LOADING
REVIEW

Lari, Lompat, Terobos! Inilah Endless Runner Seru, Smashing Rush!

Andy Chan   07 Jun 2018
Lari, Lompat, Terobos! Inilah Endless Runner Seru, Smashing Rush!

Endless Runner bukanlah genre yang asing di mata gamer mobile, sebut saja Temple Run dan Lara Croft: Relic Run. Namun kedua judul tersebut adalah sebuah game runner 3D yang lari-nya ke arah atas. Nah, Smashing Rush adalah sebuah endless runner juga, persembahan dari developre Cold Soda, yang menggunakan metode lari 2D ke arah samping, mirip dengan game seperti Vektor, Canabalat atau Lab Escape.

Tujuan dari permainan Smashing Rush ini adalah untuk berlari atau meluncur ke arah kanan sambil menghindari berbagai macam rintangan yang dilemparkan oleh game-nya kepada pemain. Metode pengendaliannya hanyalah dengan sentuhan layar sentuh saja, di mana pemain bisa menyentuh layar sebelah kiri untuk melompat, serta menyentuh layar kanan untuk melakukan dash. Karakter pemain akan senantiasa berlari ke arah kanan tanpa henti, sampai akhirnya dia terkena rintangan yang menyebabkan permainan berakhir.

Kemampuan Dash ini unik, karena dengan melakukannya, pemain bisa menerobos sebuah dinding. Selain melakukan Dash dan melompat, pemain juga bisa melompat memanjat dinding ala ninja dengan melompat bolak-balik di antara dua buah dinding berjarak dekat, bergelantungan dalam sebuah zip line, bersalto menggunakan horisontal bar, dan sebagainya.

Pada awal permainan, pemain akan dibagikan sejumlah uang, di mana uang ini bisa digunakan untuk memutar mesin gacha. Di dalam mesin gacha ini lah pemain bisa mendapatkan karakter secara acak, jadi bisa saja karakter pertama yang didapatkan olehmu itu berbeda dengan karakter pertama yang didapatkan oleh temanmu.

Tersedia dua buah mode permainan, yang pertama adalah mode Item Rush, yang kedua adalah mode Challenge. Dalam mode Item Rush, seberapa jauh pemain berlari itu tidak dihitung, karena selain medan permainannya digenerasi secara acak, "jarak" yang ditempuh pemain itu ditentukan oleh jumlah dan jenis item yang diambil oleh pemain sepanjang permainan. Oleh karena itu, pemain wajib mengambil berbagai macam item yang bertebaran di dalam stage untuk menambahkan jumlah meter yang diakumulasi agar mendapatkan skor tertinggi. Sementara itu, dalam Mode Challenge, pemain diberikan sebuah medan permainan yang fix, alias tidak berubah secara acak, dan skor benar-benar dihitung berdasarkan jarak yang berhasil ditempuh sebelum tewas tertabrak.

Meskipun tipe permainannya 2D dilihat dari samping, tapi Smashing Rush ini memiliki grafis 3D lho! Setiap karakter tampil secara mendetail dalam 3D, lengkap dengan animasi dan bentuk tersendiri. Ada pemain skate board, gadis SMU, superhero, dan lain sebagainya. Asyiknya, mereka pun bisa dikustomisasi sesuai selera, tentunya dengan uang yang cukup ya. Memang 21 karakter yang bisa dimainkan, tapi sayangnya, banyak karakter yang bentuknya kurang lebih sama, seperti para super hero, serta makhluk-makhluk yang berbentuk kubus.

Smashing Rush hadir secara cuma-cuma, alias free-to-play. Berhubung game-nya bisa dimainkan secara offline dan tidak ada sistem stamina / energi yang menghambat pemain, maka game ini bisa dengan asyik dimainkan kapan pun, di mana pun. Tersedia mikrotransaksi untuk membeli uang, serta untuk menghilangkan iklan.

Dengan sistem Gacha yang memiliki harga cukup masuk di akal, kemampuan kustomisasi karakter, serta daily login yang tidak perlu Internet, Smashing Rush ini benar-benar bisa dinikmati dengan seru. Penggemar Endless Runner wajib mencobanya!

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top