REVIEW

Kumpulkan Hantu dalam Idle RPG Code Atma

NanaMiku   07 Aug 2020
Kumpulkan Hantu dalam Idle RPG Code Atma

Salah satu hal yang populer di Indonesia adalah horror. Banyak sekali hal berbau horror yang terkenal, mulai dari film bioskop hingga cerita di media sosial. Indonesia memiliki banyak kisah mistis, baik yang berbau hantu mau pun yang berupa legenda. Kalau kalian suka tema horror, boleh coba nih game mobile berjudul Code Atma. Game berupa idle RPG ini buatan Indonesia, tepatnya buatan Agate Games yang bekerjasama dengan Telkom.

Kisah Perang Mistis

Dalam Code Atma, kalian adalah seorang jurnalis yang tiba-tiba terlibat dengan kasus pembunuhan misterius yang pelakunya tidak jelas. Namun dari berbagai kasus yang terjadi, kalian bisa melihat satu persamaan yaitu selalu muncul kunang-kunang ketika pembunuhan terjadi. Tidak lama kemudian, kalian mempelajari bahwa kasus-kasus ini disebabkan oleh atma, makhluk halus yang berhinggap di manusia. Dengan menggunakan aplikasi mobile bernama Code Atma, kalian akan memecahkan berbagai kasus yang penuh misteri

Kumpulkan Atma

Sebagai Seeker, orang yang menggunakan Code Atma untuk mengendalikan Atma, kalian akan mengumpulkan banyak Atma yang bervariasi. Atma yang tampil di game ini bervariasi, mulai dari hantu khas Indonesia, karakter-katakter dari legenda, dan lainnya. Meski judulnya bertema horror, kalian yang takut akan game horror tidak perlu khawatir. Semua Atma didesain dengan unik dan tidak lagi terasa horror. Desainnya pun sangat bervariasi mulai dari Pocong yang terlihat sangat imut hingga Gatot Kaca yang terlihat keren.

Kalian bisa mengumpulkan berbagai macam Atma dengan sistem gacha. Artinya, kalian harus mengumpulkan Diamond untuk bisa mendapatkan Atma secara acak. Tentunya kalau game seperti ini tingkat persentase munculnya karakter yang diinginkan adalah segalanya. Untuk karakter bintang 5, Code Atma menghadirkan persentase sebesar 1,5% untuk bisa muncul. Namun kalian tidak perlu khawatir. Code Atma menawarkan banyak alternatif untuk memperkuat koleksi Atma kalian seperti mengumpulkan Shard untuk mendapatkan Atma baru atau Atma Synth untuk meningkat rarity/jumlah bintang Atma yang kalian miliki.

Pertarungan yang Sederhana

Dengan mengusung genre Idle RPG, tentunya Code Atma menggunakan sistem pertarungan yang sederhana. Atma akan otomatis menyerang lawan secara bergantian dan secara acak. Pada saat skill bar penuh, kalian bisa mengaktifkan skill Atma pada saat gilirannya tiba. Tentunya bagi kalian yang malas memperhatikan pertarungannya, terdapat fitur speed 2x dan juga auto untuk mengaktifkan skill secara otomatis.

Meski begitu, kalian tidak bisa asal menyusun tim Atma. Pertarungan di Code Atma cukup menekankan pada combo Atma. Setiap Atma memiliki skill yang berbeda dan terdapat beberapa skill pasif yang dapat memperkuat mereka. Contohnya ada Atma yang akan mendapatkan buff attack up ketika di-heal atau mendapatkan buff critical up ketika mendapatkan buff speed up. Tentunya kalian juga harus memperkuat Atma yang kalian miliki dengan cara menaikkan level dan memberikan equipment.

Mengumpulkan Resource dengan Mudah

Tentunya untuk meningkatkan level Atma dan membeli equipment baru kalian akan membutuhkan resource. Untungnya game ini menghadirkan sistem pengumpulan resource secara otomatis. Di menu utama terdapat kotak harta karun yang akan otomatis terisi seiring waktu berlalu. Harta karun ini berisikan resource yang kalian butuhkan, jadi kalian tidak perlu repot-repot farming resource. Meski begitu, kadang kalian akan merasa kekurangan resource untuk meningkatkan level atau membeli equipment baru. Kalian bisa pergi ke Labyrinth atau Tower untuk mendapatkan resource tambahan.

Masih Ada Fitur yang Kurang Lengkap

Walau sudah resmi rilis, Code Atma masih berada di versi 0.5. Karena itu, masih banyak fitur sederhana yang belum ada tapi cukup mengganggu. Beberapa contohnya adalah opsi fitur sort dalam koleksi Atma yang masih sangat sederhana. Kalian hanya bisa sort berdasarkan elemen saja. Fitur lain lagi yang terasa kurang adalah tidak bisa melihat status lengkap Atma pada saat menyusun formasi bertarung. Hal ini cukup mengganggu pada saat lupa skill apa saja yang dimiliki Atma jadi repot pada saat ingin menyusun combo yang tepat.

Fitur yang bisa dibilang kurang lagi adalah opsi bahasa. Karena Code Atma saat ini hanya rilis untuk Indonesia, jadi bahasa yang digunakan tentunya adalah bahasa Indonesia. Namun lebih tepatnya bahasa yang digunakan adalah bahasa anak "Jakarta Selatan." Jadi bahasa yang digunakan cukup campur-campur, ada yang pakai bahasa Indonesia, ada yang pakai bahasa Indonesia dicampur bahasa Inggris, dan ada ada yang menggunakan bahasa Inggris sepenuhnya. Walau pun bukan masalah, hal ini membuat sedikit tidak nyaman saja.

Code Atma bisa dimainkan secara gratis dan tidak ada iklan. Namun terdapat microtransaction dan juga game-nya memerlukan koneksi internet untuk bisa dimainkan. Saat ini Code Atma hanya rilis untuk Android saja.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top