LOADING
REVIEW

Mainkan 8 Ball Pool & Jadilah Jago Bola Sodok Nomor 1 di Dunia

Andy Chan   03 May 2018
Mainkan 8 Ball Pool & Jadilah Jago Bola Sodok Nomor 1 di Dunia

Permainan bola sodok atau biliar adalah salah satu cabang olah raga penuh konsentrasi yang meskipun sering dipertandingkan, namun ketenarannya masih kalah dengan cabang olah raga lain seperti sepakbola atau tenis. Meskipun begitu, banyak orang yang gemar memainkan biliar di tempat-tempat khusus sebagai sarana hiburan mereka, karena harus diakui, menyodok bola dan memasukkannya ke lubang di pinggiran meja itu memiliki kepuasan tersendiri. Nah, bola sodok inilah yang diangkat oleh developre Miniclip dan dijadikan oleh mereka sebuah game besar berjudul 8 Ball Pool yang menghubungkan pemain biliar satu dengan lainnya di dunia.

8 Ball Pool adalah sebuah permainan biliar yang dimainkan secara online melawan pemain dari seluruh dunia, baik itu melawan temanmu ataupun melawan orang lain. Tersedia duel bola sodok dengan sistem 1 vs 1 ataupun Turnamen 8 orang yang seru, dan berusahalah menjadi pemain nomor satu di dunia.

Seperti permainan bola sodok pada umumnya, 8 Ball Pool menggunakan bird's eye view alias meja biliar-nya dilihat dari atas. Pemain cukup menyentuh layar dan mengarahkan jari ke arah atas atau bawah untuk mengarahkan arah sodokan tongkat biliar. Untuk menyodok bola putih, pemain hanya perlu mengatur kekuatan dari sodokan dengan menyentuh gambar tongkat biliar di pojok kiri bawah dan kemudian menggesernya ke arah kiri atau kanan, semakin jauh geseran, semakin keras sodokannya.

Untuk memanipulasi daerah sodokan pada bola putih, pemain cukup menyentuh icon bola putih di pojok kanan atas dan kemudian mengarahkan titik merah ke arah titik sodokan yang diinginkan. Ini merupakan teknik tingkat tinggi, misalnya titik merah diarahkan di bagian atas bola, maka akan menyebabkan bola biliarnya lanjut menggelinding setelah meluncur mengenai bola lain. Atau bisa juga mengarahkan titik merahnya di bagian bawah bola putih yang akan menyebabkan bola putihnya setelah menghantam bola lain, akan menarik diri ke arah berlawan.

Sesuai dengan judulnya, sebagian besar permainan biliar dalam 8 Ball Pool ini menggunakan aturan 8 ball. Dalam aturan 8 ball, salah satu dari dua pemain harus memasukkan bola terlebih dahulu untuk mengklaim sisi. Begitu salah satu pemain memasukkan bola, maka dia pun akan mendapatkan sisi antara warna penuh atau warna belang, yang juga direpresentasikan dengan angkanya, apakah angka kecil 1 sampai dengan 7, atau angka besar 9 sampai dengan 15. Setelah mengklaim sisi, pemain wajib memasukkan bola yang ada di sisi mereka, dan setelah selesai, harus memasukkan bola hitam berangka 8 untuk memenangkan pertandingan. Barang siapa yang memasukkan angka 8 duluan tanpa sengaja, akan langsung mengalami kekalahan.

Setiap memenangkan pertandingan melawan pemain lain, maka Anda akan mendapatkan koin sebagai reward, serta sebuah peti harta. Seperti beberapa game free-to-play lainnya, peti harta ini membutuhkan waktu tunggu untuk bisa dibuka, kecuali Anda bersedia membayar premium. Di samping mendapatkan reward, Anda akan mendapatkan XP juga untuk bisa naik level, dan mendapatkan rank points untuk naik ranking.

Terdapat macam-macam venue yang disediakan oleh 8 Ball Pool, di mana masing-masing venue memiliki entry fee sendiri dan tentunya hadiah yang semakin besar seiring dengan naiknya harga entry fee tersebut. Sayangnya, ini berarti kalau Anda kurang jago bermain biliar dan kalah terus menerus, ada kemungkinan Anda akan kehabisan koin dan akhirnya tidak bisa melanjutkan permainan sama sekali karena tidak sanggup membayar entry fee. Untuk bisa melanjutkan, pemain bisa mencoba menonton sebuah iklan atau menunggu hari esok di mana Anda akan mendapatkan sedikit koin harian.

Secara grafis, sebenarnya 8 Ball Pool ini sangatlah ringan untuk dimainkan. Tidak ada penggunaan 3D sama sekali, animasi pun cukup minim, hanya bola menggelinding saja. Pemain bisa mengganti Avatar-nya sesuai selera, namun untuk bisa membeli Avatar baru dibutuhkan koin, karena tidak ada yang gratis. Setiap pertandingan berlangsung, pemain bisa mengirimkan pesan ke lawan menggunakan fitur chat yang juga tidak bisa sembarangan mengetik kalimat, karena chat standar sudah ditentukan oleh game-nya. Untuk bisa mendapatkan teks chat lebih banyak, lagi-lagi dibutuhkan koin untuk membelinya.

8 Ball Pool memang merupakan game free-to-play, namun sesuai dengan tema "biliar online", koneksi Internet 99% dibutuhkan. Nah, sebenarnya game ini bisa dimainkan secara offline, tapi pemain hanya akan bisa berlatih saja, tidak ada fitur lain yang menyala. Parahnya, main offline ini pun harus bayar 25 koin. Menyebalkan! Belum lagi ditambah game-nya sangat niat melakukan hard sell pada "paket murah" mereka, seperti pembelian koin, pembelian mata uang premium, dan sebagainya yang biasa dibundel "murah", selain tentunya mikrotransaksi itu sendiri yang disediakan untuk membeli koin dan mata uang premium.

Tapi dengan adanya barang-barang kustomisasi seperti untuk kustomisasi tongkat biliar dan meja biliar, macam-macam mini games, serta fitur untuk main 9 Ball, 8 Ball Pool ini ternyata cukup adiktif. Jika Anda penggemar biliar, game ini wajib dimainkan dan tidak boleh dilewatkan. Ayo tantang teman-teman penggemar biliarmu dan jadilah pemain biliar nomor satu di dunia!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top