TIPS

Live Photos: Penjelasan & Cara Menggunakannya

Dikdok   22 Dec 2017
Live Photos: Penjelasan & Cara Menggunakannya

Hadir bersamaan dengan diumumkannya iPhone 6 dan iPhone 6s Plus pada tahun 2015 lalu, Live Photos telah menjadi sebuah fitur milik Apple yang memiliki daya tarik tersendiri di mata para penggunanya.

Mampu untuk menghadirkan gambar yang bergerak, Live Photos sendiri bisa merekam momen selama 1,5 detik sebelum dan sesudah pengguna mengambil gambar. Hasil dari perekaman momen ini bukanlah hanya memberikan sebuah foto yang menakjubkan, namun juga memiliki gerakan dan suara di dalamnya.

Berbicara mengenai fitur Live Photos, Jurnal Apps kali ini akan memberikan penjelasan singkat mengenai cara untuk menggunakan Live Photos, dari bagaimana cara untuk melakukan perekaman, menambahkan efek hingga membagikannya ke pengguna lain. Penasaran menyoal bagaimana caranya? Marilah menyimak penjelasannya di bawah ini:

Mengambil Momen Live Photos

Untuk dapat menggunakannya, pengguna hanya perlu mengunjungi aplikasi Kamera milik iPhone, dan memastikan agar kamera berada pada mode Photos dan Fitur Live Photos yang terletak di bagian atas layar diaktifkan. Lantas, lanjutkan proses dengan melakukan pengambilan gambar seperti biasa.

Pada iPhone generasi 6s atau lebih, fitur Live Photos sendiri telah terpasang secara default pada perangkat iPhone. Jadi, jika kalian ingin mengambil gambar diam, maka kalian harus terlebih dahulu menonaktifkan fitur Live Photos ini. Kalian juga bisa melakukan penyimpanan pengaturan Kamera sehingga Live Photos selalu berada dalam pengaturan yang tetap, baik aktif atau pun tidak aktif, sesuai dengan keinginan kalian. Untuk melakukannya, cukup dengan mengunjungi Settings > Camera > Preserve Settings.

Melihat Live Photos

Setelah mengambil Live Photos, kalian dapat melihat hasilnya untuk bergerak dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Photos.
  2. Buka tab Photos.
  3. Ketuk Live Photo.
  4. Tekan dan tahan layar.

Ubah foto kunci

Pada sistem operasi iOS 11 ke atas, terdapat sebuah kemampuan baru yang memungkinkan pengguna untuk mengubah foto kunci agar dapat terlihat lebih menarik di galeri foto. Berikut adalah cara untuk melakukannya:

  1. Buka Live Photo.
  2. Pilih Edit.
  3. Gerakkan frame bagian bawah untuk mengubah bingkai.
  4. Jika frame telah sesuai, segera pilih opsi Make Key Photo.
  5. Selesai.

Tambahkan efek pada Live Photos

Masih pada sistem operasi iOS 11 ke atas, kalian bisa menjadikan sebuah Live Photo hingga menjadi lebih ekspresif, kreatif, dan menyenangkan. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Live Photo.
  2. Gesek layar ke atas sampai muncul tampilan untuk menambahkan efek.
  3. Pilih salah satu opsi efek (Loop, Bounce, atau Long Exposure).
    • Loop: Menghasilkan Live Photo yang dimiliki oleh pengguna menjadi sebuah video loop.
    • Bouncing: Menghasilkan Live Photos ke dalam sebuah perekaman bolak-balik. Live Photo yang kalian miliki akan diputar secara normal dan diikuti dengan pemutaran secara terbalik.
    • Long Exposure: Tangkap elemen waktu dan gerakan. Menghasilkan sebuah efek menakjubkan yang hanya bisa dilakukan dengan kamera DSLR.

Edit Live Photos

Kalian juga bisa melakukan proses edit Live Photos yang sama seperti ketika sedang mengedit foto biasa. Proses Crop, menambahkan filter, mengatur cahaya hingga mematikan suara pada Live Photos, semua dapat dilakukan ketika sedang mengedit Live Photo.

  1. Buka aplikasi Photos.
  2. Buka tab Photo.
  3. Ketuk Live Photo yang ingin di-edit.
  4. Pilih opsi Edit.

Membagikan Live Photos

Setelah melakukan berbagai proses edit, hasil dari Live Photos sendiri bisa dibagikan kepada pengguna lainnya.

  1. Ketuk opsi Bagikan.
  2. Pilih media yang akan kalian gunakan untuk membagikan Live Photo.

Selamat mencobanya di iPhone milik kalian, ya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top