TIPS

Kontrol Kecanduan iPhone dengan Bantuan 6 Fitur iOS 12 ini!

Dikdok   15 Jun 2018
Kontrol Kecanduan iPhone dengan Bantuan 6 Fitur iOS 12 ini!

Kehadiran dan perkembangan teknologi smartphone yang ada saat ini telah memberikan banyak perubahan terhadap cara hidup bagi kebanyakan orang.

Menghadirkan inovasi teknologi berupa bentuk yang praktis, mudah untuk dibawa dan membantu dalam melakukan berbagai aktivitas, smartphone begitu diminati di kalangan msyarakat. Saking menariknya, tidak sedikit pula pengguna yang malah menggunakannya smartphone dengan cara yang berlebihan.

Nampaknya Apple menyadari hal tersebut. Untuk itu, pada pembaruan sistem operasi teranyarnya, iOS12, Apple mencoba mengembangkan fitur yang dapat digunakan untuk memangkas waktu yang dapat dihabiskan di depan layar. Apa saja fitur tersebut dan bagaimana sebaiknya fitur tersebut digunakan? Mari simak bersma-sama ya!

Kontrol Kecanduan iPhone dengan bantuan 6 Fitur iOS 12 ini

iOS 12 sendiri menghadirkan cukup banyak fitur yang bisa digunakan untuk memangkas penggunaan iPhone setiap harinya.

Do Not Disturb

Yang pertama adalah fitur Do Not Disturb., dimana ketika menggunakan fitur ini maka pengguna bisa mengabaikan e=berbagai jenis notifikasi. Fitur ini sangat cocok untuk digunakan menjelang tidur, agar pengguna bisa tidur tanpa harus diganggu oleh banyanya notifikasi smartphone.

Notifikasi

iOS 12 juga memiliki fitur untuk menonaktifkan notifikasi dari aplikasi-aplikasi tertentu. Fitur ini bisa digunakan untuk menonaktifkan notifikasi dari berbagai aplikasi yang tidak sering digunakan secara berkala.

Pengguna juga bisa mengelompokkan beberapa aplikasi berdasarkan jenis aplikasinya. Sebagai contoh, notifikasi aplikasi chat akan terkumpul ke dalam satu kelompok notifikasi. Fitur ini bisa membuat para pengguna tak akan merasa sesak dengan notifikasi dalam satu waktu bersamaan.

Screen on Time

Fitur keempat adalah fitur Screen on Time, dimana melalui fitur ini pengguna bisa melihat ringkasan detil penggunaan iPhone ataupun iPad selama satu minggu ke belakang.

App Limit

Berikutnya adalah fitur App Limit yang berfungsi untuk memberikan batasan waktu ketika menggunakan sebuah aplikasi. Sebagai contoh, pengguna bisa membatasi dirinya untuk membuka Instagram, sehari hanya dalam waktu 1 jam. Nantinya ketika waktu tersisa 5 menit lagi, maka iPhone atau iPad akan memberikan peringatan suara yang menjelaskan mengenai batas waktu yang akan segera habis.

Parental Control

Fitur terakhir yang bisa digunakan untuk mengontrol kecanduan iPhone adalah Parental Control. Fitur ini menghadirkan cara pengawasan dengan memberikan notifikasi mengenai penggunaan smartphone dari anak-anak mereka. Orang tua juga bisa memberikan batasan waktu bagi anak untuk menggunakan aplikasi tertentu, bahkan untuk membatasi penggunaan smartphone mereka.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top