REVIEW

Kocak & Serunya Berlari bersama Banana Kong!

Andy Chan   07 Apr 2020
Kocak & Serunya Berlari bersama Banana Kong!

Malapetaka bisa terjadi kapan saja, namun malapetaka yang satu ini mungkin tidak akan diduga oleh si Banana Kong. Kumpulan kulit pisang yang sudah ditimbun oleh si Banana Kong ternyata sudah mencapai taraf berlebihan, akibatnya sedikit kesalahan saja, membuat gundukan kulit pisang tersebut pun roboh bersama dengan pisang-pisang di sekitarnya. Akibatnya, bukan tanah longsor, melainkan pisang longsor yang siap menimbun Banana Kong sampai tewas! Bisakah dia melarikan diri dari kejaran pisang longsor? Itulah tema yang dibawakan oleh game buatan FDG Entertaniment, Banana Kong!

Seru dan Kocak

Banana Kong adalah sebuah game endless runner yang seru dan kocak, di mana pemain berperan sebagai si Banana Kong yang mencoba melarikan diri dari pisang longsor yang tidak ada habisnya itu. Sepanjang perjalanan, ada banyak rintangan yang siap menjegalnya, baik itu batu yang menghalang, buaya yang siap menerkam, dan lain sebagainya. Berhubung jiwa game ini adalah endless runner, pasti kalian akan gagal suatu saat, baik secara bodoh ataupun secara epik.

Otomatis Berlari

Si Banana Kong akan secara otomatis berlari ke arah kanan, dan tugas pemain adalah untuk mengendalikannya dengan menggunakan beberapa buah fungsi layar sentuh. Ketuk layar untuk menyuruhnya melompat, swipe ke bawah untuk menyuruhnya turun dari platform atas ke bawah, tahan sentuhan di layar untuk menyuruhnya melakukan gliding menggunakan daun, dan terakhir, swipe ke kanan untuk melakukan boost apabila boost meter sudah penuh.

Mengumpulkan Pisang

Tujuan permainan adalah untuk berlari sejauh mungkin serta mengumpulkan pisang sebanyak-banyaknya. Dengan mengumpulkan pisang ini, selain berfungsi sebagai mata uang in-game, juga berfungsi sebagai pengisi meteran boost yang dimiliki oleh Banana Kong.

Fungsi Boost

Meskipun pada dasarnya fungsi Boost ini adalah untuk menyuruh Banana Kong melakukan dash ke depan dan menghancurkan rintangan, namun ada fungsi lain darinya. Fungsi tersebut adalah untuk memasuki sebuah lokasi lain, seperti menerobos ke dalam goa, masuk ke dalam pipa, dan lain sebagainya yang akan merubah lokasi permainan. Uniknya, ketika berada di dalam air, si Banana Kong tidak lagi berlari, dan akan berenang.

Game Over

Apabila pemain menabrak sebuah rintangan, maka dia akan mengalami game over. Pemain bisa melakukan continue dengan cara membayarkan Hati, namun ingat, Hati ini adalah barang premium yang hanya bisa dibeli dengan menggunakan uang asli (atau menonton iklan).

Artwork yang Membuat Tertawa

Salah satu hal yang paling menarik dari Banana Kong adalah artwork kartunnya yang kocak dan bisa membuat tertawa. Gaya Banana Kong ketika berlari, melompat, hingga menabrak rintangan itu terlihat sangat bodoh dan mengundang tawa. Bahkan apabila pemain mengalami game over, game-nya akan memberikan sebuah ilustrasi kocak yang merepresentasikan kejadian ketika dia tewas, seperti pingsan menabrak batu, atau dimakan buaya. Pisang yang sudah dikumpulkan oleh pemain juga bisa digunakan untuk melakukan kustomisasi pada si Banana Kong seperti memberikannya berbagai macam topi dan parasut.

Gratisan yang Menyenangkan

Meskipun dihadirkan secara free-to-play, namun Banana Kong sangatlah menyenangkan untuk dimainkan. Tidak ada sistem stamina, tidak ada kebutuhan online sehingga iklan pun bisa sirna, bahkan hampir semua kustomisasi dan upgrade bisa dibeli dengan melakukan grinding. Beberapa hal yang wajib dibeli menggunakan uang asli hanyalah bonus Premium macam bonus pisang, menghilangkan iklan, serta Lucky Charm untuk menghidupkan kembali apabila terjadi game over.

Dengan level yang digenerasikan secara random, sehingga setiap kali main, pemain akan menemukan level yang unik, Banana Kong adalah game yang menyenangkan dan menghibur hati. Pastikan kalian mencoba Banana Kong!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top