REVIEW

Mari Bertualang di Luar Angkasa bersama Space Corgi: Dogs and Friends

Andy Chan   06 Feb 2018
Mari Bertualang di Luar Angkasa bersama Space Corgi: Dogs and Friends

Apakah bertualang di luar angkasa itu adalah hak manusia saja? Tentu tidak! Anjing pun ingin bertualang di luar angkasa. Inilah kisah seekor Welsh Corgi yang ingin bertualang sejauh mungkin di sebuah planet asing di luar angkasa, sambil menyelamatkan teman-temannya yang ditemui olehnya sepanjang perjalanan. Itulah kisah yang diangkat oleh Next Doors dalam game mereka yang diberi judul Space Corgi: Dogs and Friends.

Sang Welsh Corgi yang mengenakan helm astronot untuk bernafas ini akan senantiasa bergerak dari kiri ke arah kanan, dan tugas pemain adalah menyuruhnya melompat-lompat menghindari rintangan yang menghalanginya. Untuk melompat, pemain hanya perlu menyentuh layar saja. Karena permainan berlangsung di luar angkasa, maka sang Welsh Corgi pun bisa seperti "berenang", dan pemain harus memastikan agar sang anjing imut tersebut tidak menabrak sesuatu, ataupun jatuh ke bawah.

Biasanya sang Welsh Corgi dihalangi oleh dua buah pipa yang mencuat dari atas dan bawah, sehingga ruang geraknya cukup sempit. Dia tidak boleh menyentuh daratan, tidak boleh menyentuh pipa juga, karena begitu tersentuh sedikit saja, maka dia pun akan jatuh dan kepalanya akan berbintang-bintang, mengakibatkan permainan berakhir. Hal ini dibuat lebih kompleks lagi dengan adanya koin di medan permainan yang sebaiknya diambil oleh sang Welsh Corgi, karena koin tersebut merupakan mata uang in-game yang juga merupakan tolak ukur dari skor tertinggi yang bisa dicapai oleh pemain.

Lebih sulit lagi, terkadang pemain akan menemukan kandang anjing di medan permainan yang biasanya sulit untuk dicapai. Apabila pemain berhasil mengarahkan sang Welsh Corgi untuk mengambil kandang anjing tersebut, maka dia pun akan mendapatkan anjing baru untuk bisa menggantikan sang Welsh Corgi.

Terdapat banyak jenis anjing yang bisa dimainkan selain sang Welsh Corgi, yaitu Dachsund, Pomeranian, French Bulldog, Shiba, Chihuaha, Poodle, Chicken Corgi, Maltese, Beagle, Siberian Husky, dan Cocker Spaniel. Sebagian dari anjing-anjing yang bisa dimainkan tersebut bisa di-unlock dengan cara membelinya menggunakan koin, sementara ada sebagian kecil yang hanya bisa didapatkan dengan menyelamatkan anjing yang dikandangi ketika sedang bermain.

Nah, seberapa jauh Anda bisa bermain sebelum terjadi game over? Anda bisa membandingkannya dengan pemain lain di seluruh dunia dalam sebuah sistem Ranking yang bisa dilihat kapan pun Anda terkoneksi ke Internet. Selain itu juga ada sistem Achievement yang bisa menjadi tantangan tersendiri.

Memang grafis yang digunakan oleh Space Corgi: Dogs and Friends cukup sederhana, hanya grafis 2D yang kartun saja. Namun seluruh anjing yang hadir di dalam game ini tampil dengan sangat imut dan menawan. Sayangnya, animasi mereka terbatas sekali, dan medan permainan pun sangat monoton.

Space Corgi: Dogs and Friends merupakan sebuah game free-to-play yang tidak butuh koneksi Internet untuk bisa dimaikan dan juga tidak memiliki sistem stamina / energi. Sebenarnya tidak ada iklan yang mengganggu permainan, namun pemain bisa mendapatkan sejumlah koin apabila bersedia menonton sebuah video iklan. Tidak ada mikrotransaksi sama sekali dalam game ini.

Tapi secara keseluruhan, Space Corgi: Dogs and Friends tidak bisa dibilang sebagai sebuah game orisinil. Game ini jelas-jelas "terinspirasi" oleh game yang sempat tenar beberapa waktu lalu yang berjudul Flappy Bird. Malah boleh dibilang Space Corgi: Dogs and Friends merupakan sebuah reskin dari Flappy Bird. Jadi meskipun game-nya sendiri cukup menantang, namun apabila Anda tidak suka dengan Flappy Bird dan merasa game tersebut bodoh, tidak ada alasan bagi Anda untuk mencoba Space Corgi: Dogs and Friends. Namun demi menyambut datangnya tahun Anjing per tanggal 16 Februari ini, tidak ada salahnya mencoba game bertemakan anjing seperti ini.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top