Kembangkan Usaha dengan GrabAds, Pedagang Pempek Kaki Lima Ini Sukses Buka Restoran

Published: 21 Jul 2023, oleh Vent Fleur

Teknologi telah memberikan sekaligus meningkatkan peluang bagi pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Melihat peluang ini, Grab, sebagai superapp terkemuka di Asia Tenggara, menyediakan aplikasi sederhana dan efisien bagi pemilik usaha yang bertujuan untuk memberdayakan mereka dan bersaing dengan usaha-usaha yang telah mapan. Dalam hal ini adalah kemampuan untuk menerapkan ekonomi digital.

Adalah Asina dan Saipul, pemilik usaha Pempek Duo Putri, yang telah memanfaatkan layanan Grab untuk meningkatkan usaha kuliner kaki limanya hingga menjadi restoran yang sukses. Berdiri pada 2013 di Depok, Jawa Barat, Pempek Duo Putri awalnya hanya berupa gerobak pinggir jalan. Pasangan ini memulai usahanya dengan mempromosikan dagangannya ke asrama, kos-kosan, hingga rumah-rumah penduduk setempat.

Seiring waktu berjalan, usaha Pempek Duo Putri mengalami peningkatan yang baik, serta berhasil membangun reputasi yang baik pula di lingkungan sekitarnya. Usahanya selama bertahun-tahun membuat banyak pelanggan berdatangan demi mencicipi pempek empuk dari Pempek Duo Putri, yang disajikan dengan racikan saus rahasia.

Di pertengahan jalan, khususnya selama pandemi COVID-19, mereka menghadapi berbagai macam tantangan. Meskipun begitu, pasangan suami-istri ini berhasil untuk tetap menjalankan usahanya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital. Salah satunya adalah memanfaatkan kehadiran aplikasi Grab. Penjualan rata-rata meningkat lebih dari 100 persen dibandingkan dengan sebelum pandemi.

Berkat kesuksesan yang terus berlanjut, mereka juga berhasil mengembangkan kegiatan operasional usaha kulinernya. Bahkan, kini mereka berani untuk menawarkan berbagai macam hidangan spesial untuk para pelanggannya. Demi menjangkau pangsa pasar yang lebih luas tanpa alat tambahan, Pempek Duo Putri mencoba beralih ke GrabAds, yang merupakan solusi periklanan mumpuni serta bisa diakses melalui GrabMerchant. Dengan demikian, Asina dapat meningkatkan visibilitas restorannya dan terhubung dengan konsumen dalam radius 5 km.

Berbicara mengenai penggunaan GrabAds, Asina berkomentar, "Seiring dengan perkembangan era digital ini, penting bagi usaha kecil seperti kami untuk mengikuti perubahan dan inovasi bisnis. Kami merasa Grab dan GrabAds mudah digunakan, apalagi ada di dalam satu aplikasi GrabMerchant. Kami yang awalnya gaptek pun jadi mudah paham."

Menanggapi kisah sukses Asina dan suaminya atas usaha Pempek Duo Putri, Melinda Savitri, Country Head of Marketing Grab Indonesia, menegaskan komitmen Grab dalam mendukung usaha kecil di Indonesia. ”Kami sepenuh hati berkomitmen untuk memberikan dukungan dan menyediakan solusi teknologi yang dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan bisnis UMKM di masa depan,” tuturnya.

Sembari membagikan tips-tips untuk para pemilik UMKM, Melinda melanjutkan, ”Usaha kecil di Indonesia dapat memanfaatkan GrabAds untuk meningkatkan penjualannya dengan menjalankan kampanye iklan berdurasi yang lebih lama dengan mengkombinasikan pencarian (Search) dan iklan gambar (Image Ads), menargetkan konsumen baru dan pelanggan setia, serta mempromosikan menu-menu spesial atau diskon.”

Ke depannya, Grab terus berupaya dalam membantu UMKM agar dapat cepat beradaptasi dengan ekonomi digital, serta memberikan solusi digital yang memungkinkan mereka untuk membangun kehadiran di ranah online, mengakses segmen konsumen baru, dan menyederhanakan proses operasional.

Tags

android ios news Pempek Duo Putri GrabAds GrabMerchant grab grabbike grabfood UMKM bisnis usaha kecil dan menengah digital teknologi aplikasi pesan makanan online aplikasi mobile kaki lima iklan

Share Artikel