TIPS TRIK

Makan Siang Bersama via Video Call? Bisa, kok!

Dwi K   24 Jan 2021
Makan Siang Bersama via Video Call? Bisa, kok!

Waktu makan siang secara tradisional telah menjadi bagian penting dari keseharian kita kala bekerja di suatu tempat kerja yang jamak disebut sebagai kantor. Waktu makan siang ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk meluangkan waktu dari pekerjaan serta deadline, dan bersosialisasi dengan rekan-rekan kerja. Anda dapat pergi ke kantin, atau mungkin ke kafe, pujasera (pusat jajanan serba ada), warung makan, atau restoran setempat --untuk mengobrol, bergosip, atau mungkin berbicara dengan sengaja tentang apa pun selain yang berkaitan dengan pekerjaan.

Namun, semuanya itu terpaksa berubah semenjak pandemik Covid-19 berlangsung, dan sebagian besar dari para pekerja mesti bekerja dari rumah dan tidak bekerja lagi di kantor. Karena, kita tidak pernah akan tahu apa yang bakal terjadi jika kita berinteraksi dengan rekan-rekan kerja di kantor. Bahkan, membuat secangkir kopi di kantor saja bakal menghadirkan potensi bahaya kesehatan pada akhir-akhir ini. Dan, dengan banyak dari kita yang mesti tinggal di rumah, banyak kantin, kafe, pujasera, warung makan, atau pun restoran yang telah tutup dan terpaksa memecat karyawan-karyawan mereka.

Tentunya, bekerja dari rumah telah menimbulkan kejenuhan tersendiri, dan utamanya, bisa membuat kita jadi merasa terisolasi serta kurang berinteraksi secara sosial dengan rekan-rekan kerja.

Berinteraksi dengan rekan-rekan kerja tentunya masih dapat terjadi dalam bentuk video, atau pun dengan aplikasi media sosial lainnya, berupa meeting secara formal dikarenakan adanya urusan pekerjaan. Meski begitu, kita terkadang merindukan mengobrol hanya untuk fun, sesuatu yang terbilang spontanitas dengan rekan-rekan kerja. Tentunya, dengan makan siang bersama, akan ada banyak obrolan-obrolan yang bakal mempererat sesama rekan kerja dan saling membangun kepercayaan antar satu dengan yang lainnya.

Makan siang sambil melakukan video call dengan rekan-rekan kerja tentunya dapat membantu semua itu, walau pun kita bekerja dari rumah masing-masing. Apalagi, dengan kondisi WFH (Work From Home) seperti saat ini, waktu kerja dan waktu pribadi terkadang bisa bercampur dan tak jarang malah dapat berbentrokan dengan satu dengan yang lainnya.

Zoom, Skype, WhatsApp, ataupun Facebook Messenger bisa menjadi bermacam pilihan untuk dijadikan sebagai aplikasi video call untuk makan siang bersama secara online. Tentunya, kita dan rekan-rekan kerja sebelumnya pun harus memiliki rules serta jadwal bagi masing-masing.

Makan siang bersama secara online ini tentunya akan sedikit mengobati rasa rindu untuk bertemu dengan rekan-rekan kerja dan akan menaikkan moral dari para karyawan.

Ada beberapa perusahaan bahkan menjadwalkan makan siang bersama secara online agar silaturahmi tetap terjaga, dan bisa menjadi wahana bagi para partisipannya untuk membahas isu-isu perusahaan dengan lebih santai secara virtual.

Memang, hal ini mungkin terkesan aneh bagi orang-orang yang tidak terbiasa untuk makan di depan gadget mereka. Namun, makan siang bersama online ini bisa menjadi alternatif untuk tetap bisa bersilaturahmi dan berinteraksi secara online dengan rekan-rekan kerja mau pun handai taulan, kerabat serta keluarga di masa pandemi ini. Ingin mencobanya? Cobalah bikin janji dengan mereka sekarang juga.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top