REVIEW

Kucing Buka Restoran? Mengapa Tidak? Inilah Restoran Mereka, Animal Restaurant!

Andy Chan   12 Dec 2019
Kucing Buka Restoran? Mengapa Tidak? Inilah Restoran Mereka, Animal Restaurant!

Kisah ini dimulai dengan seekor kucing liar yang kelaparan di tengah hutan. Kucing tersebut menemukan sebuah tempat menarik, yang ternyata adalah sebuah restoran untuk binatang. Kucing yang kotor tersebut pun masuk ke dalamnya, diberikan hidangan yang lezat, dan kemudian dipekerjakan oleh sang pemilik restoran binatang yang baru buka tersebut. Sebagai sang kucing liar, bisakah kamu membantu menjalankan restoran tersebut? Itulah latar belakang dari permainan unik berjudul Animal Restaurant yang diterbitkan oleh DH-Publisher.

Manajemen Restoran Binatang

Pada dasarnya, Animal Restaurant adalah sebuah game bertipe manajemen, di mana pemain berperan sebagai seorang manajer restoran binatang. Pemain harus menerima pesanan para konsumen, menyajikan makanan yang mereka pesan, hingga mengembangkan restoran tersebut sampai menjadi besar.

Proses Permainan

Jalannya permainan Animal Restaurant cukup sederhana. Pemain mengiklankan restorannya untuk mendapatkan tamu, lalu mereka akan duduk di depan meja dan memesan sebuah makanan, sajikan makanan tersebut, dan mereka akan pergi setelah membayar makanannya. Sederhana, kan? Tentu saja untuk bisa menerima tamu, pemain harus membeli sebuah meja makan, dan untuk bisa menyajikan makanan, mereka harus memiliki alat untuk memasaknya, dan seterusnya.

Ikan sebagai Mata Uang

Setiap berhasil melayani seorang tamu, mereka akan membayarkan sebuah mata uang kepada pemain berupa ikan yang bisa dipungut di layar. Ikan ini berguna untuk berbagai macam hal, termasuk membeli furniture baru, memperluas restorannya, menyewa staf, dan lain sebagainya.

Memanggil Tamu

Untuk bisa menarik perhatian banyak tamu, pemain harus melakukan promosi terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengetuk pada icon Flyer Promo berkali-kali sampai meterannya penuh, barulah para tamu akan datang lebih cepat. Pemain juga akan bisa mengadakan promosi besar-besaran yang akan membuat pengunjung restorannya membludak. Tapi untuk mengadakan promosi ini, pemain harus menonton sebuah video iklan terlebih dahulu.

Berbagai Macam Resep Makanan

Selain itu, ikan juga bisa digunakan untuk membeli resep-resep masakan baru. Ada banyak lho makanan yang bisa dibuat di Animal Restaurant ini seperti Taiyaki, Strawberry Pancake, Spaghetti, Pizza, bahkan Sandwich Alpukat pun ada. Tapi ingat, kalau ada tamu yang memesan suatu makanan yang belum dimiliki oleh restorannya, dia akan marah dan pergi.

Cantiknya Restoran milik Para Kucing

Secara Grafis, Animal Restaurant tampil dengan artwork kartun yang cukup menawan. Pemain akan bisa mengatur sendiri tampilan dari restorannya, apakah itu menggunakan meja makan bergaya Eropa, pagar bergaya Jepang, bahkan oven bergaya Mediterrania. Selain itu, pemain juga akan bisa melihat betapa lucunya para staf yang bisa direkrut, seperti kucing ragdoll, kucing tabby, dan lain sebagainya. Jika satu kata boleh diucapkan mengenai Animal Restaurant, itu adalah "mempesona".

Gratis, tapi Perlu Online

Game free-to-play Animal Restaurant ini tampak sederhana, namun ternyata mewajibkan pemainnya untuk online lho. Game-nya sendiri tidak memiliki tampilan iklan, namun pemain boleh menonton video iklan untuk mengaktifkan promosi spesial. Mikrotransaksi pun disediakan untuk pembelian ikan menggunakan uang asli dengan harga cukup miring, Rp. 14.000,- untuk 180.000 ikan, hingga Rp. 229.000,- untuk 4 juta buah ikan. Atau kalau pemain ingin paket paling menarik, bisa juga dengan membeli subscription seharga Rp. 86.000,- per bulan untuk mendapatkan gratis 5x promosi besar serta 260.000 ikan per harinya.

Meskipun game-nya cukup sederhana, namun tema binatang yang dihadirkan oleh Animal Restaurant ini ternyata sangat menyenangkan hati. Apalagi masing-masing tamu dari restoran binatang ini memiliki kisahnya sendiri-sendiri yang terkadang mengharukan, bisakah kalian merubah hidup mereka? Inilah game manajemen restoran yang wajib kalian coba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top