TIPS

Langkah-langkah Mengatasi Koneksi WiFi yang Lambat

Dikdok   15 Feb 2017
Langkah-langkah Mengatasi Koneksi WiFi yang Lambat

Saat ini, koneksi nirkabel WiFi sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Tidak heran, dengan adanya koneksi WiFi yang baik, kita dapat mengakses banyak hal melalui internet. Mulai dari hiburan hingga urusan pekerjaan. WiFi pun menjadi sesuatu yang kini sangat digemari dan dicari oleh banyak masyarakat.

Namun, terdapat beberapa masalah dalam penggunaan WiFi. Salah satu masalah yang sering dihadapi, yaitu koneksi nirkabel WiFi yang buruk. Bila hal tersebut terjadi pada koneksi WiFi yang dipasang di rumah kita, kita tentunya tidak perlu panik. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah mengecek router yang kita gunakan.

Selanjutnya, ketika mengecek router yang kita miliki, pastikanlah untuk melakukan langkah-langkah sederhana ini, seperti dilansir dari KompasTekno baru-baru ini:

1. Cek posisi router

Mengecek posisi router mungkin akan terkesan sebagai hal yang sepele. Namun, pada dasarnya, posisi router juga berpengaruh besar terhadap kinerja WiFi. Router sendiri bekerja sebagai pengirim sinyal ke semua arah. Oleh karena itu, sebaiknya letakkanlah router di bagian tengah ruangan. Bila router diletakkan di samping jendela, maka ada sinyal yang dikirimkan ke luar. Ini akan membuat WiFi tersebut jadi sia-sia dan tidak menjangkau seluruh bagian ruangan.

2. Letakkan router di tempat terbaik

Sinyal WiFi akan terpancar lebih kuat di dalam ruangan tempat kita menyimpan router tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya letakkanlah router tersebut di dalam ruangan yang sering kita tempati saat menggunakan internet.

3. Pilih tempat terbuka

Terdapat banyak bahan yang bisa menyerap sinyal router dan mengurangi kinerjanya. Untuk menjaga agar kinerja sinyal tetap optimal, sebaiknya hindari meletakkan router di antara mebel berukuran besar dan dinding, atau di dalam lemari.

4. Jangan diletakkan di lantai

Letakkan router pada posisi yang tinggi, misalnya pada meja. Peletakkan posisi yang tinggi pada sebuah router akan menguntungkan, karena router sendiri dirancang untuk mengirimkan sinyal ke bawah.

5. Atur antena agar berdiri

Kondisikan agar antena router berada pada posisi vertikal. Posisi tersebut akan membantu dalam pembuatan sinyal yang dipancarkan router agar terpancar secara horizontal sehingga sinyal WiFi jadi lebih mudah untuk menjangkau seluruh bagian ruangan.

6. Jauhkan dari elektronik lain

Hindari untuk menyimpan router secara berdekatan dengan perangkat-perangkat elektronik lainnya, seperti microwave, telepon nirkabel serta TV. Perangkat apa pun yang menghasilkan sinyal elektromagnetik bisa mengganggu dan melemahkan kinerja sinyal WiFi.

7. Beli router baru

Langkah ini merupakan sebuah langkah terakhir yang bisa ditempuh ketika sinyal WiFi masih buruk. Bila semua sudah dicoba dan kita sudah memastikan masalah tidak berasal dari penyedia layanan internet, belilah router baru.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top