REVIEW

Kumpulkan Uang & Dekorasi Ruanganmu dalam Chores!

Andy Chan   17 Feb 2021
Kumpulkan Uang & Dekorasi Ruanganmu dalam Chores!

Kamu baru saja diberikan sebuah ruangan sendiri oleh sang ibu, namun apa ini? Ternyata ruangannya kosong. Ketika kamu mengeluhkan hal ini, sang ibu hanya berkata, "Kamu kerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah untuk mendapatkan uang, nanti kamu beli sendiri isi kamarmu pakai uang itu." Dan demikianlah tema dari permainan yang berjudul Chores! ini.

Mengerjakan Pekerjaan Rumah demi Dekorasi Ruangan

Chores! adalah game persembahan dari Lion Studios, di mana pemain berperan sebagai seorang anak laki-laki atau anak perempuan. Pemain ditugaskan untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah yang diberikan untuk mendapatkan hadiah uang dari sang Ibu, di mana uang tersebut bisa digunakan untuk membeli dekorasi kamar sesuai selera. Cukup sederhana kan?

Cara Bermain

Pada dasarnya permainan berjudul Chores! ini adalah kumpulan mini-game mengenai pekerjaan-pekerjaan rumah. Semua pekerjaan rumah ini dikerjakan dengan menggunakan layar sentuh, biasanya adalah menggeser-geser alat pembersih ke seluruh permukaan yang kotor, meskipun kadang ada juga game yang meminta pemain untuk menyusun sesuatu, seperti kaus kaki.

Variasi Permainan

Ada pekerjaan menyeterika pakaian, membersihkan toilet, mengepel lantai, menyusun kaus kaki, menuang susu, dan lain sebagainya. Berhubung Chores! adalah game yang kasual, sSemua pekerjaan ini unik, dengan sistemnya masing-masing yang sangat mudah untuk dipelajari dan langsung dimainkan.

Membersihkan Diri

Setelah mengerjakan sedemikian banyak pekerjaan rumah, tentunya diri pun menjadi kotor. Pemain harus membersihkan diri dulu dengan cara mencuci tangan dalam sebuah mini game, baru bisa kembali lanjut mengerjakan pekerjaan rumah. Sebenarnya sistem ini menarik, tapi rasanya malah jadi lumayan menghambat permainan.

Membeli Dekorasi

Dengan uang yang dikumpulkan, pemain bisa membeli berbagai macam barang dekorasi untuk menghias kamar sang anak. Ada wallpaper, jam dinding, kursi, karpet, tirai, lukisan, lemari, ranjang, dan lain sebagainya yang bisa dibeli, masing-masing dengan harga yang bervariatif, tergantung dari model yang diinginkan.

Tidak Perlu Mengotori Diri

Chores! ditampilkan menggunakan grafik tiga dimensi, di mana sang anak tampak sangat imut dan menggemaskan. Tidak ketinggalan, pekerjaan-pekerjaan rumah pun terlihat sangat kotor, jadi pemain seperti benar-benar membersihkan secara nyata, meskipun bedanya, tidak perlu berkotor-kotor ria dalam melakukan pembersihan ini. Sedikit kustomisasi bisa dilakukan oleh pemain dengan mengumpulkan kunci dan membuka wardrobe yang berisikan beberapa macam skin untuk sang anak.

Perlu Main Offline

Seperti umumnya game-game Lion Studios, Chores! pun sarat dengan iklan. Ada iklan yang harus ditonton untuk mendapatkan kostum, atau bisa juga untuk mendapatkan bonus uang, dan lain sebagainya. Bahkan pemain juga perlu menonton iklan setiap beberapa saat sekali, sehingga kemunculannya itu boleh dibilang lumayan mengganggu. Untunglah game ini tidak wajib online, sehingga dengan mematkan WiFi atau mobile data, pemain pun bisa main secara damai. Ajaibnya, game ini juga penuh dengan mikrotransaksi untuk membeli koin. Padahal tujuan main game ini kan untuk mendekor ruangan, sehingga dengan membeli koin ini, pemain seperti melakukan skip pada permainan agar bisa langsung mendekor kamar sang anak. Buat apa ya jadinya main game ini?

Akhir kata, meskipun Chores! cukup menarik, namun banyaknya gangguan (dan penawaran iklan) membuat pengalaman bermain menjadi kurang menyenangkan. Kalau mau mencoba game ini, pastikan main secara offline.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top