tak hanya melihat, pengunjung juga diajak untuk merasakan langsung pengalaman eksklusif, dengan mengunjungi gerbong kereta api "Komodo Merah" dan merasakan sensasi berada di dalam ke kereta api cepat.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Ir. Budi Karya Sumadi mengutarakan bahwa peresmian Basis Pertukaran Ilmu Pengetahuan dan Budaya Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta – Bandung merupakan kerjasama strategis, “Ini bukan sekedar kerjasama biasa, tetapi sebuah sinergi strategis yang potensial bagi perkembangan nasional.”


Pelajar ketika mencoba Mengunjungi Galeri Museum Kereta Cepat

“Tidak hanya menawarkan kecepatan operasi komersial tertinggi di dunia mencapai 350 kilometer/jam, kereta api ini juga menyuguhkan desain yang mengadopsi unsur-unsur khas Indonesia, menawarkan fusi antara teknologi modern dan kekayaan budaya lokal." Kepala Desainer CRRC Sifang Co., Ltd, Zhang Fangtao, menjelaskan bahwa Kereta ini menyesuaikan dengan lingkungan operasional, gografis dan kondisi jalur di Indonesia, dengan teknologi adaptif canggih yang memastikan kenyamanan dan keamanan penumpang dalam beragam kondisi.

Kereta ini menggunakan desain pencegahan korosi berstandar tinggi dan teknologi perlindungan canggih. Ia memiliki ketahanan yang lebih kuat terhadap semprotan garam dan penuaan akibat ultraviolet, bisa menyesuaikan lebih baik lagi pada lingkungan pengoperasian bersuhu tinggi, tingkat kelembaban tinggi, dan semprotan garam tinggi. Pengaturan mode "akselerasi tinggi" memungkinkan kereta memiliki kemampuan mendaki yang lebih kuat dan dapat lebih nyaman dalam menangani medan tanjakan yang kompleks di jalur Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta - Bandung.

Zhang Fangtao menyampaikan bahwa penampilan luar dan interior rangkaian Api Kecepatan Tinggi Jakarta - Bandung telah memasukkan banyak elemen lokal Indonesia, yang kaya akan "gaya Indonesia".

Dari penampilan luar, tubuh kereta dicat dengan warna perak dan merah. Warna merah berasal dari bendera nasional Indonesia; bagian depan kepala dan sambungan gerbong dilengkapi dengan pola poligon merah yang meniru tekstur "komodo" yang berasal dari Indonesia, mewujudkan konsep hidup berdampingan yang harmonis antara manusia dan alam.

Pengunjung berkesempatan untuk menjelajahi berbagai fasilitas yang tersedia di dalam gerbong, mereka mengunjungi ruang pengemudi, ruang penumpang, gerbong makan untuk mencoba fasilitas layanan penumpang di dalam gerbong. Dapat dilihat, seri utama warna kursi adalah abu-abu, merah, biru yang masing-masing diambil dari menara "Borobudur" di Indonesia, bendera Indonesia, dan laut; di setiap kursi disematkan pola awan keberuntungan dengan gaya "Batik" Indonesia.


Pelajar pada saat mengunjungi Kabin Kereta Cepat

Fasilitas layanan penumpang juga sangat manusiawi. Kursi di dalam gerbong dilengkapi dengan soket pengisi daya. Sistem pendingin udara di dalam kereta telah dioptimalkan dan dapat menyesuaikan kelembapan di dalam kereta secara otomatis sesuai dengan lingkungan operasi, yang dapat mengontrol suhu di dalam kereta di bawah 26℃ dan menjaga tingkat kelembapan di bawah 60%, agar dapat meningkatkan kenyamanan berkendara. Gerbong makan dilengkapi dengan lemari penjual otomatis, mesin kopi, lemari pendingin, microwave, dan peralatan lain untuk memenuhi kebutuhan makan penumpang. Di gerbong No. 4 terdapat zona bebas hambatan yang dilengkapi dengan kursi bebas hambatan dan pegangan tangan, toilet bagi untuk penyandang disabilitas, tombol panggilan SOS, rambu-rambu petunjuk Braille, serta fasilitas lain untuk memudahkan perjalanan penumpang penyandang disabilitas.

