REVIEW

Berlanjutnya Kisah Karen Aijo & Hikaru Kagura dalam Revue Starlight ReLIVE!

Andy Chan   13 May 2019
Berlanjutnya Kisah Karen Aijo & Hikaru Kagura dalam Revue Starlight ReLIVE!

Let's aim for Top Star! Waktu mereka kecil, Karen Aijo dan Hikaru Kagura berjanji bahwa mereka akan berdiri bersama di panggung Starlight, sebuah venue menyanyi dan menari yang paling tenar di dunia. Meskipun mereka sempat berpisah, namun mereka pun bertemu kembali di Seisho Music Academy dan mereka pun bertanding audisi untuk bisa masuk ke Revue Starlight. Itulah latar belakang kisah Shoujo Kageki Revue Starlight, yang sudah dijadikan anime di tahun 2018 kemarin oleh Kinema Citrus.

Hadirnya Revue Starlight ReLIVE di Mobile

Sebagai sebuah kelanjutan dari animenya, game Revue Starlight ReLIVE persembahan dari Bushiroad dan Ateam ini, ceritanya pun langsung bersambung dari akhiran anime-nya. Namun jangan khawatir, karena kalian tidak perlu menjadi fans untuk bisa menikmati serunya permainan RPG Revue Starlight ReLIVE ini di mobile.

Game RPG bercitarasa Drama Panggung

Pada dasarnya, Revue Starlight ReLIVE adalah sebuah game RPG di mana pemain menyusun tim-nya untuk mengalahkan lawan. Namun uniknya, game RPG ini tidaklah bertemakan petualangan membela dunia seperti pada umumnya game RPG Jepang, melainkan adalah sebuah drama panggung, di mana pementasannya dibuat seolah-olah seperti sebuah pertarungan RPG. Tapi secara garis besar, game ini tetap RPG.

Pertarungan RPG Turn Based

Dalam Revue Starlight ReLIVE, pemain menyusun tim yang terdiri dari Stage Girls untuk dibawa bertarung. Selain menentukan tim yang terdiri dari 5 Stage Girls, pemain juga akan menentukan Revue Song sebagai background pertarungan. Revue Song ini memiliki efek-efek khusus yang membantu pertarungan. Pertarungan terjadi secara turn-based, di mana pemain memilih langkah yang dilakukan di setiap turn-nya. Pemain bisa memilih beberapa langkah sekaligus, dan begitu pemain menyentuh tombol "Start", maka pertarungan melawan musuh akan terjadi secara simultan.

Ada beberapa hal khusus yang bisa dilakukan selama bertarung, seperti mengeluarkan skill, serta menggunakan Climax. Climax ini adalah super move yang memiliki cutscene sangat keren, di mana Stage Girls kalian bisa diperlihatkan secara close-up mengeluarkan jurusnya.

Pertarungan Auto

Apabila kalian tidak ingin berpikir dalam menjalankan pertarungan game ini, tersedia juga tombol Auto yang akan membuat permainan berjalan sendiri secara otomatis tanpa campur tangan pemain.

Story Mode yang Menarik

Bagi penggemar Anime Revue Starlight, Story Mode ini adalah kisah yang wajib diikuti, karena ceritanya adalah sambungan dari anime-nya sendiri. Dan meskipun kalian tidak mengikuti anime-nya, kisah Karen Aijo dan Hikaru Kagura di game ini pun tetap menarik untuk disimak karena ada tambahan 15 karakter baru yang tidak ada di anime-nya yang membuat cerita tetap fresh.

Animasi dan Voice Work yang Otentik

Yang keren dari game Revue Starlight ReLIVE adalah keberadaan lagu-lagu dari anime-nya dengan vocal yang otentik, lengkap dengan karakter-karakter Revue Starlight yang disuarakan dalam bahasa Jepang oleh para pengisi suara aslinya dari anime Revue Starlight. Pertarungan disajikan secara 3D, lengkap dengan animasi dramatis para Stage Girls yang unik dan menawan, ditambah dengan hidupnya cerita ala visual novel dengan fitur Live2D, menjadikan Revue Starlight ReLIVE merupakan translasi yang benar-benar sempurna dari anime ke game.

Gratis, tapi Kompleks dan Mendalam

Seperti biasanya game-game mobile berlisensi anime, Revue Starlight ReLIVE yang hadir secara free-to-play ini mewajibkan pemainnya untuk senantiasa online dan menggunakan sistem stamina. Namun game ini ternyata cukup kompleks, dengan sistem upgrade Stage Girls yang mendalam dan berbagai macam susunan tim yang bisa diubah sesuai selera. Tentu saja, untuk bisa mendapatkan Stage Girls, pemain harus melakukan Gacha, sehingga kurang lebih ya harus untung-untungan serta bijak dalam menghabiskan mata uang premium. Jangan khawatir, kalau kekurangan mata uang premium Star Gems karena game-nya menyediakan mikrotransaksi untuk membeli Star Gems, pembelian pack, dan lain sebagainya.

Bagi penggemar Revue Starlight, game Revue Starlight ReLIVE ini sangat wajib untuk dimainkan, secara game-nya melanjutkan kisah anime-nya, dan senantiasa di-update oleh Ateam. Satu hal yang perlu dicatat adalah kebutuhan Internet yang cukup besar, sehingga sebaiknya memainkan game ini menggunakan WiFI apabila kalian tidak ingin mobile data kalian habis.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top