NEWS

Kolaborasi dengan Band Arah, Tencent Rilis Lagu "Be The One" untuk PMPL Indonesia Season 1

en19ma   05 Mar 2020
Kolaborasi dengan Band Arah, Tencent Rilis Lagu "Be The One" untuk PMPL Indonesia Season 1

Menyambut gelaran PUBG Mobile Pro League (PMPL) Indonesia, Tencent Games membuat lagu tema yang akan mengiringi serunya kompetisi sengit antar tim PUBG Mobile terbaik se-Indonesia. Bertajuk "Be The One," lagu ini mewakili semangat untuk berkompetisi dari para peserta yang bertanding untuk menjadi yang terbaik, menjadi nomor satu.

Untuk pembuatan lagu tema ini, Tencent Games berkolaborasi dengan band Arah, sebuah band lokal yang juga sempat mengisi soundtrack film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). Band ini diisi oleh sosok-sosok selebriti yang sudah cukup ternama di dunia entertainment Indonesia. Mereka adalah aktor Roy Sungkono yang mengisi bagian Lead Vocal, musisi Gilbert Pohan sebagai pemain Bass dan Backing Vocal, aktor Tanta Ginting sebagai pemain Gitar dan Backing Vocal, serta news anchor Azizah Hanum sebagai pemain Drum.


Band Arah saat melakukan shooting MV “Be The One”

Pada saat proses shooting Music Video (MV) Be The One, band Arah sempat berbincang-bincang mengenai kerjasama tersebut, serta proses kreatif dalam pembuatan lagu tema PUBG Mobile Pro League Indonesia 2020. Band Arah mengaku sangat bersemangat ketika diajak untuk mengisi lagu bagi salah satu game Battle Royale terpopuler di Indonesia ini. "Jadi pengisi musik untuk game yang biasa gue mainin, itu rasanya kaya nggak kepikiran sama sekali. Apalagi gue juga memang gamers sedari dulu. Rasanya, seperti mimpi jadi nyata ketika musik yang gue mainin menjadi soundtrack untuk game seperti PUBG Mobile," ucap Roy Sungkono, sang lead vocal.

Lebih lanjut, band Arah lalu bercerita soal proses dan inspirasi pembuatan musik Be The One. Satu hal yang menarik adalah pada saat Tanta Ginting bercerita, bahwa proses pengerjaan lagu Be The One, baik lirik mau pun aransemen, ternyata hanya berlangsung dalam durasi dua minggu saja. "Ketika diajak Tencent Games untuk membuat lagu tema PUBG Mobile Pro League, gue langsung semangat sontak bilang ‘AYO!' Padahal, ketika itu, gue belum bilang ke teman-teman band Arah lainnya. Setelahnya, kami diberitahu waktunya cuma dua minggu, tambah kaget lagi gue! Jadi, nggak lama-lama, gue langsung kasih tahu ke teman-teman, dan mereka ternyata juga langsung ikut excited ketika diberi tahu soal ini."

Gilbert yang banyak menyumbang lirik dan aransemen lagu Be The One lalu mengatakan bahwa dirinya mengerjakan semua lagu tersebut dari Jogja, bahkan baru sampai Jakarta berselang satu hari sebelum melakukan proses shooting MV Be The One. "Ketika dikasih tahu Tanta, bahwa kami dapat project ini, dan waktunya cuma dua minggu, gue langsung semangat, karena gue merasa ketika terdesak waktu seperti ini, jiwa kreatif gue langsung keluar semua. Prosesnya mengalir begitu aja, gue membayangkan seperti lagi sedang main PUBG. Lalu, setiap menemukan inspirasi, langsung gue rekam sedapatnya pakai voice note, lalu kirim ke temen-temen. Jadinya, proses mulai dari demo, workshop, sampai jadi full satu musik mungkin nggak sampai dua minggu, malah cuma sekitar satu minggu lebih sedikit," ucap Gilbert.