“Banyak teknologi canggih kereta api Tiongkok yang dipamerkan di pangkalan tersebut, sehingga membuka mata saya. Saya memiliki pemahaman yang lebih intuitif dan mendalam tentang kereta api cepat Jakarta-Bandung dan teknologi Kereta Cepat Tiongkok,” kata Ika, seorang warga negara Indonesia.

“Ini pertama kalinya saya mengunjungi bagian dalam kereta cepat Jakarta-Bandung. Keretanya sangat modern, tampilannya cantik, kaya fasilitas di dalam gerbongnya, dan dilengkapi dengan banyak teknologi canggih, semuanya membuat saya takjub!” Danny, seorang blogger online yang berdomisili di Bandung, mengacungkan jempolnya pada kereta cepat Jakarta-Bandung yang ada di lokasi kejadian.

"Kecepatan EMU Kereta Cepat Jakarta-Bandung luar biasa. Bisa beroperasi dengan kecepatan maksimal 350 kilometer per jam. Keren banget! Semoga teman-teman juga bisa datang dan merasakan kereta cepat itu." Kata Rukanda Tayana, Warga Negara Indonesia. "Kereta Cepat Jakarta-Bandung membawa moda transportasi berkecepatan tinggi baru ke Indonesia, mempersingkat waktu tempuh Jakarta-Bandung dari 3 jam menjadi 40 menit, sehingga perjalanan semakin nyaman dan efisien."


Penggemar Kereta berada di galeri basis Kereta Cepat

"Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta - Bandung sangat modern. Ini pertama kalinya saya masuk ke dalam kereta api untuk berkunjung. Saya sungguh takjub dengan penampilan luar dan fasilitas gerbongnya." Dani Arisandi, seorang blogger online yang tinggal di Bandung tidak bisa menyembunyikan kekagumannya terhadap proyek strategis nasional ini. Ia menilai bahwa proyek strategis nasional ini adalah Langkah maju yang sangat penting untuk Indonesia salah satunya menjadi yang pertama di Asia Tenggara. Ia mengemukakan Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta - Bandung dapat mempersingkat waktu perjalanan dan juga mendorong pertumbuhan ekonomi di area stasiun dan kota-kota di sepanjang jalurnya, di saat bersamaan juga dapat mengurangi polusi udara sarana transportasi umum.

“Saya gembira Indonesia memiliki kereta cepat. Kereta Cepat Jakarta-Bandung merupakan kereta cepat pertama di Asia Tenggara. Hal ini merupakan hasil kerja sama yang luar biasa antara Indonesia dan Tiongkok, menyaksikan ‘kecepatan Indonesia’ dan persahabatan kedua negara,” kata Akbar, seorang mahasiswa asal Bali, Indonesia.

Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta - Bandung dirancang dan diproduksi oleh CRRC Sifang Co., Ltd. Pada Agustus 2022, seluruh rangkaian Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta - Bandung selesai diproduksi oleh perusahaan ini dan dikirim ke Indonesia melalui jalur laut; pada November 2022, kereta api ini menjalankan uji coba. Pada Mei 2023, Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta - Bandung memulai pengujian sistem dan pengujian bersama dan pada Juni 2023, Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta - Bandung mencapai kecepatan 350 kilometer/jam untuk pertama kalinya selama pengujian sistem dan pengujian bersama, berhasil mencapai target kecepatan desain.

Jalur Kereta Api Kecepatan Tinggi Jakarta - Bandung memiliki panjang total 142,3 kilometer. Setelah kereta ini dioperasikan, hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk melakukan perjalanan dari Jakarta, ibu kota Indonesia, ke kota wisata terkenal Bandung dengan kereta api. Proyek ini menjadi salah satu proyek penting dari "Satu Sabuk, Satu Jalan" serta kerja sama pragmatis antara Tiongkok dan Indonesia. Ini juga menjadi proyek pembangunan kereta api berkecepatan tinggi Tiongkok pertama di luar negeri yang melibatkan seluruh sistem, faktor, dan rantai industri, mengadopsi teknologi dan standar Tiongkok untuk seluruh jalurnya. EMU Kereta Cepat Jakarta-Bandung merupakan "pesanan pertama" kereta cepat Tiongkok yang berangkat ke luar negeri, diselenggarakan oleh China Railway International Co., Ltd., anak perusahaan China State Railway Group Co., Ltd., dan dirancang serta diproduksi oleh Sifang Co., Ltd, anak perusahaan CRRC.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top