LOADING
TIPS

Layar Handphone Bisa Picu Penyakit?

Dwi K   20 Nov 2017
Layar Handphone Bisa Picu Penyakit?

Mungkin banyak dari kita yang mempunyai kebiasaan untuk memeriksa notifikasi pada handphone atau pun sekedar browsing ringan sebelum tidur. Bahkan, ada yang terasa mengganjal jika belum sampai melakukannya.

Ternyata, cahaya yang dipancarkan dari layar gadget dapat berdampak buruk bagi kesehatan kita.

Pernahkah kita malah menjadi sulit tidur sehabis menggunakan gadget? Ternyata, sinar yang dipancarkan dari layar gadget kita dapat menekan hormon melatonin pada tubuh kita, yang berguna untuk merangsang rasa kantuk, sehingga kita malah jadi semakin “sadar.”

Hal ini tentunya berhubungan erat dengan masalah insomnia atau kesulitan untuk tidur yang sering dialami oleh generasi sekarang. Kesulitan tidur akan mengurangi kualitas tidur, yang pada akhirnya akan mengakibatkan masalah-masalah kesehatan lainnya, seperti melemahnya imunitas tubuh, depresi, diabetes, gangguan konsentrasi, hingga penyakit jantung.

Salah seorang internis di NYU Langone Medical Center yang bernama Nicole Van Groningen menyebutkan bahwa penurunan melatonin akibat cahaya buatan manusia tersebut dapat menyebabkan efek-efek yang lebih buruk daripada hanya sekedar insomnia.

Selain insomnia, penurunan melatonin juga bisa menyebabkat kesuburan jadi terganggu dan mempersulit terjadinya kehamilan. Yang lebih berbahaya lagi dari kekurangan hormon ini, maka akan bisa meningkatkan risiko bertumbuhnya tumor karena melatonin ternyata merupakan hormon yang mencegah terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh kita.

Proceeding of National Academy of Sciences juga menerbitkan sebuah jurnal pada tahun 2005 lalu, yang memuat sebuah studi yang menemukan bahwa jika kita sampai terlalu banyak terpapar dengan cahaya buatan manusia maka tubuh kita akan meningkatkan lemak hingga 21 persen. Hal ini sudah diuji kepada tikus, dan efek ini juga terjadi kepada manusia.

Kok karena diakibatkan cahaya yang dipancarkan dari handphone, tubuh kita bisa menjadi lebih gemuk?

Penyebabnya adalah cahaya buatan manusia dapat mengurangi kalori yang dibakar oleh tubuh kita sehingga lemak pun akan jadi meningkat persentasenya.

Resiko lainnya adalah kerusakan mata yang diakibatkan oleh cahaya biru yang dipancarkan dari televisi, laptop, dan juga gadget. Cahaya biru ini juga dapat menyebabkan katarak yang jika dibiarkan akan mengakibatkan terjadinya kebutaan.

Sejatinya, tidak ada penelitian yang mengatakan dengan pasti bahwa cahaya yang dipancarkan dari handphone dan gadget kita akan mengakibatkan penyakit-penyakit di atas tadi. Namun, ada keterkaitan yang cukup jelas terhadap adanya kemungkinan itu.

Nah, dari sekarang mulailah untuk mengurangi penggunaan gadget sebelum tidur. Biarkanlah badan untuk beristirahat dan lakukan charging pada gadget agar bisa digunakan di saat pagi nanti.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top