TIPS

Koneksi Wi-Fi Android Nougat Bermasalah? Ini Solusinya

Cle   28 Dec 2016
Koneksi Wi-Fi Android Nougat Bermasalah? Ini Solusinya

Sudah lebih dari tujuh tahun sejak Google meluncurkan Android versi pertama ke publik. Meski berbagai versi telah diluncurkan, dengan teknologi Wi-Fi dan router yang juga berkembang, Android tetap saja tak lepas dari masalah seputar Wi-Fi. Begitu pula halnya dengan Android 7.0 dan 7.1 Nougat yang masih terkena masalah serupa.

Masalah yang sering muncul, antara lain membuat perangkat ber-OS Nougat tidak bisa terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi, koneksinya mendadak terputus dengan Wi-Fi AP, atau kecepatan download menjadi sangat lambat. Untungnya, berbagai masalah tadi masih bisa diatasi, meski belum tentu bisa 'sembuh' sepenuhnya. Marilah mencoba tips memperbaiki koneksi Wi-Fi pada Android Nougat!

Restart Menyeluruh

Saat perangkat Nougat mulai bermasalah dengan koneksi Wi-Fi, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah restart perangkat dan router Wi-Fi milik Anda. Begitu pula, saat perangkat Android tidak bisa terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi tertentu atau transfer speed-nya sangat lambat. Reboot sederhana saja, biasanya trik ini mampu menyelesaikan masalah.

'Lupakan' Jaringan yang Diketahui

Setelah update ke Nougat, perangkat Android malah jadi sulit terkoneksi dengan hotspot Wi-Fi tertentu? Cobalah 'lupakan' jaringan Wi-Fi tersebut, matikan Wi-Fi pada perangkat, dan nyalakan lagi. Lalu, koneksikan lagi. Masalah konektivitas umumnya bisa diatasi dengan cara ini.

Ikutilah langkah untuk 'melupakan' berikut:

Settings -> Wi-Fi, tap pada nama jaringan Wi-Fi, kemudian pilih Forget.

Beralih ke DNS Lain

Bisa terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi, tapi internet tidak berkerja di perangkat Anda atau loading-nya lambat? Untuk masalah satu ini, Anda bisa mencoba untuk beralih ke DNS yang berbeda.

Caranya, buka Settings -> Wi-Fi, dan hidupkan Wi-Fi. Jika jaringan sudah diketahui, 'lupakan' dulu dengan langkah yang dijelaskan di atas. Setelah itu, koneksikan lagi. Namun, kali ini, saat muncul window yang menanyakan password, klik pada Advanced options, dan pilih Static dari daftar pilihan IP settings. Scroll ke bawah, lalu masukkan IP address dari DNS server yang akan Anda gunakan pada kotak DNS1 dan DNS2. DNS yang disarankan adalah Google DNS (8.8.8.8/8.8.4.4) atau OpenDNS (208.67.222.222/208.67.220.220).

Cek atau Reset Router

Terkadang masalah Wi-Fi bisa berakar dari router-nya sendiri. Jika router milik Anda tergolong murah atau pun terkoneksi dengan terlalu banyak perangkat, performanya bisa jadi memburuk. Kalau memang demikian, ada baiknya bagi Anda untuk memutuskan koneksi dengan beberapa perangkat dari router tersebut untuk melihat apakah performanya bisa membaik. Alternatif lain yang lebih 'keras' untuk mengetesnya, yaitu dengan melakukan reset pada router.

Reset router mungkin lumayan beresiko bagi banyak orang, jadi sebaiknya ini dipraktekkan sebagai 'jalan terakhir,' terutama bila Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya. Pastikan Anda telah mencatat ISP dan settings terkait Wi-Fi sebelum melakukan reset, sehingga Anda dengan mudah dapat melakukan backup pada router.

Lakukan Factory Reset

Jika semua langkah di atas belum berhasil mengembalikan performa Wi-Fi pada Android Nougat Anda, hanya ada satu cara yang tersisa: lakukan factory reset. Meski cara ini tergolong ekstrim, factory reset akan mengeliminasi seluruh masalah terkait radio mau pun software itu sendiri. Disarankan untuk membuat backup terlebih dulu, berhubung factory reset akan menghapus semua data pada perangkat Anda.

---

Belum berhasil juga? Coba ganti router Anda untuk melihat apakah masalahnya masih muncul atau tidak. Jika masih, kemungkinan update Nougat-lah yang membuat fungsi Wi-Fi pada perangkat jadi bermasalah. Anda mesti menunggu selama beberapa minggu sampai muncul update terbaru untuk mengatasi masalah ini. Alternatifnya, kembalikan perangkat ke versi Android yang Anda gunakan sebelumnya apabila dirasa lebih bermanfaat.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top