REVIEW

Life Quest Hadirkan Simulasi Kehidupan di Ponsel Pintarmu

Andy Chan   10 Feb 2019
Life Quest Hadirkan Simulasi Kehidupan di Ponsel Pintarmu

Sebagai seseorang yang baru lulus sekolah, kehidupanmu baru dimulai. Apakah kalian bisa menghadapi tantangan hidup, mulai dari mencari pekerjaan, mengurus kebutuhan harian, menjaga diri agar tetap senang, membeli rumah impian, menjalin hubungan dengan cinta sejati, sampai berkeluarga? Cari tahu dalam sebuah game simulasi kehidupan buatan Big Fish Games yang berjudul Life Quest.

Perkenalan Life Quest

Life Quest aslinya adalah sebuah game untuk PC di mana pemain ditantang untuk memenuhi tujuan hidup mereka dan bersaing dengan teman-teman sekolah yang juga berusaha mencapai tujuan yang sama. Dalam game ini pemain ditantang untuk mengatur waktu dan sumber daya yang mereka miliki agar bisa mengalahkan mereka. Kini, game tersebut telah di-port untuk mobile sehingga para pemilik ponsel pintar pun bisa menikmatinya secara utuh.

Cara Bermain yang Unik

Dalam Life Quest, pemain bertugas untuk mengatur mengenai jadwal apa saja yang akan dilakukan oleh karakternya dalam satu hari. Pemain cukup menyentuh ke lokasi yang diinginkan agar karakternya pergi ke lokasi tersebut dan bisa berinteraksi dengan apa yang ada di dalamnya, misalnya ke restoran untuk makan, ke toko untuk berbelanja, dan sebagainya. Begitu masuk ke sebuah lokasi, pemain bisa melakukan berbagai hal, seperti membeli macam-macam perabotan, bekerja, menonton film, dan sebagainya.

Menciptakan Karakter Sendiri

Di awal permainan, pemain bisa menentukan sendiri jenis kelamin berikut dengan macam-macam pilihan kepala, bentuk badan, dan bentuk kaki dari karakternya. Setelah diberikan nama, mereka pun langsung terjun ke kehidupan setelah lulus sekolah dan bisa bertualang dengan bebas.

Kebutuhan Sehari-hari

Seperti hidup pada umumnya, karakter pemain dalam game Life Quest pun membutuhkan makanan, minuman, hiburan, serta istirahat. Pemain bisa mengunjungi sebuah restoran untuk makan, mengunjungi sebuah bioskop untuk menonton sesuatu yang menghibur, dan bisa kembali ke apartemen untuk bersantai atau tidur. Tentu saja, untuk bisa hidup, pemain butuh uang, oleh karena itu penting untuk mengatur waktu antara bekerja dan bersantai.

Edukasi dan Pekerjaan

Untuk bisa hidup, dibutuhkan uang. Oleh karena itu, siapapun harus bisa bekerja dan menghasilkan uang. Tidak terkecuali karaktermu dalam Life Quest. Setiap bekerja, pemain akan mendapatkan sejumlah uang sesuai gaji, namun akan menghabiskan waktu. Agar bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, dibutuhkanlah pendidikan yang tinggi. Maka sebab itu lah, pemain harus bisa mengumpulkan uang demi bisa kuliah, dan kemudian mendapatkan pekerjaan yang memiliki gaji lebih tinggi.

Waktu sebagai Komoditas Terpenting

Baik di kehidupan nyata maupun dalam game Life Quest, waktu adalah sebuah komoditas yang paling penting dan tidak boleh disia-siakan. Apapun yang kalian lakukan dalam Life Quest, semuanya akan menghabiskan waktu. Penting untuk memperhatikan sisa waktu sebelum kalian tidur, karena apabila kalian tidur sebelum makan (atau lupa makan), maka keesokan harinya, kalian akan bangun lebih siang dan waktu yang dimiliki pun lebih sedikit.

Tantangan dari Teman Sekolah

Tujuan dari permainan Life Quest adalah untuk mengalahkan temanmu, dan mereka masing-masing memiliki tujuan yang spesifik, baik itu memiliki seekor piaraan, memiliki mobil, atau memiliki sejumlah uang. Pemain akan senantiasa berusaha mencapai target tersebut sebelum sang teman yang boleh juga disebut saingan, berhasil mencapainya terlebih dahulu.

Kebebasan yang Terenggut dari Pemain

Namun boleh dibilang, fitur tantangan dari teman sekaligus saingan ini adalah pedang bermata dua, karena meskipun game-nya menjadi memiliki sebuah target yang jelas, namun kebebasan dari pemain benar-benar ditekan. Apalagi begitu pemain berhasil mengalahkan seorang saingan, akan ada saingan lain lagi yang menggantikannya sebagai lawan, sehingga pemain tidak memiliki waktu bersantai sama sekali.

Kita bandingkan saja dengan game sejenis ini yang berjudul Jones in the Fast Lane buatan Sierra Entertainment di tahun 1990 silam. Dalam game tersebut, tujuan permainan adalah mengumpulkan empat buah hal, mulai dari uang, kesenangan, status, dan edukasi, namun pemain diberikan kebebasan untuk mencapainya karena target tersebut adalah target jangka panjang. Sedangkan dalam Life Quest, pemain malah senantiasa diarahkan untuk melakukan sesuatu dalam jangka pendek, sehingga kebebasannya benar-benar terenggut.

Tampil secara Sederhana

Life Quest bukanlah game yang kaya akan grafis cantik. Antarmuka permainannya kurang bersahabat, pemain akan kesulitan mengenali gedung-gedung yang ada di peta karena memang tidak ada informasi yang jelas, sementara artworknya sendiri cukup sederhana dan tidak beranimasi. Memang agak sedikit mengurangi kenikmatan bermain, namun setelah menghafalkan gedung apa di mana, game-nya sendiri tetap bisa dimainkan tanpa masalah.

Gratis, Hanya untuk Versi Trial-nya

Life Quest sebenarnya adalah sebuah game berbayar. Game ini dijual seharga Rp. 29.000,-, namun pemain berkesempatan untuk mencoba versi gratisnya, di mana mereka bisa bermain melawan beberapa saingan sebelum akhirnya disuruh membeli versi penuhnya. Yang pasti, Life Quest bisa dimainkan secara offline dan tidak memiliki sistem stamina sama sekali.

Secara garis besar, premis dari game ini cukup menarik. Namun seperti yang sudah disebutkan, implementasi sistem saingan dalam Life Quest membuat game ini menjadi berasa diburu-buru demi mencapai sebuah tujuan yang spesifik, sehingga tidak ada kebebasan dalam memainkannya. Selain itu, sistem saingan ini juga membuat setiap permainan menjadi sama, tidak ada nilai untuk memainkan ulang game-nya meskipun kalian bisa mengganti karakter. Dengan demikian, rasanya game ini kurang bisa direkomendasikan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top