NEWS

Lebih dari 200 Game Tercipta dalam Ajang “Ayo Bikin Game di Rumah Aja”

en19ma   09 Apr 2020
Lebih dari 200 Game Tercipta dalam Ajang “Ayo Bikin Game di Rumah Aja”

Sampai saat ini, kita masih belum mengetahui kapan pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) akan berakhir. Pun dengan kebijakan-kebijakan pemerintah, seperti Work From Home dan Study From Home, yang masih terus berlangsung hingga saat ini. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan antusiasme dari publik untuk terus berkarya dan beraktivitas. Salah satunya dalam ajang cipta game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” yang digelar selama empat hari, mulai tanggal 2 hingga 5 April 2020 lalu.

Ajang cipta game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” adalah sebuah inisiatif dari pemerintah, yang dalam hal ini adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), bekerjasama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan Clevio, serta didukung oleh Garena, Maingame.com, dan Telkomsel. Mengusung tema “Mari Bersama Melawan Covid-19: Hidup Bersih, Sehat, dan Seru,” ajang ini bertujuan untuk membantu sosialisasi menyoal bagaimana melawan, mencegah, dan meminimalisir pandemi ini melalui sebuah media interaktif yang bisa diakses siapa saja, yaitu video game. Diharapkan, video game yang merupakan hasil dari ajang cipta game ini bisa menjadi komplemen dari media konvensional untuk mensosialisasikan cara-cara pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19 ini.

Ajang ini sendiri dibagi menjadi beberapa kategori, yakni Junior (untuk siswa SD, SMP, dan SMA/SMK) dan Mahasiswa/Umum. Masing-masing peserta diharuskan untuk membentuk tim dan bekerjasama selama empat hari untuk menghasilkan sebuah purwarupa game yang bisa dimainkan. Dan, untuk mendukung gerakan #DiRumahAja yang digaungkan oleh pemerintah, semua aktivitas dan komunikasi tersebut dilakukan secara online, tanpa harus keluar dari rumah.

Lebih dari 200 Game Tercipta, Voting Game Terfavorit Mulai Dibuka

Selama empat hari pelaksanaan, totalnya tercatat ada sebanyak 238 karya yang tercipta dari kedua kategori tersebut. Rinciannya, ada 131 karya dari kategori umum dan 107 karya dari kategori junior. Semuanya itu merepresentasikan tema yang diusung, serta membawa pesan edukasi mengenai penanggulangan Covid-19 yang informatif. Dan, karena berbentuk media interaktif berupa video game, tentunya tema serta pesan tersebut disajikan dengan cara-cara yang menyenangkan.

Ajang ini benar-benar menarik antusiasme dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tercatat, peserta termuda dari ajang ini adalah seorang anak kelas 2 SD berusia 7 tahun. Lalu, pesertanya juga tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari ujung barat Langsa di Banda Aceh hingga Malili di Luwu Timur. Bahkan, juga ada seorang mahasiswa Indonesia yang merupakan peserta kategori umum, yang tengah menempuh pendidikan di kota Kitakyushu (Jepang), yang ikut serta dalam membuat game di acara ini.

Selanjutnya, voting untuk menentukan karya terfavorit sudah dibuka untuk publik. Untuk memberikan voting, kalian bisa langsung melakukannya melalui Instagram dengan memberikan like di unggahan yang menggunakan hashtag #ayobikingame dan #dirumahaja. Akun Instagram AGI dan Clevio juga akan rutin melakukan repost terhadap game-game peserta di Instagram Story selama masa voting sedang berlangsung.

Voting dibuka mulai tanggal 6 April 2020 dan akan ditutup pada tanggal 10 April 2020, pukul 12.00 WIB. Game dengan jumlah like terbanyak akan dinobatkan sebagai game terfavorit, dan akan diumumkan pada tanggal 13 April 2020 bersamaan dengan pengumuman game-game terbaik pilihan juri.

Informasi lebih lanjut mengenai Ajang Cipta Game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” bisa langsung didapatkan dengan mengunjungi halaman resminya di https://agi.or.id/ayobikingame.

Tentang Kementerian Komunikasi dan Informatika

Kementerian Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Kementerian Kominfo dipimpin oleh seorang Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang sejak tanggal 23 Oktober 2019 lalu dijabat oleh Johnny Gerard Plate.

Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika dipimpin oleh seorang Direktur Jenderal dengan tugas untuk menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang penatakelolaan aplikasi informatika.

Website: http://www.kominfo.go.id
Instagram: @ditjenaptika@kemenkominfo
Twitter: @ditjenaptika@kemenkominfo
Facebook: Kemkominfo

Tentang Asosiasi Game Indonesia

Asosiasi Game Indonesia (AGI) merupakan wadah komunikasi dan pengembangan industri game di Indonesia. AGI sendiri didirikan pada bulan Februari 2013 oleh 10 pendiri.

Perkembangan industri game di Indonesia yang cukup pesat akan memberikan dampak positif dan juga tantangan di masa yang akan datang. Dengan adanya AGI, maka seluruh pengusaha industri game akan berkumpul untuk menata dan mengatasi masalah yang akan dihadapi secara bersama-sama serta meningkatkan pengembangan industri game di masa depan.

Website: https://agi.or.id
Facebook: AsosiasiGameIndonesia
Instagram: @asosiasigame_id
Twitter: @asosiasigame_id

Tentang Clevio

Clevio Coder Camp adalah program pendidikan yang berbasis teknologi, dimana anak-anak diberdayakan untuk menggunakan teknologi sebagai alat untuk mengembangkan karakter, Keterampilan Abad 21 dan kepercayaan diri sebagai technopreneur muda. Program ini mendapat pengakuan internasional pada tahun 2014 lalu sebagai pelopor dalam hal "Re-Imagine Learning Challenge" dari Ashoka Changemakers dan Lego Foundation, karena pendekatan inovatifnya untuk menghadapi tantangan belajar untuk masa depan.

Sejak tahun 2013 lalu, Clevio Coder Camp telah membantu memberdayakan ribuan anak usia 6-18 tahun untuk membuat game edukasi, aplikasi mobile, dan situs web melalui ratusan kegiatan ekstra kurikuler, kelas di luar sekolah serta program-program liburan. Clevio juga mengadakan berbagai kegiatan untuk mengedukasi masyarakat tentang pendidikan teknologi digital dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan berbagai hal, seperti kesehatan, sosial budaya, pendidikan inklusi, dan lain-lain. Kontribusi Clevio dalam dunia pendidikan juga mencakup pemberdayaan guru melalui program-program pelatihan guru di bidang teknologi digital.

Website: http://clev.io
Facebook: ClevioCamp
Instagram: @cleviocamp

Tentang MainGame.com

MainGame.com adalah platform game berbasis HTML5. Gamers dapat menikmati game-game dan memenangkan hadiah tanpa harus mengunduh aplikasi di AppStore mau pun di PlayStore. MainGame.com bervisi dan misi untuk mengangkat game game lokal dan membahagiakan Indonesia melalui konten-konten yang mengutamakan kearifan lokal. PT Bahagia Bersama Indonesia (Maingame.com) berharap dapat menjadi platform-nya game nasional dan turut senantiasa memajukan industri kreatif Indonesia melalui sektor game.

Website: http://maingame.com
Instagram: @maingamedotcom
Facebook: @maingamedotcom
Twitter: @maingamedotcom

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top