TIPS TRIK

Lima Alasan untuk Berhenti dari Game Mobile! Utamanya, yang Berbasiskan Gacha!

Andy Chan   20 Apr 2017
Lima Alasan untuk Berhenti dari Game Mobile! Utamanya, yang Berbasiskan Gacha!

Apakah Anda termasuk salah satu penggemar game free-to-play pada ponsel? Memang, game-game seperti ini, baik game mobile biasa mau pun yang menggunakan sistem gacha (sebuah teknik monetisasi yang jamak dipergunakan pada game-game free-to-play asal Jepang), merupakan sebuah hiburan yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Namun, ada kalanya juga, Anda haruslah bisa untuk berhati-hati dan membatasi diri. Karena, segala sesuatu itu bisa berakibat buruk jika sudah mulai dilakukan secara berlebihan.

Untuk mengetahui apakah sudah saatnya bagi untuk Anda sebaiknya berhenti memainkan game mobile (terutama yang berbasiskan Gacha) tersebut, simaklah lima point yang dapat dijadikan alasannya di bawah ini:

1. Storage Space pada Ponsel

Apabila Anda penggemar game-game mobile free-to-play yang mewajibkan penggunanya untuk senantiasa terkoneksi secara online (biasanya, fungsi seperti ini dimiliki oleh game-game berbasiskan Gacha atau pun MMO), cobalah Anda perhatikan seberapa besar game tersebut sebenarnya dalam hal memakan storage space pada ponsel Anda.

Begitulah, game-game seperti ini bakal memiliki update yang terus mengalir setiap beberapa waktu sekali. Sehingga tanpa disadari, game yang awal mulanya hanyalah berukuran 300MB bisa saja nantinya sudah berukuran 1,5GB. Bagi yang memiliki storage space dengan ukuran besar dalam ponsel Anda, hal ini tentunya tidaklah menjadi masalah. Namun, bagi yang storage space-nya senantiasa sekarat, Anda haruslah bisa mempertimbangkan, apakah ingin mempertahankan game online tersebut, ataukah Anda membutuhkan storage space untuk hal-hal lain yang lebih penting.

2. Menjadi Pekerjaan Tetap

Bermain game memang merupakan suatu hal yang mengasyikkan, karena bisa membawa Anda jadi melupakan berbagai masalah kehidupan sehari-hari dalam sejenak waktu. Namun, game-game mobile online biasanya memiliki elemen khas yang namanya "Daily Login" dan "Daily Quest."

Nah, kedua hal ini merupakan alasan mengapa seorang gamer mobile senantiasa menyalakan game-nya, sekali paling tidak dalam sehari. Memang, kalau hanya melakukan Daily Login saja, Anda maksimal hanya membutuhkan waktu selama beberapa menit saja. Namun, biasanya bakal sangat variatif untuk Daily Quest. Ada yang membutuhkan beberapa menit, ada juga yang membutuhkan antara 30 menit sampai dengan satu jam. Hal ini biasanya masih bisa ditolerir, meski pun telah memaksa Anda untuk, secara tidak langsung, bermain selama satu jam. Boleh dibilang, Anda sekarang memiliki 'pekerjaan tetap' untuk memainkan game tersebut sebanyak sekali dalam sehari, paling tidak selama satu jam. Dan, ini pun bakal membawa kita ke point ketiga...

3. Terpaksa Kerja Rodi karena Ada Event

Game online mobile, terutama yang memiliki sistem Gacha, biasanya memiliki Event secara periodik. Ada yang event-nya berlangsung di saat-saat tertentu saja, ada juga yang memiliki event mingguan. Nah, game-game yang menjalankan event secara mingguan ini selalu memperkenalkan sesuatu yang baru, yang biasanya sangat diincar oleh pemainnya. Baik itu berupa unit baru, unit berpakaian seksi, atau pun sebuah unit yang luar biasa kuat, sehingga pastinya bakal diincar oleh semua orang.

