LOADING
REVIEW

Legacy of Discord: Furious Wings, MMORPG dengan Iklan Terbanyak di Media Sosial

Anduril   29 Jun 2017
Legacy of Discord: Furious Wings, MMORPG dengan Iklan Terbanyak di Media Sosial

Pertempuran melawan gerombolan iblis dan Demon Lord di dalam smartphone bukanlah sebuah hal yang asing lagi. Dengan visual layaknya game-game RPG yang khas buatan Negeri Tirai Bambu, Legacy of Discord: Furious Wings adalah jenis MMORPG yang akan menghantui kalian selama-lamanya, terutama ketika kalian membuka halaman media sosial. Bukan karena game-nya yang luar biasa atau bagaimana begitu, melainkan karena iklannya ada di mana-mana.

Permainan dimulai dengan pilihan kelas karakter yang bagus. Mulai dari pemain Berserker dengan pedang besar hingga Bladedancer yang tangkas, dan akhirnya ke Sorceress yang memegang sihir. Bergantung pada pilihan gaya bermain kalian, maka kalian bisa memilih kelas yang kalian anggap paling mewakili gaya bermain kalian.

Begitu kalian berada di dalam permainan, kalian akan diberi tutorial yang mengajarkan dasar-dasar permainan serta pengantar yang bagus untuk permainan. Tutorial ini cukup lengkap, tetapi sayang, sang pengisi suaranya terdengar seperti seorang wanita penjaga kasir swalayan yang nyaris mati tercekik. Jadinya, semua kalimat yang diucapkan oleh sang narator lebih terdengar seperti sesuatu yang mengganggu. Padahal, isi panduannya lumayan penting.

Cerita di Legacy of Discord dimulai dengan kisah sang Demon Lord Auglu dan antek-anteknya yang telah berhasil menaklukkan hampir setiap inci dari dunia ini, kecuali benteng terakhir bagi umat manusia, Beacon City. Begitulah, Beacon City telah menjadi satu-satunya kota yang sanggup bertahan dari serangan Auglu karena di dalamnya ada Crystal of Light. Auglu menginginkan cahaya kristal tersebut padam agar dunia bisa tenggelam dalam kegelapan yang mutlak dan para demon pun bisa tinggal dengan tenang.

Namun, para pelindung sang kristal dan para kesatria tidak akan membiarkan Auglu mendapatkan keinginannya. Oleh karena itu, kalian pun sekarang memulai sebuah perjalanan untuk mengasah kemampuan demon slayer kalian dengan cara menyelesaikan setiap babak yang disediakan. Melalui berbagai skenario PVE, seperti Tower of Eternity, World Boss, Co-op Dungeon, dan banyak lagi. Bila kalian menyukai duel, game mobile ini memberikan akses ke Guild Wars di mana kalian bisa melakukan pertempuran dengan pemain lainnya hingga titik darah penghabisan.

Kontrol di Legacy of Discord lumayan responsif. Tetapi, karena game mobile ini memiliki efek-efek yang super 'lebay,' jadinya kami sangat kesulitan dalam hal menentukan jarak AoE sebuah skill. Berbicara tentang skill, masing-masing Guardian dalam game mobile ini akan memiliki hingga empat skill yang berbeda. Salah satunya adalah skill Ultimate yang sangat kuat, yang hanya bisa digunakan sekali setelah terisi penuh.

Legacy of Discord memiliki fitur bergerak otomatis layaknya MMORPG lainnya. Tetapi, jika kalian berduel dengan orang lain, maka ada baiknya bagi kalian untuk mematikan sistem ini terlebih dahulu dan bertempur secara manual agar bisa melancarkan serangan-serangan penting yang bisa memberikan kombinasi dan damage terbesar.

Layaknya game-game asal Negeri Tirai Bambu lainnya, Battle Rating (BR) menjadi komponen utama permainan. Percuma jika kalian memiliki jari dan reaksi secepat kilat, kalau BR kalian nyatanya masih berada di bawah BR musuh. Bisa-bisa, kalian yang malah terbantai habis. Pada intinya, sistem penentuan menyoal seberapa kuat karakter kalian dalam game mobile ini sangatlah tua dan menyebalkan. Sebab, semuanya terikat dengan IAP (in-app purchases) dan status BR tadi.

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan BR adalah dengan cara memperbaiki equipment milik karakter kalian. Kalian bisa memperbaiki equipment, meningkatkannya, menggabungkannya, atau bahkan menambahnya hingga BR kalian bisa meningkat.

Kalian juga bisa meng-upgrade hewan peliharaan dan sayap yang akan kalian dapatkan nantinya dalam permainan. Kedua perlengkapan ini akan meningkatkan nilai BR kalian secara drastis, memberikan keunggulan yang kalian butuhkan untuk menghancurkan lawan kalian di arena atau bahkan para demon yang lebih kuat.

Bermain sendirian bukanlah pilihan yang paling baik di Legacy of Discord. Untunglah, kalian bisa bertemu dengan teman-teman baru di guild atau pun co-op dungeon yang kalian mainkan. Konsep bermain bersama teman ini bukanlah sesuatu yang baru di dunia mobile RPG, tetapi setidaknya sangat membantu terkait urusan mengusir kebosanan yang melanda.

Secara garis besar, Legacy of Discord adalah sebuah MMORPG yang sangat khas Negeri Tirai Bambu. Kami bukannya anti dengan game-game seperti ini, tetapi dengan banyaknya pilihan yang ada di Play Store atau Apps Store, ada baiknya bagi kalian untuk memilih game lainnya yang jauh lebih solid dan bisa dimainkan dengan riang tanpa harus terikat pada BR dan berbagai efek norak yang membutakan mata. Pada dasarnya, Legacy of Discord: Furious Wings adalah sebuah game mobile yang baik, tetapi tidak sebaik bagian PR (Public Relations) mereka yang membanjiri media sosial dengan berbagai iklan tidak jelas.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top