LOADING
TIPS TRIK

Masalah yang Sering Timbul pada Samsung Galaxy S8 dan Solusinya

Escravania   18 Feb 2018
Masalah yang Sering Timbul pada Samsung Galaxy S8 dan Solusinya

Samsung Galaxy S8 dan S8+ dimaksudkan untuk menjadi sebuah produk yang penuh kemenangan bagi Samsung, setelah bencana yang ditimbulkan oleh Galaxy 7. Flagship Samsung ini mungkin merupakan ponsel yang bagus, tapi bukannya tanpa masalah. Di bawah ini adalah beberapa masalah yang mungkin timbul pada perangkat ini serta solusi potensialnya.

Masalah audio yang sering menghilang di Galaxy S8

Banyak pengguna melaporkan bahwa mereka memiliki masalah audio dengan perangkat Galaxy S8 dan Galaxy S8+ mereka. Suara/audio di perangkat mereka terputus secara acak saat mereka bermain musik, streaming video atau bermain game.

Masalah ini nampaknya hanya memengaruhi suara yang keluar dari speaker, bukan audio dari headphone. Kabel yang longgar ditengarai sebagai penyebabnya, sebuah teori yang didukung oleh fakta bahwa jika Anda memberi tekanan tepat di atas speaker, audio kembali menyala. Namun rupanya, jika Anda mengguncang S8 dengan keras, masalah yang sama akan timbul. Jika ini benar, mungkin ini adalah masalah perangkat keras – yang berarti pembaruan perangkat lunak saja tidak akan memperbaiki masalahnya.

Adakah solusinya?

Samsung memberi tanggapan bahwa itu kemungkinan adalah masalah aplikasi atau perangkat lunak, dan mereka menyarankan pengguna untuk memasang perangkat dalam mode aman selama 1-2 jam dan memantau penggunaan audio. Ini rupanya tidak memperbaiki masalah.

Ternyata Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge memiliki masalah yang sama, dan ada pengguna yang merekomendasikan solusi ini: Aktifkan opsi pengembang di Galaxy S8. Masuk ke Opsi Pengembang, gulir ke bawah ke Media dan nyalakan opsi Cegah routing audio USB. Hal ini tampaknya memecahkan masalah audio di Galaxy S7 dan mungkin terbukti bekerja untuk S8 dan S8+ juga.

Jika Anda ingin menguji speaker Galaxy S8 dan S8+ di mode aman, masuk ke dialer ponsel Anda dan ketik *#0*#

Galaxy S8 dan S8+ sering me-restart sendiri

Sejumlah pengguna melaporkan bahwa perangkat Galaxy S8 dan S8+ mereka terus me-restart. Perbaikan cepat melalui factory reset terbukti tidak berguna. Sebagian pengguna mencoba me-reboot perangkat mereka, namun setelah itu ternyata ponsel mereka tidak kembali menyala lagi.

Belum ada konfirmasi resmi dari perusahaan mengenai masalah ini, namun tampaknya ini terkait dengan kartu microSD. Beberapa pengguna melihat pemberitahuan “Transfer files to SD card” setelah me-restart ponsel, sementara yang lain mengatakan bahwa mereka mengalami lebih banyak masalah setelah mereka mentransfer atau menghapus semua aplikasi dari kartu.

Samsung menyarankan pelanggan yang terkena dampak untuk mengirim perangkat mereka untuk diperbaiki, ditukar atau untuk pengembalian dana penuh. Kabarnya, hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari perusahaan mengenai masalah ini.

Layar Galaxy S8 “berdarah”


Salah satu nilai jual utama untuk Galaxy S8 dan S8+ adalah layar AMOLED super mereka, yang memberi warna layar dengan sangat akurat. Di sektor ini pulalah Samsung pertama kali mendapat laporan masalah dengan S8 dan S8+, karena banyak pengguna melaporkan bahwa ada “pendarahan” pada layar yang menghasilkan layar berwarna merah tua.

Menurut salah satu pengguna Reddit, masalah ini tak lebih dari batasan dengan panel OLED milik Samsung. Lebih teknisnya, ini adalah hasil dari Samsung yang menggunakan silikon polikristalin bersuhu rendah dan bukan bahan seperti seng oksida gallium indium.

Samsung segera melakukan perbaikan lewat pembaruan perangkat lunak mereka, yang mengatur keseimbangan warna perangkat. Perusahaan mengatakan bahwa pembaruan ini menawarkan “kemampuan yang lebih baik untuk menyesuaikan pengaturan warna sesuai preferensi mereka”, jadi begitu Anda menerima pembaruan, Anda dapat menyesuaikan tampilan lebih dari saat Anda pertama kali mengeluarkan perangkat dari kotak.

Tombol Home Galaxy S8 terlalu sensitif

Sebagian pemilik Galaxy S8 melaporkan bahwa tombol home mereka sepertinya tidak berfungsi dengan semestinya. Setelah mengunci ponsel, ponsel mulai bergetar dan menyalakan kembali layar, meminta pembuka kata sandi (kode akses atau pemindaian sidik jari). Ternyata masalah ini terjadi baik segera setelah mengunci ponsel, namun bisa juga terjadi setelah diam beberapa detik. Sepertinya masalahnya terkait dengan pengaturan sensitivitas tombol home.

  • Untuk mengatasi hal ini, coba sesuaikan sensitivitas tombol home di Samsung Galaxy S8.
  • Buka Aplikasi> Pengaturan> Bar navigasi. Kemudian, cari sensitivitas tombol Home dan seret slider ke tempat yang diinginkan.

Galaxy S8 tidak memiliki tombol home fisik lagi, jadi itu mungkin adalah satu hal yang dapat diperbaiki oleh pembaruan perangkat lunak saja. Perlu dicatat bahwa saat ini masalah tombol home sepertinya hanya terjadi pada perangkat Galaxy S8.

Pemindai sidik jari Samsung Galaxy S8 tidak mendeteksi jari?

Pemindai sidik jari Galaxy S8 nampaknya menimbulkan beberapa masalah. Masalah utama adalah pemindai sidik jari tidak bisa atau tidak selalu mengenali gestur notifikasi atau sidik jari. Beberapa pengguna melaporkan bahwa sensor sidik jari pada dasarnya mati, menolak mengenali sidik jari yang tersimpan untuk membuka kunci S8.

Perbaikan sementara untuk masalah ini tampaknya hanyalah dengan cara melakukan reboot, meskipun telah dilaporkan bahwa masalah pemindai sidik jari tidak bekerja muncul lagi. Support Samsung mengatakan bahwa ini adalah masalah pada perangkat lunak, bukan masalah perangkat keras, yang akan diperbaiki dalam pembaruan yang akan datang.

Demikianlah beberapa permasalahan yang sering timbul pada Samsung Galaxy S8 dan solusinya. Selamat mencoba.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top