Untuk mendapatkan unit-unit tersebut, pemain pun dipaksa untuk melakukan grinding dalam event, apalagi jika mereka menggunakan sistem Drop Completion dimana Anda harus mengumpulkan bermacam item box yang dijatuhkan secara random. Probabilitas jatuhnya item drop tersebut pun seringkali diperkecil oleh pengembangnya, menjadikan event tersebut benar-benar harus di-grinding selama seharian penuh hingga event berakhir. Apalagi, kalau ada yang namanya ranking bonus. Jika ingin bertahan di peringkat atas, Anda sudah pasti 'dilarang' untuk tidur dan wajib memainkan game tersebut secara non-stop. Ini sudah tidak sehat, dan jika Anda sampai benar-benar terobsesi untuk melakukannya, cobalah dipikirkan lagi. Apakah hal tersebut benar-benar 'worth it' atau tidak?

4. Terpancing untuk Menghabiskan Uang Asli

Terkait event-event yang terjadi pada point ketiga tadi, yang seringkali terjadi ketika event sudah hampir habis, Anda mungkin masih belum mendapatkan unit yang diinginkan. Jadi, Anda pun akan tergiur untuk membeli premium currency dan menghabiskannya pada Gacha agar bisa mendapatkan unit tersebut. Ingatlah, jangan sampai tertipu dengan tulisan "Rate Up," karena kesempatan untuk mendapatkan unit SSR mau pun UR itu meski pun dilipatgandakan 6 kali tetaplah masih berada di bawah probabilitas sekitar 3%. FYI, jika unit R memiliki probabilitas Rare dan unit SR memiliki probabilitas Super Rare, maka unit SSR mau pun UR (Ultra Rare) memiliki probabilitas yang lebih kecil lagi.

Hal ini juga berlaku untuk game-game online lainnya, seperti game kartu, Candy Crush Saga, dan sebagainya, tidaklah benar-benar eksklusif hanya untuk game yang berbasis Gacha saja. Tentunya, apabila Anda memiliki penghasilan yang berlebih, maka tidak ada salahnya untuk membeli premium currency dalam jumlah terbatas (ingat, terbatas!), karena developer game-nya memang mendapatkan uang dari hal tersebut. Yang tidak sehat adalah apabila Anda menghabiskan uang sampai jutaan rupiah demi mendapatkan sesuatu yang virtual. Waspadalah, karena jika game-nya sampai tutup server, maka hanguslah semua uang yang sudah Anda habiskan itu.

5. Memainkan Dua Game Online atau Lebih

Dan, alasan yang paling kuat untuk menghapus game mobile online adalah apabila Anda sudah menjalankan dua game sejenis Gacha atau bahkan lebih. Melihat dari keempat point di atas tadi, storage space pada ponsel Anda pun tentunya sudah banyak terpakai untuk menjalankan game-game tersebut. Ditambah dengan 'kewajiban-kewajiban' online untuk masing-masing game, demi menyelesaikan Daily Quest setiap harinya.

Yang paling parah adalah apabila semua game mobile online berbasis Gacha yang Anda mainkan itu, semuanya mengadakan event secara bersamaan, dan semuanya sangat diminati. Menjalankan semua event secara bersamaan tentunya sangatlah menghabiskan waktu, sehingga cara yang paling efektif untuk mendapatkan unit yang diinginkan itu sudah pasti dengan menghabiskan uang asli!

Mungkin storage space dan uang bukanlah merupakan masalah bagi Anda, namun waktu adalah 'premium currency' yang paling penting di dunia. Dan, menjalankan dua game mobile online atau lebih seperti itu mungkin akan mengorbankan banyak waktu luang Anda yang berharga itu. Bahkan, ada orang yang rela membayar orang lain untuk memainkan game-nya agar tidak tertinggal ranking, lho. Memang, bermain game mobile itu adalah sesuatu yang mengasyikkan. Namun, jika sampai menjadi semacam obsesi tersendiri, hal itu sudahlah tidak sehat.

Nah, kelima point di atas boleh menjadi pertimbangan untuk Anda sebagai alasan kuat. Apakah ingin bertahan demi memainkan game mobile online tersebut, ataukah mulai menghentikannya secara pelan-pelan?

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top