 
 
 
View this post on Instagram

Chicken Dinner dulu lah... . . . #VisinemaMusic #ArahMusic #seARAH

A post shared by Arah Music (@arah.music) on

Pada salah satu bagian lagu Be The One, ada teriakan Winner-Winner Chicken Dinner yang membakar semangat para pemain PUBG Mobile. Terkait hal tersebut, Azizah menceritakan asal muasal terciptanya bagian tersebut. "Dalam proses pembuatan lagu ini, kita sampai harus workshop [dalam] 3 hari berturut-turut selama 6 sampai 7 jam. Jujur, awalnya gue agak buta sama PUBG. Jadi, gue bertanya ke Roy dan Tanta soal istilah-istilah di PUBG. Sampai akhirnya kami masukkan istilah-istilah tersebut di dalam lagu, seperti ‘take your best shot,’ ‘final zone closing.’ Soal Winner-Winner Chicken Dinner itu muncul gara-gara gue sering banget mendengar Roy dan Tanta teriak kata-kata itu. Jadinya, pada satu bagian lagu, saat tempo musik melambat, gue teriak aja ‘Winner-Winner Chicken Dinner!’ Terus, akhirnya semua setuju, dan itu jadi bagian dari lagu."

Be The One akan menjadi theme song dari gelaran PUBG Mobile Pro League Indonesia 2020. Liga PUBG Mobile pertama di Indonesia ini akan memperebutkan hadiah sebesar US$ 150.000 (sekitar Rp 2,2 miliar), babak Regular Season akan diselenggarakan mulai dari tanggal 6 Maret 2020 sampai 29 Maret 2020 mendatang, dan diselenggarakan secara offline di Studio Sepat 72, Pasar Minggu, Jakarta. 24 tim peserta PUBG Mobile Pro League Indonesia 2020 akan bertanding untuk memperebutkan slot 16 besar untuk bertanding di gelaran puncak PUBG Mobile Pro League Indonesia 2020 yang akan diselenggarakan pada tanggal 4 sampai 5 April 2020 mendatang.

Terkait kolaborasi ini, Agung Chaniago selaku PUBG Mobile Esports Manager Indonesia juga turut memberikan komentarnya. “Kolaborasi ini bertujuan sebagai bukti bahwa PUBG Mobile mendukung seluruh kreativitas [dari] para penggunanya. Personil band Arah merupakan pemain PUBG Mobile juga. Berangkat dari sana, kami akhirnya memutuskan untuk melakukan kolaborasi ini. Theme song PMPL Indonesia 2020 buatan Arah yang bertajuk Be The One ini sangat bagus. Menurut saya, lagu ini mewakili perjalanan para esports player yang ingin mengejar mimpinya menjadi juara. Kombinasi musik dan suara in-game memberikan makna yang sangat kuat, khususnya bagi para gamers dan pecinta musik di Indonesia.”


Band Arah dan tim produksi saat mengakhiri proses shooting MV “Be The One”

Mengakhiri percakapan, Tanta Ginting mewakili Band Arah lalu memberikan sedikit harapannya atas lagu yang telah mereka ciptakan untuk PUBG Mobile Pro League 2020. "Semoga semua pemain PUBG Mobile suka sama lagunya, dan bisa menjadi anthem song di berbagai momen kehidupan kalian, entah ketika sedang bermain PUBG Mobile atau pada kehidupan sehari-hari," tutupnya.

Jadilah saksi atas perjuangan 24 tim dalam memperjuangkan gelar juara PUBG Mobile Pro League Indonesia Season 1 Regular Season melalui platform resmi Facebook PUBG Mobile Indonesia, https://www.facebook.com/PUBGMOBILE.ID.OFFICIAL/, dan PUBG Mobile Esports Indonesia, https://www.facebook.com/PUBGMesportid/.

Untuk mengetahui informasi terbaru mengenai PUBG Mobile Pro League Indonesia Season 1, kalian dapat mengaksesnya melalui akun Instagram resmi PUBG Mobile, https://www.instagram.com/pubgmobile_id/, https://www.instagram.com/pubgmobile.esports.id/, dan akun Instagram resmi Mineski Global Indonesia, https://www.instagram.com/mineskiesports.id/.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top