REVIEW

Konferensi Pers Asia-Pasifik untuk Festival Belanja Global 11.11 2020

en19ma   13 Nov 2020
Konferensi Pers Asia-Pasifik untuk Festival Belanja Global 11.11 2020

Alibaba Group baru saja menggelar acara media se-Asia Pasifik keduanya dalam rangka Festival Belanja Global 11.11 2020 di Alibaba Xixi Campus, Hangzhou, pada tanggal 11 November 2020. Acara tersebut dihadiri oleh rekan-rekan media dari kawasan tersebut.

Sejumlah eksekutif dari Alibaba Group turut hadir untuk berbagi insight mengenai peran penting livestreaming selama 11.11 dan prospek pertumbuhannya, cara-cara dari Alibaba dalam memastikan proses pengiriman lintas batas yang lancar meski adanya tantangan pandemi, serta pertumbuhan utama dan pencapaian baru pada festival tahun ini.

Berikut adalah beberapa sorotan festival tahun ini sebagai referensi:

Liu Bo, Vice president of Alibaba Group and General Manager of Tmall Marketing and Operations

Festival Belanja Global 11.11 tahun ini memiliki signifikansi yang khusus bagi Alibaba, terutama karena angka 12 tahun yang merepresentasikan lingkaran penuh dalam budaya Tiongkok. Liu Bo, Vice president of Alibaba Group and General Manager of Tmall Marketing and Operations berbagi mengenai persiapan khusus yang dilakukan dalam menyambut festival tahun ini untuk memberikan pengalaman dan dukungan terbaik bagi konsumen dan merchant, terutama dalam situasi pandemi.

  • Perubahan penting pada pendekatan tahun ini
    Tmall telah mempersiapkan diri secara maksimal untuk festival tahun ini dengan memulai segala persiapan sejak tiga hingga empat bulan yang lalu berdasarkan masukan dari para merchant dan konsumen terkait preferensi dan ekspektasi mereka. Pengumuman dua periode belanja 11.11 adalah salah satu perubahan utama yang berbeda dari sebelumnya.
  • Meningkatkan pengalaman pembeli
    • Perhatian khusus pada optimisasi pengalaman konsumen, terutama dalam hal menguatkan kapasitas logistik dan meningkatkan kecepatan pengiriman paket.
    • Jangkauan 11.11 tahun ini telah diperluas untuk dapat menjangkau berbagai wilayah dan negara-negara lain - dengan Tiongkok sebagai pusatnya, mempertimbangkan skala partisipasi domestik yang kian meningkat pada setiap tahunnya.
    • Alibaba juga berfokus dalam melayani konsumen dengan berbagai latar ekonomi, budaya, wilayah, dan sektor yang berbeda-beda sembari mempromosikan konsumsi yang bertanggung jawab dengan menyesuaikan berbagai promosi dan produk yang ditawarkan di berbagai komunitas.
    • Alibaba merancang festival tahun ini berdasarkan pemahaman atas perilaku dan preferensi dari konsumen akan optimisasi berbagai jenis produk yang ditawarkan kepada para pembeli, serta inovasi untuk meningkatkan cara yang lebih efektif untuk dapat menarik pembeli.
    • Baik livestreaming mau pun gamifikasi bertema kucing, yang menjadi sorotan pada 11.11 tahun ini, menghadirkan peluang baru bagi brand untuk berinteraksi dengan konsumen, serta keseruan baru dalam berbelanja.
    • Sejauh ini, para konsumen merasa puas dengan berbagai perubahan yang dilakukan, yang dapat dilihat melalui tingkat partisipasi dari perhelatan tahun ini.
  • Memberdayakan para merchant
    • Fokus utama lain pada festival tahun ini adalah untuk memberdayakan para merchant dan brand yang berpartisipasi dengan kapabilitas baru yang tersedia melalui Alibaba Business Operating System (ABOS) - mulai dari inkubasi brand, livestreaming, e-commerce, keanggotaan, pengembangan brand, pemasaran dan penjualan, serta berbagai alat customer engagement. Besarnya skala 11.11 membuat perhelatan ini menjadi platform yang ideal untuk menguji kapabilitas ini.
    • Sebagai contoh, Alibaba mendorong para produsen untuk meningkatkan value chain dan menciptakan brand milik mereka sendiri. Melalui proses inkubasi yang didukung oleh ABOS dan Alibaba, beberapa produsen ini telah berada pada 10 atau 20 Top Selling Brands dari segi GMV untuk kategori produk.
    • Menyoroti peluncuran produk baru telah menjadi hal yang penting bagi para merchant dengan pertumbuhan GMV produk baru yang terus mengalami pertumbuhan.
    • Brand internasional turut memanfaatkan Tmall untuk memperkenalkan produk baru milik mereka ke konsumen muda dan kelas menengah di Tiongkok.
    • Berbagai brand internasional termasuk L’Oreal dan Estée Lauder memanfaatkan 11.11 untuk memperkenalkan sub-brands milik mereka ke pasar di Tiongkok.
  • Pada akhirnya, Festival Belanja Global 11.11 dihadirkan bagi para konsumen. Alibaba berharap agar para konsumen dapat menikmati Festival ini sebagai sebuah perayaan. Moto positif tahun ini, seperti “Cheer Up” dan “Have A Great Life Together,” dirancang untuk dapat menarik lebih banyak pembeli dari berbagai latar belakang untuk berpartisipasi dan merasakan keseruan festival.

