TIPS

Maksimalkan Twitter untuk Membantu di Saat Bencana

Dwi K   01 Oct 2018
Maksimalkan Twitter untuk Membantu di Saat Bencana

Bencana memang bisa dating kapan saja. Seperti saat ini banyak bencana terjadi berbagai belahan Indonesia. Bantuan terus dibutuhkan dan dibagikan baik melalui relawan maupun oleh pemerintah.

Twitter News AndroidiOS Free Download Download

Informasipun dibutuhkan guna membantu saudara-saudara kita yang terkena bencana. Salah satu media social yang cepat dan real-time updatenya adalah Twitter. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara memaksimalkan Twitter disaat bencana. Semoga bisa membantu.

Fitur Mention sebagai Cara Meminta Bantuan

Fitur mention bisa digunakan untuk meminta bantuan kepada lembaga-lembaga terkait. Memang bukan bantuan yang bersifat urgent seperti ambulance atau pemadam kebakaran, namun bisa digunakan untuk meminta info mengenai orang hilang atau bantuan pasokan ke daerah-daerah yang belum mendapatkan bantuan.

Dengan menggunakan mention (@) dan ditujukan kepada Pemerintah atau lembaga-lembaga terkait, kita bisa menginformasikan hal-hal tersebut.

Hashtag yang Tepat

Topik atau pembahasan dalam Twitter memang harus menggunakan hashtag atau tagar agar relevan.

Dengan hashtag atau tagar yang tepat maka tweet kita akan masuk ke pembahasan yang cepat, sehingga informasi bisa diberikan dengan cepat juga.

Hindari penggunaan hashtag yang tidak berhubungan karena akan tidak relevan dalam pencarian.

Twitter Lite

Jika kita berada di daerah bencana, tentu kualitas dan kekuatan jaringan provider kita akan melemah. Alternatif untuk Twitter, kita bisa memakai Twitter Lite dimana app ini akan lebih sedikit membutuhkan kuota dan bandwidth sehingga kemungkinan lebih bisa diandalkan di daerah-daerah bencana.

Follow Akun yang Bisa Dipercaya

Dengan luasnya media social dan banyaknya info yang beredar di twitter, tentu kita ingin mendapatkan info yang paling akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.

Selalu follow akun-akun yang bisa dipercaya dan sudah bisa diverifikasi. Misalnya @BNPB_Indonesia

@infomitigasi @infoBMKG @SAR_NASIONAL. Follow akun-akun seperti contoh untuk mendapatkan update dan memberikan info update mengenai daerah bencana.

Twitter Moments

Twitter Moments bisa digunakan unuk memantau informasi mengenai daerah bencana dan informasi terbaru mengenai bencana tersebut. Twitter akan mengumpulkan tweet-tweet yang terkait topik-topik tertentu, seperti bencana atau gempa misalnya. Disini kita bisa menemukan informasi-informasi dengan lebih mudah.

Twitter dapat sedikit membantu menyebarkan informasi dan mencari informasi mengenai bencana, namun jika darurat jangan menggunakan twitter melainkan hubungi channel-channel darurat seperti nomor polisi atau pemadam kebakaran.

Semoga artikel ini membantu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top