LOADING
REVIEW

Lucu & Menantangnya Puzzle Grid Warna, Hungry Cat Picross

Andy Chan   22 Jan 2018
Lucu & Menantangnya Puzzle Grid Warna, Hungry Cat Picross

Merupakan singkatan dari Picture dan Crossword, Picross adalah sebuah puzzle unik dimana pemain bakal ditantang untuk menggunakan logika dalam memecahkan sebuah puzzle. Mirip dengan Sudoku, sebenarnya. Namun, apabila pemain ditantang untuk berhitung di Sudoku, maka pemain pada Picross ditantang untuk menyusun warna yang pada akhirnya menjadi sebuah gambar pixel yang unik. Ada banyak puzzle Picross yang bertebaran di iTunes dan Play Store, namun kami ingin mengarahkan perhatian Anda kepada sebuah versi Picross yang lucu berjudul Hungry Cat Picross buatan Tuesday Quest.

Hungry Cat Picross Games AndroidiOS Free Download Download

Mengapa versi Picross yang ini menarik? Well, ini dikarenakan karakter yang hadir di dalam game-nya, yaitu sang Hungry Cat itu sendiri. Dia tampil secara imut dengan ekspresi muka yang lucu dan senantiasa menemani pemain dalam memecahkan puzzle yang disediakan. Meski pun namanya adalah Hungry Cat alias Kucing Lapar, namun kucing ini tampil lebih mirip seperti seorang seniman, lengkap dengan kuas cat yang digigit olehnya serta topi baret yang khas seniman.

Apa pun jenisnya, game Picross adalah sebuah game puzzle yang dijamin bisa membuat kalian betah untuk terus-terusan berkutat di ponsel pintarmu karena game seperti ini memang sangat adiktif. Belum lagi, setiap puzzle di dalam Hungry Cat Picross ini memiliki tiga buah bintang untuk didapatkan, tergantung dari kecepatan pemain dalam menyelesaikan puzzle-nya. Sudah bisa dipastikan bagi yang sangat perfectionist, mereka akan mengulang sebuah puzzle demi mendapatkan tiga buah bintang.

Jadi, bagaimana cara untuk memainkan Picross? Sederhana saja, pemain diberikan medan permainan yang ukurannya bervariasi. Ada yang 5x5 grid, 10x10 grid, dan juga bisa lebih besar lagi. Tujuan pemain adalah untuk mengisi seluruh grid dengan warna yang sesuai dengan ketentuannya, dimana ketentuan tersebut bisa dilihat di pinggir grid. Jadi, kalau di pinggiran kiri grid 5x5 terdapat angka 5 yang berwarna kuning, maka sudah dipastikan bahwa satu baris ke kanan dari grid tersebut akan berwarna kuning semuanya. Kalau Anda melihat adanya angka 1 kuning, 3 merah, dan 1 hijau, berarti ada tiga macam warna di dalam baris tersebut. Namun, Anda juga harus memperhatikan angka yang terdapat di bagian atas dari grid tersebut, dan mencocokkannya ke bagian kiri untuk mendapatkan warna yang pas. Jika ada angka yang dilingkari, maka itu mengartikan bahwa warna tersebut merupakan satu kesatuan dan tidak terpisahkan oleh warna lain.

Tersedia beberapa jenis mode permainan, yang pertama adalah mode utama "Play." Dalam mode ini, pemain diberikan empat buah difficulty. Mulai dari Easy, Medium, Hard, dan Expert yang tentunya memiliki puzzle dengan ukuran grid yang berbeda-beda. Yang kedua adalah mode "Tuesday Grids," dimana pemain bakal diberikan sembilan buah puzzle mingguan secara online untuk diselesaikan. Kesembilan puzzle ini merupakan bagian dari satu puzzle super grid raksasa yang akan memperlihatkan sebuah gambar unik apabila semuanya sudah berhasil dipecahkan. Yang terakhir adalah Tuesday Season, dimana pemain bisa memainkan puzzle-puzzle mingguan dari tahun sebelumnya.

Untuk membantu pemain menyelesaikan puzzle, terdapat kuas ajaib milik si Hungry cat yang bisa langsung membuka solusi satu baris dan kolom dari puzzle yang sedang dimainkan. Tentu saja, kuas ajaib ini memiliki jumlah yang sangat terbatas, dan agak sulit untuk mendapatkannya. Tapi, hey! Mana ada tantangannya kalau kalian menyelesaikan puzzle dengan menggunakan alat bantu seperti ini, bukan?

Tampilan menu dalam Hungry Cat Picross tampaknya sengaja dibuat agar mirip dengan sebuah art gallery, lengkap dengan pigura-pigura kosong yang nantinya akan terisi oleh gambar begitu pemain berhasil untuk menyelesaikan puzzle grid-nya. Ini sangat cocok dengan tema kucingnya sendiri yang tampil ala seniman.

Hungry Cat Picross merupakan sebuah game free-to-play yang sebenarnya tidak membutuhkan Internet. Namun, apabila terkoneksi dengan Internet, akan ada fitur unik yang berupa puzzle mingguan. Ada iklan yang senantiasa tampil di bagian bawah layar (kecuali jika Anda mematikan Internet), dan terkadang akan ada iklan lewat. Namun, iklan tersebut bisa dilenyapkan dengan cara membayar Rp. 31,731,- saja. Sepertinya, tidak ada mikrotransaksi dalam Hungry Cat Picross, meski pun seharusnya ada untuk membeli Kuas Ajaib, sih.

Dengan tersedianya ratusan puzzle grid untuk diselesaikan, ditambah dengan puzzle mingguan yang hadir setiap hari Selasa, boleh dikatakan bahwa pemain dijamin tidak akan kehabisan puzzle untuk diselesaikan dalam Hungry Cat Picross. Nah, jika Anda penggemar game puzzle dan juga suka dengan Sudoku, cobalah game Hungry Cat Picross yang gratis nan unik ini.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
Dirgahayu Republik Indonesia
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top