Yu Feng, General Manager, e-Commerce Content, Taobao

Ketika livestreaming baru saja diluncurkan di bagian lain di dunia, livestreaming telah berakar kuat di lanskap e-commerce Tiongkok dan 11.11 tahun ini. Yu Feng, General Manager of e-Commerce Content, Taobao, berbagi mengenai prospek pertumbuhan yang kuat pada industri e-commerce yang berkembang dengan pesat ini.

  • Taobao Live dimulai pada tahun 2016 lalu sebagai pioneer livestreaming di pasar e-commerce. Tahun ini menandakan tahun kelima partisipasi dari Taobao Live di 11.11.
  • Gabungan antara livestreaming dan e-commerce merupakan sebuah perkembangan yang relatif baru dan telah populer di Tiongkok dengan banyak negara-negara lainnya yang mencari pembelajaran dari pengalaman Tiongkok.
  • Posisi Taobao Live adalah untuk menyediakan pengalaman yang menyenangkan dan menarik bagi konsumen untuk berbelanja. Pendekatan ini telah membuktikan kesuksesannya, karena Taobao Live berhasil memperoleh RMB 350 miliar GMV pada periode yang berakhir pada tanggal 30 September 2020. Pasar livestreaming e-commerce juga diperkirakan akan tumbuh menjadi RMB 1 triliun (Live Streaming E-commerce Strides Towards 1 Trillion Yuan Market, KPMG and AliResearch).
  • Daya Tarik Taobao Live:
    • Berbasis Kepercayaan
      Livestreaming e-commerce dibangun untuk menciptakan kepercayaan antara merchant dan konsumen.
    • Interaktivitas
      Ketika livestreaming menjadi dasar bagi konten e-commerce, hal ini menjadi lebih interaktif yang menambah nilai tradisional dalam mencari dan melihat-lihat.
    • Meningkatkan pengalaman belanja
      Livestreaming e-commerce menambah nilai dengan kemampuannya untuk menunjukkan produk-produk secara detil, menawarkan pengalaman belanja yang lebih baik bagi konsumen yang akan mereka dapatkan dengan mencari produk yang mereka inginkan.
    • Dikendalikan teknologi
      Teknologi yang dikembangkan oleh Alibaba Cloud dan DAMO Academy adalah kunci dari pengalaman livestreaming e-commerce, yang mendukung kejelasan, kualitas terbaik, dan latensi rendah yang mendukung bagi segala jenis teknologi yang kuat. Taobao Live juga memberikan manfaat dari teknologi platformnya untuk ekosistem Alibaba lainnya, seperti Fliggy, AliExpress, dan Lazada.
  • Pada masa kebangkitan dari dampak Covid-19, Taobao Live telah menolong peritel untuk memulihkan bisnis mereka dan mengembangkan kemampuan mereka melalui solusi online-to-offline yang sesuai. Sejak Maret hingga Juni lalu, jumlah penonton livestreaming meningkat sebesar 160% yoy. Jumlah merchant juga terus meningkat secara perlahan, dengan jumlah angka partispasi merchant mencapai 220% yoy.
  • Livestreaming juga telah bergeser dari brands yang berorientasi pada KOL menjadi brands yang menyiarkan sesi acara milik mereka sendiri.
  • Pada 11.11 tahun ini, 300 selebritas dan 400 brand dan pimpinan bisnis akan menggunakan livestreaming studio milik Taobao untuk pertama kalinya untuk mempromosikan produk, serta menunjukkan bagaimana hal tersebut berkembang menjadi standar bagi alat pemasaran.
  • Selama 11.11 tahun lalu, 17 brand memperoleh lebih dari RMB 100 miliar GMV dari Taobao Live; Taobao Live sudah berada pada jalur yang benar untuk melampaui batu loncatannya di tahun ini.

