REVIEW

5 Hari, Rumah Terkunci, 1 Nenek Seram! Bisakah Kalian Kabur dari Granny?

Andy Chan   10 Jan 2019
5 Hari, Rumah Terkunci, 1 Nenek Seram! Bisakah Kalian Kabur dari Granny?

Sang nenek gila telah menangkap dan mengunci kalian di rumahnya. Keluarlah dari situ! Kamu hanya punya lima hari saja. Semua yang kamu butuhkan ada di dalam rumah, namun ingat, jangan berisik. Sang nenek bisa mendengar semuanya dan dia itu gila. Semoga sukses. Itulah mimpi buruk kalian yang paling mengerikan, diwujudkan dalam bentuk sebuah game berjudul Granny, persembahan dari DVloper.

Seperti Apakah, Game Granny ini?

Granny adalah sebuah game survival horror, di mana pemain mengendalikan dirinya via layar sentuh dalam tampilan first-person. Tugas pemain adalah untuk keluar alias kabur dari rumah tersebut dalam waktu lima hari tanpa tertangkap oleh sang nenek. Apabila pemain tertangkap, maka sang nenek akan mengemplang kalian dan kalian pun pingsan selama sehari. Jadi pada intinya, lima hari tersebut adalah jumlah nyawa yang kalian miliki, dan apabila sampai hari kelima kalian masih tertangkap juga, bersiaplah untuk tewas dibunuh oleh sang nenek.

Sistem Pengendalian Analog

Pemain mengendalikan dirinya sendiri dalam first-person view menggunakan virtual analog. Di sebelah kiri, pemain bisa menggerakkan virtual analog untuk bergerak ke depan, belakang, kiri, atau kanan. Untuk melihat-lihat medan permainan, bisa dilakukan dengan menyentuh layar sebelah kanan dan menggerakkan jari sesuai arah yang diinginkan. Pemain juga bisa memanipulasi obyek di layar dengan cara menyentuh icon tangan yang muncul, biasanya untuk memungut barang, membuka sesuatu, atau bersembunyi.

Sistem Inventory

Sayangnya, Granny tidaklah memiliki sistem Inventory sama sekali (mungkin karakternya bugil). Pemain hanya bisa mengambil satu barang saja dalam satu waktu, dan cari tahu apa kegunaan barang tersebut di dalam rumah dengan cara membawa barang tersebut ke obyek yang cocok.

Fitur-fitur dari Granny

Apa sajakah yang bisa kalian harapkan ketika memainkan game horror Granny ini? Mari kita simak.

Granny yang Menyeramkan dalam 3D

Sesuai judulnya, karakter yang bernama Granny atau Nenek ini ternyata sangatlah menyeramkan. Wujudnya tampak seperti nenek zombie yang sama sekali tidak ramah. Dia pun sangat sensitif dengan suara, jadi pemain harus berhati-hati ketika sedang berkeliaran di dalam rumah. Hampir semua obyek yang ada di dalam rumah, baik itu lampu lantai, pigura lukisan dan lainnya, akan jatuh apabila ditabrak oleh pemain. Akibatnya, benda tersebut pun membuat suara, dan sang nenek akan secara langsung menghampiri lokasi tersebut. Apabila pemain tertangkap, maka bersiaplah untuk dikemplang kepalanya dan satu hari pun berlalu. Oleh karena itu, sebaiknya memainkan game ini dengan headphones agar bisa dengan jelas mengetahui kejadian-kejadian di dalamnya.

Free-to-Play dengan Iklan

Granny adalah sebuah game survival horror yang bisa dimainkan secara gratis. Namun pemain akan disodorkan iklan oleh game tersebut, kecuali memainkannya secara offline. Untungnya, game ini tidak memiliki masalah untuk dimainkan secara offline, karena selain tidak ada sistem stamina, game ini juga tidak memiliki mikrotransaksi selain untuk menghilangkan iklan.

Secara konsep, Granny tidaklah terlalu orisinil. Sudah banyak game sejenis ini yang memberikan pengalaman serupa, dengan grafis yang lebih menyeramkan, lagipula game-nya cukup sederhana. Namun meskipun bukan yang terbaik, sebagai salah satu game survival horror yang mengandalkan stealth, Granny cukup menarik untuk dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top