LOADING
REVIEW

Kucing! Kucing! Banyak Kucing Menantimu di Cat Condo!

Andy Chan   04 Feb 2018
Kucing! Kucing! Banyak Kucing Menantimu di Cat Condo!

Apakah Anda adalah seorang penggemar kucing? Hewan yang satu ini memang lucu-lucu, sangat menawan, dan banyak jenisnya. Sudah banyak game bertemakan kucing yang ada di platform mobile, termasuk Neko Atsume: Cat Collection, Chubby Cat & The Catcakes, Schrodinger's Miniature Garden, Cat Simulator, Cat Life, dan sebagainya. Nah, ada satu game unik untuk mobile buatan Zepni Ltd., yang kini juga mengangkat tema kucing. Judulnya, Cat Condo.

Cat Condo pada dasarnya adalah sebuah variasi dari game bertipe clicker, dimana pemain harus menyentuh layar hingga berkali-kali untuk bisa mendapatkan sesuatu. Di sini, pemain harus menyentuh icon kandang kucing di bagian bawah layar untuk menaruhnya di medan permainan, yang bentuknya berupa rumah kucing atau Cat Condo. Begitu kandang tersebut hadir di layar, maka pemain bisa membukanya dengan cara menyentuhnya, dan keluarlah seekor kucing putih yang imut. Mula-mula, hanya tersedia sebanyak enam buah tempat saja untuk menaruh kandang kucing, yang juga berfungsi sebagai tempat untuk kucing bertengger. Namun, dengan semakin tingginya level pemain, maka Cat Condo tersebut pun akan semakin memiliki banyak ruangan.

Cat Condo Games AndroidiOS Free Download Download

Ada sebuah sistem yang unik di dalam game Cat Condo, yaitu kemampuan untuk melakukan fuse antara dua ekor kucing yang sama. Begitu dua ekor kucing yang sama tersebut digabungkan menjadi satu, maka terciptalah seekor kucing baru yang lebih bagus. Inilah tantangan dari game-nya, yaitu untuk menciptakan kucing terbagus yang memiliki level tinggi.

Kucing-kucing tersebut memang hanya diam saja di dalam Cat Condo, yang jatuhnya akan menjadi seperti sebuah hiasan saja. Namun, dengan bertengger di Cat Condo, mereka pada setiap detiknya pun akan menghasilkan uang untuk pemain. Ya, kucing-kucing dalam Cat Condo dapat menghasilkan uang hanya dengan menjadi sekedar dekorasi yang imut saja. Uang ini bisa digunakan untuk membeli kucing berlevel tinggi secara langsung. Jadi, tidak perlu mengandalkan kandang kucing gratisan yang secara probabilitasnya mungkin hanya bakal memberikan kucing berlevel terendah.

Kandang kucing yang berfungsi sebagai game clicker di bagian bawah layar tersebut sebenarnya juga bisa di-upgrade. Sayangnya, metode untuk menaikkan level kandang kucing tersebut bakal melibatkan uang asli. Ya, pemain tidak akan bisa melakukannya hanya dengan berbekal mata uang di dalam game.

Kalau boleh dibilang, bagian "clicker" dari Cat Condo sebenarnya sangatlah minim. Pemain akan lebih mengandalkan uang untuk membeli kucing-kucing berlevel tinggi dan menggabungkannya akan lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan fitur clicker-nya. Asyiknya, meski pun pemain sedang tidak memainkan game-nya. Para kucing tetaplah akan menghasilkan uang, dan kandang-kandang kucing pun akan tetap diberikan, sampai –paling tidak– tempat di Cat Condo-nya sudah penuh terisi.

Memang, Cat Condo tidak memiliki animasi yang cukup berarti. Para kucing hanyalah memiliki satu buah sprite yang statis, di samping mata mereka yang berkedip-kedip. Namun, mereka tampil sangat imut dan lucu. Macam-macam kucing pun disediakan dalam game-nya. Mulai dari anak kucing, Japanese Bobtail, kucing Somali, kucing Bengal, Ragdoll, Siamese, Shorthair eksotis, dan sebagainya. Selain lagu yang menemani Anda bermain itu terdengar menyenangkan hati, suara-suara kucing pun akan meramaikan game ini, meski pun sayangnya, akan lebih terdengar seperti suara anak-anak kucing dibandingkan dengan kucing-kucing yang lebih dewasa.

Cat Condo merupakan sebuah game free-to-play yang bebas untuk dimainkan tanpa syarat. Tidak ada kebutuhan online, tidak ada iklan, tidak ada sistem stamina atau pun energi, bahkan mikrotransaksi yang dihadirkan pun cukup minim. Sayangnya, seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, fitur upgrade kandang kucing tidaklah bisa dibeli dengan menggunakan uang dalam game. Jadi, mau tidak mau, beberapa pemain harus memainkan game ini secara lebih lambat jika dibandingkan dengan mereka yang mampu membayar dengan uang asli.

Memang, sebagai sebuah game, Cat Condo agak membosankan. Namun, fitur-fiturnya cukup lengkap. Ada Achievement dengan reward berupa uang, ada album kucing, bisa melakukan screenshot, dan ada bonus hadiah yang diberikan setiap beberapa jam sekali. Apabila Anda penggemar kucing yang imut, game ini rasanya pantas untuk dicoba. Karena, selain game-nya tidak membutuhkan konsentrasi penuh, juga bisa dimainkan di saat senggang sambil menggabung-gabungkan para kucing dan mengisi album koleksi kucing Anda sampai lengkap. Meong!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top