REVIEW

Life Simulator 3: Real Life, Simulasi Kehidupan Paling Mendetil di Ponsel Pintarmu

Andy Chan   19 Feb 2020
Life Simulator 3: Real Life, Simulasi Kehidupan Paling Mendetil di Ponsel Pintarmu

Game simulasi kehidupan sebenarnya sudah cukup banyak, ada seri The Sims yang ternama, ada Life is a Game yang dimainkan lebih mirip game runner, juga ada Life Quest, game simulasi hidup bersaing melawan teman yang unik. Kini Playdrop mempersembahkan satu lagi game simulasi kehidupan yang boleh dibilang paling mendetail untuk ponsel pintar. Tertarik?

Sekuel Life Simulator 2

Sebelumnya, Playdrop memang sudah pernah membuat game simulasi kehidupan yang berjudul Life Simulator dan Life Simulator 2. Kini hadir Life Simulator 3: Real Life, sekuel dari kedua game tersebut yang tentunya memiliki fitur lebih menarik lagi.

Memainkan Kehidupan Seseorang

Life Simulator 3: Real Life adalah sebuah game berbasiskan teks, namun antarmuka permainannya ditampilkan dengan berbagai macam icon. Pemain akan menjalankan kehidupan karakternya secara real-time, tentunya dengan waktu yang dipercepat dari waktu sesungguhnya. Asyiknya, ketika pemain tidak sedang memainkan game-nya, Life Simulator 3: Real Life tetap akan menjalankan kehidupan karakternya di balik layar, sehingga boleh dibilang permainan ini membutuhkan jangka panjang per sesi hidup.

Pilihan Kehidupan

Icon-icon yang berada di bagian atas dan bawah medan permainan merupakan sebuah menu yang bisa digunakan untuk berinteraksi dengan dunia di dalam Life Simulator 3: Real Life. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan dalam game ini:

Karir

Pemain akan bisa melamar dan bekerja dalam lebih dari 100 bidang pekerjaan, mula idari mencuci piring hingga ahli paleontologi, atau mau menjadi seorang hakim? Produser film? Semua itu ditawarkan oleh game ini, dan tentunya hanya bisa diambil apabila pemain sudah memiliki pengalaman di bidangnya.

Edukasi

Untuk memiliki keahlian dalam bekerja, seseorang harus sekolah terlebih dahulu di bidang yang diinginkannya. Ada sekitar 100 bidang edukasi yang bisa diambil, seperti Marine Biology, Wildlife Conservation, hingga mendapatkan lisensi pilot. Pilihan ada di tangan pemain.

Sosialiasi dan Berkeluarga

Manusia adalah makhluk sosial, dan karakter di dalam game ini pun bisa bersosialisasi dengan karakter lain. Pemain akan bisa berteman, pacaran, hingga menikah dan hidup bersama membentuk sebuah keluarga.

Membeli Properti

Pada mulanya, pemain akan tinggal di rumah orang tua, namun begitu penghasilan yang didapatkan sudah cukup, maka pemain bisa membeli tempat tinggal sendiri, mulai dari apartemen satu kamar, hingga rumah mewah.

Random Events

Selain menu-menu di atas, pemain juga akan bisa mengalami kejadian-kejadian tidak terduga. Keputusan yang diambil dalam kejadian ini akan mempengaruhi stats miliknya, seperti stats sosial, keegoisan, dan lain sebagainya. Keberadaan random event inilah yang membuat permainan menjadi segar.

Grafis berbasiskan Menu

Life Simulator 3: Real Life memang bukan game yang memiliki grafis menakjubkan. Pemain wajib membaca teks yang disajikan di dalamnya sebagai bentuk cerita yang terjadi, dan permainannya sendiri berbasiskan menu. Sedikit kustomisasi yang bisa dilakukan oleh pemain adalah jenis kelamin serta avatar dari karakter yang dimainkannya saja. Jika kalian mengharapkan ada animasi atau artwork yang menawan, mungkin terpaksa harus kecewa.

Tidak Perlu Online

Meskipun game gratis yang satu ini tetap berjalan ketika sedang tidak dimainkan, tapi sebenarnya Life Simulator 3: Real Life sama sekali tidak membutuhkan koneksi Internet. Pemain akan bisa menikmati game ini kapanpun dia mau. Tentu saja, ada banyak mikrotransaksi yang disediakan di dalamnya, seperti pembelian maksimum idle time, pembelian pemasukan per bulan, pembelian langsung uang dan masih banyak lagi.

Asyiknya, Life Simulator 3: Real Life ini dimainkan secara real-time, mirip dengan game idle, sehingga pemain tidak perlu memperhatikan game-nya setiap saat. Inilah game simulasi kehidupan yang paling realistik untuk kalian mainkan di ponsel pintar.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top