Sun Jian, Head of Logistics for 2020 11.11 Global Shopping Festival

Perayaan 11.11 tahun ini tidak hanya mengedepankan engagement dari livestreaming, tapi juga diselenggarakan dalam periode waktu yang lebih panjang. Sun Jian, Head of Logistics for 2020 11.11 Global Shopping Festival menjelaskan peran Cainiao dalam memperkuat jaringan logistik global dan bagaimana Cainiao menghadirkan sistem pengantaran yang lebih cepat serta layanan pelanggan yang memuaskan.

  • Tahun pertama periode festival belanja 11.11 diperpanjang.
    Tahun ini merupakan tahun pertama ditetapkannya 11.11 sebagai festival yang diperpanjang, dengan periode belanja tambahan pada 1-3 November. Pemenuhan pemesanan berlangsung dengan lancar dan Cainiao telah mengakselerasikan durasi penerimaan barang menjadi rata-rata satu hari pada tahun ini. Pemenuhan pesanan dan pengiriman paket telah berlangsung dengan baik sejauh ini, dan durasi pengiriman hari ini diproyeksikan untuk lebih cepat dibandingkan periode belanja pertama.
  • Digitalisasi logistik:
    • Label e-shipping:
      Investasi Cainiao dalam standarisasi label e-shipping untuk paket-paket di pusat penyortiran telah diadopsi secara luas oleh sejumlah perusahaan pengiriman kilat Tiongkok. Konsep ini memungkinkan penyortiran, proses, dan penerimaan paket menjadi lebih cepat.
    • Algoritma AI:
      Melalui pendayagunaan algoritma yang didukung AI, pesanan sekarang dapat dilayani oleh pusat distribusi terdekat yang tersedia dengan pelanggan setelah pembayaran, memastikan pengiriman lebih cepat.
    • IoT:
      Cainiao juga telah memanfaatkan pendekatan IoT yang cerdas untuk memindahkan paket dengan lebih efisien dan cepat.
  • Logistik sebagai layanan:
    • Jaringan e-Hub internasional:
      Cainiao telah memiliki infrastruktur global yang sangat efisien. Jaringan berbasis teknologi yang kuat dari tujuh e-Hub di seluruh dunia memainkan peran penting dalam transportasi lintas batas.
    • Semua fungsi berperan dalam 11.11 tahun ini:
      Setiap fungsi dari jaringan e-Hub digunakan sebagaimana kegunaannya guna mendukung merchants dan brand luar negeri, dari proses bea-cukai yang dipercepat hingga proses pengiriman yang lancar dari dan menuju Tiongkok, hal ini memungkinkan konsumen dari berbagai belahan dunia menerima barang lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya.
    • Pencarteran penerbangan:
      Lebih dari 700 penerbangan disewa untuk 11.11 tahun ini guna mengirimkan barang dari Tiongkok ke negara dari belahan dunia. Dengan pengalaman kami di tahun-tahun sebelumnya, kami dapat dengan cepat memenuhi pesanan dengan volume lebih besar dari pembeli internasional di tahun ini.
  • Logistik interaktif:
    • Menciptakan touchpoints konsumen pada proses logistik:
      Saat ini, lebih dari 100 juta konsumen secara aktif menyaksikan bagaimana barang mereka diproses melalui siaran livestream yang menghibur.
    • Menciptakan pahlawan logistik:
      Number 199, robot pemuatan tangguh di salah satu warehouse Cainiao, yang ditampilkan sebagai bagian dari ide livestream telah menjadi meme yang populer di kalangan penonton Tiongkok, dimana para pembeli mengirimkan pesan guyon meminta sang robot untuk beristirahat, serta memberikan semangat untuknya.

Tentang 11.11 Global Shopping Festival

11.11 Global Shopping Festival pertama kali diadakan pada tahun 2009 dengan partisipasi dari sebanyak 27 pelaku bisnis, dan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan keuntungan dari online shopping. Lebih dari 250.000 brand akan berpartisipasi pada acara tahun ini. Untuk mendapatkan berita dan informasi terbaru mengenai 11.11 Global Shopping Festival tahun ini, silakan kunjungi Alizila di http://www.alizila.com.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top