Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada 2024, aplikasi belanja daring Titipku akan menggelar campaign bertema kemerdekaan. Tema campaign untuk tahun ini adalah “Merdeka dari Keterbatasan”. Keterbatasan bisa dimaknai berbeda oleh setiap orang. Misalnya, seorang ibu yang harus di rumah hanya untuk menunggu tukang sayur lewat depan rumah. Atau seorang suami yang secara budaya tidak umum jika harus belanja kebutuhan dapur di pasar.
Dengan adanya Titipku, keterbatasan-keterbatasan ini dapat dimerdekakan. Di satu sisi, suami jadi bisa membelanjakan kebutuhan dapur di rumah secara instan lewat aplikasi Titipku. Kemudian di sisi lain, para ibu sekarang juga tidak perlu menunggu tukang sayur lewat, karena adanya kemampuan untuk mengatur waktu pengantaran sesuai keinginan saat berbelanja di Titipku.
Kerjasama Titipku dengan YBUIS
Guna merepresentasikan tema “Merdeka dari Keterbatasan”, Titipku bekerja sama dengan Yayasan Budaya Individu Spesial (YBUIS), sebuah yayasan yang berfokus pada penggalian potensi individu spesial di bidang seni dan budaya.
"Titipku memilih kerjasama dengan YBUIS karena yayasan ini juga memiliki semangat yang sama dengan campaign kemerdekaan Titipku. YBUIS ini menampung para Individu Spesial, yang notabene sulit dapat kerja, untuk kemudian dibina di bidang seni dan budaya. Apa yang YBUIS ini lakukan adalah upaya memerdekakan anak-anak dari keterbatasan," ungkap CMO Titipku, Faradhita Delicia.
Faradhita menambahkan, "Nantinya bentuk kerja sama antara Titipku dengan YBUIS ada dua. Pertama, Titipku akan meminta anak-anak di YBUIS untuk melukis tas belanja Titipku. Nantinya, tas belanja ini akan kami jual via aplikasi untuk para Moms beli. Nantinya, hasil dari pembelian tas belanja ini akan didonasikan untuk keberlanjutan YBUIS."
Ia pun melanjutkan bahwa yang kedua, Titipku dan YBUIS akan menggelar webinar gratis dengan target pesertanya adalah orang tua dengan anak individu spesial. Webinar ini akan membahas tentang tips mendidik dan mendampingi anak individu spesial.
Selain itu, YBUIS juga akan meluncurkan modul pendidikan anak individu spesial pada webinar yang akan digelar nanti. "Modul pendidikan anak Individu Spesial ini diharapkan bisa jadi panduan para Moms yang memiliki anak Individu Spesial. Kami tahu bahwa mendampingi anak-anak tersebut juga butuh kemampuan khusus," ungkap Faradhita.
Terakhir, ia berharap kerja sama ini dapat berjalan dalam jangka panjang. Tidak hanya agar pengguna Titipku mengenal YBUIS dan sebaliknya, namun kolaborasi tersebut juga bertujuan supaya Titipku bisa semakin menunjukkan dampak dan pengaruh positifnya untuk Indonesia.
Profil Singkat YBUIS
Yayasan Budaya Individu Spesial atau yang disingkat YBUIS adalah hasil dari gerakan bersama antara praktisi, akademisi, dan keluarga individu spesial. Kelompok ini lahir pada 27 Desember 2017, dengan nama Komunitas Peduli Anak Spesial (KPAS). Lalu, pada 28 April 2023, KPAS berubah status menjadi yayasan dan berganti nama menjadi YBUIS.
Fokus dari YBUIS adalah untuk menggali potensi para individu spesial di bidang seni dan budaya. Yayasan ini bisa menjadi wadah bagi generasi muda yang mempunyai kekhususan untuk belajar mandiri, serta belajar mengaktualisasikan diri mereka.
Berbagai jenis pembinaan yang dilakukan di YBUIS antara lain seni pertunjukan, seni rupa, tata boga, kepribadian, kewirausahaan, dan generalisasi dan olahraga.
Selain memberikan pembinaan, YBUIS juga melahirkan beberapa unit usaha yang bisa dijadikan tempat untuk aktualisasi hasil pembinaan. Di antaranya adalah Kriya Mata Kucing (KMK) untuk usaha di bidang kriya, DALI Café untuk makanan dan minuman, FalaSeni PlaaAstro untuk bidang pendidikan, dan PLaAstro Entertainment untuk bisnis di bidang pertunjukan.
Bagi yang ingin mempercayakan YBUIS untuk membina Individu Spesial, bisa langsung menuju kantor sekretariat YBUIS di Jl. Haji Kurdi Timur IV no. 14, Moh. Toha, Kota Bandung. Atau menghubungi nomor kontaknya di: +6281918191886.