LOADING
REVIEW

Marvel Future Fight, Game Marvel Terbaik di Smartphone

Anduril   21 Jul 2017
Marvel Future Fight, Game Marvel Terbaik di Smartphone

Rasanya, nama Marvel telah beredar di banyak media. Perangkat Android mau pun iOS juga tidak luput menjadi salah satu tujuan Marvel dalam mendulang untung. Dari sekian banyak game yang sudah ada, ada yang benar-benar disukai dan ada juga yang ditinggal sama sekali. Mungkin, penyebab utamanya adalah soal gameplay. Karena, pada dasarnya, hampir setiap publisher yang merilis game Marvel memiliki konten yang tidak berbeda jauh antar satu sama lainnya.

Lihat saja, Marvel Contest of Champions, Marvel Puzzle Quest, dan Marvel Pinball yang telah jelas banyak untuk di-download dan masih banyak diminati sampai saat ini. Ketiganya kurang lebih memiliki konten Marvel yang serupa dan kualitasnya pun cukup mumpuni. Hanya saja, gameplay-nya yang jelas berbeda. Yang satu merupakan game fighting, lalu game puzzle, dan lainnya lagi adalah game arcade. Masing-masing dari ketiga judul tersebut seolah-olah telah menguasai porsinya dengan baik.

Dalam penguasaan franchise Marvel, Netmarble cukup pintar untuk mengambil porsi lain dalam bentuk sebuah game action RPG. Dalam hal ini, yakni Marvel Future Fight, sebuah game mobile gratis yang akan kami ulas.

Impresi awal yang kami rasakan sejak game mobile ini diluncurkan adalah lebih dari cukup untuk menahan kami berlama-lama untuk memainkannya. Kami tidak mengira bahwa Netmarble yang biasanya menghadirkan game-game bertema lucu dan imut ternyata juga bisa membuat sebuah game yang berkesan lebih serius. Apalagi di saat memasuki tutorial dalam game ini, pemain sudah disuguhkan dengan karakter Thor dan dua superheroes lainnya, yang masih tergolong jarang diajak ke dalam game Marvel, yaitu Black Panther dan Bullseye. Seketika, animasi serangan dan petir dari Mjolnir milik Thor pun berhasil menarik perhatian kami.

Fleksibilitas dua pilihan kontrol di dalam Marvel Future Fight juga menjadi kekuatan lebih, yang bisa berlaku sebagai alternatif antara gamer hardcore dan gamer non-hardcore. Kalau kami jelas memilih sistem kontrol gamepad virtual, sih. Tujuannya agar unsur action di dalam game RPG ini jadi lebih terasa.

Gameplay yang disandang sebenarnya standar saja. Kalian harus mengalahkan semua musuh yang kalian temui di sebuah stage, dari awal hingga akhirnya bertemu mini-boss dalam alur yang linear. Akan tetapi, konten dari Marvel yang diaplikasikan pada desain stage, objek, karakter musuh, musik, dan skill yang dimiliki oleh masing-masing superheroes memberikan nilai lebih terhadap game mobile ini.

Kalau hanya disebutkan bergenre RPG, kalian mungkin berpikir kalau game mobile ini berbasiskan turn-based. Padahal, tidak demikian. Unsur RPG di dalam game mobile ini sebagian besar meliputi kemasan perkembangan masing-masing superheroes, mulai dari upgrade Rank, Master, Gear, Skill, dan ISO-8.

Singkatnya, unsur RPG di dalam game mobile ini cukup kompleks. Tiap superhero dapat dtingkatkan Rank-nya, yang ditandai dengan jumlah bintang yang dimilikinya. Atau, Master yang ditandai dengan bertambahnya skill Leadership yang dapat berguna bagi anggota tim lainnya jika superhero tersebut berperan sebagai Leader. Juga, ada upgrade pada sistem Gear atau seperti bagian-bagian tubuh, jubah, atau senjata yang dikenakan oleh sang superhero untuk meningkatkan status tertentu (ATK/DEF/HP). Lalu, juga ada peningkatan untuk kekuatan Skill, dan juga tidak ketinggalan adalah pemasangan ISO-8 yang dapat meningkatkan satu jenis kekuatan tertentu.

Kompleksnya unsur RPG di dalam Marvel Future Fight juga didukung dengan rumitnya sistem IAP (in-app purchases) yang ditawarkan. Maklumlah, sebagai game gratis telah memastikan adanya banyak tawaran pembayaran di dalam game mobile ini. Ada fitur Shop dimana kalian bisa membeli Gold, Crystal, Assemble Points, dan Biometrics. Sangat ribet, karena walau pun sudah ada banyak sistem mata uang seperti itu, tapi untuk bisa mendapatkan superhero baru, kalian juga tetap harus membeli Chest dengan isi superhero atau Gear yang acak.

Pilihan karakter superheroesnya sangat banyak. Dan, dengan update yang terus dilakukan, ada kemungkinan bagi kalian bakal menemukan ratusan bahkan ribuan karakter Marvel di dalam game mobile ini.

Animo masyarakat terhadap Marvel juga tampaknya tidak akan ada habisnya hingga 3 tahun mendatang. Judul terbaru dari film Avengers saja sudah menanti pada tahun 2018 nanti. Belum lagi, film-film dari superheroes lainnya yang akan berdatangan secara satu per satu, seperti Deadpool 2, Black Panther, Captain Marvel, dan lain-lainnya.

Jika kalian sedang sibuk tapi kalian butuh melakukan grinding untuk meningkatkan level superheroes-mu, maka kalian bisa menggunakan fitur Autoplay yang bisa digunakan pada stage yang sudah kalian selesaikan sebelumnya. Dapat disimpulkan, Marvel Future Fight memang adalah sebuah game franchise Marvel untuk mobile yang terlengkap dan terbaik yang pernah ada. Sebenarnya, tidak ada unsur paksaan bagi kalian untuk men-download game mobile ini. Tapi, rasanya akan sayang jika kalian sampai melewatkan game mobile ini begitu saja.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
Dirgahayu Republik Indonesia
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top