NEWS

Kioxia & Western Digital Umumkan Hasil Pengembangan Memori Flash 3D Generasi ke-6 Terbaru

en19ma   01 Mar 2021
Kioxia & Western Digital Umumkan Hasil Pengembangan Memori Flash 3D Generasi ke-6 Terbaru

Per 25 Februari 2021 lalu, Kioxia Corporation dan Western Digital Corp. (NASDAQ: WDC) mengumumkan hasil pengembangan teknologi memori flash 3D generasi keenam yang memiliki 162 lapisan, dimana hal ini menandai pencapaian berikutnya dalam 20 tahun kemitraan usaha bersama dari kedua perusahaan. Teknologi memori flash 3D generasi keenam ini menghasilkan densitas yang tertinggi sepanjang sejarah perusahaan dan menjadikannya sebagai teknologi tercanggih hingga saat ini, yang memanfaatkan berbagai inovasi teknologi dan manufaktur.

“Melalui kemitraan kami yang kuat dan telah berlangsung selama dua dekade ini, Kioxia dan Western Digital telah berhasil menciptakan kapabilitas yang tak tertandingi di bidang manufaktur dan R&D,” kata Masaki Momodomi, Chief Technology Officer, Kioxia. “Bersama-sama, kami menghasilkan lebih dari 30 persen [Sumber: Survei Kioxia per 18 Februari 2021.] bit memori flash dunia dan tetap kokoh pada misi kami untuk memberikan kapasitas, kinerja, dan keandalan yang luar biasa dengan biaya yang terjangkau. Masing- masing dari kami berperan [dalam] memberikan nilai tambah pada berbagai aplikasi yang berpusat pada data, mulai dari elektronik pribadi hingga pusat data serta aplikasi baru yang menggunakan jaringan 5G, kecerdasan buatan, dan sistem otonom.”

Lebih dari Sekedar Penskalaan Vertikal - Arsitektur Baru Memanfaatkan Inovasi Baru

“Saat Hukum Moore mencapai batas fisiknya di seluruh industri semikonduktor, ada satu tempat dimana Hukum Moore melanjutkan relevansinya - hanya dalam sekejap,” kata Dr. Siva Sivaram, Presiden Teknologi & Strategi, Western Digital. “Untuk melanjutkan kemajuan teknologi ini dan memenuhi permintaan data di dunia yang terus meningkat, [maka] pendekatan baru untuk penskalaan memori flash 3D menjadi sangat penting. Melalui pembaharuan generasi ini, Kioxia dan Western Digital memperkenalkan inovasi dalam penskalaan vertikal dan lateral untuk mencapai kapasitas yang lebih besar dalam cetakan yang lebih kecil dengan lapisan yang lebih sedikit. Inovasi ini pada akhirnya dapat memberikan kinerja, keandalan, dan efisiensi biaya sesuai [dengan] kebutuhan pelanggan.”

Memori flash 3D generasi keenam ini memiliki arsitektur yang lebih canggih dari memory hole dengan susunan konviensional 8-stagger dan mencapai kepadatan sususan sel lateral hingga 10 persen lebih besar jika dibandingkan dengan teknologi generasi kelima. Kemajuan penskalaan lateral ini, dikombinasikan dengan 162 lapisan memori vertikal yang ditumpuk, telah memungkinkan pengurangan ukuran cetakan sebesar 40 persen jika dibandingkan dengan teknologi penumpukan 112 lapisan, sehingga dapat mengefisiensikan biaya.

Tim Kioxia dan Western Digital juga menerapkan penempatan CMOS Circuit Under Array dan operasi empat mesin yang dapat memberikan peningkatan hampir 2,4 kali kinerja program dan peningkatan 10 persen dalam latensi baca jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Kinerja I/O juga meningkat sebanyak 66 persen, yang membuat generasi antarmuka berikutnya dapat mendukung peningkatan permintaan akan kecepatan transfer yang lebih cepat.

Secara keseluruhan, teknologi memori flash 3D baru mengurangi biaya per bit, serta meningkatkan bit yang diproduksi per wafer hingga 70 persen, jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Kioxia dan Western Digital terus berupaya mendorong inovasi untuk memastikan penskalaan yang berkelanjutan guna memenuhi kebutuhan dari pelanggan dan beragam aplikasi mereka.

Perusahaan merincikan inovasi terkait presentasi bersama ini di acara ISSCC 2021 per 25 Februari 2021 lalu.

Tentang Kioxia

Kioxia adalah pemimpin pasar dunia untuk solusi memori, yang didedikasikan untuk pengembangan, produksi, dan penjualan memori flash dan solid-state drive (SSD). Pada April 2017, perusahaan pendahulunya yakni Toshiba Memory tidak tergabung lagi dalam Toshiba Corporation, perusahaan yang menemukan memori flash NAND pada tahun 1987. Kioxia berkomitmen untuk mengangkat dunia sebagai pelopor solusi, layanan, dan sistem memori mutakhir yang menjadi pilihan bagi pelanggan dan memberikan nilai bagi masyarakat. Teknologi memori flash 3D inovatif Kioxia, BiCS FLASH, membentuk masa depan bagi penyimpanan data dalam aplikasi yang berdensitas tinggi, termasuk smartphone canggih, PC, SSD, otomotif, dan pusat data.

Tentang Western Digital

Western Digital menciptakan lingkungan untuk berkembangnya data. Sebagai perusahaan infrastruktur pusat data yang terdepan, mereka membantu pelanggan untuk menangkap, menjaga, mengakses, dan mengubah keragaman data yang semakin meningkat. Di mana pun posisi data berada, mulai dari pusat data canggih hingga sensor seluler, sampai ke perangkat pribadi, solusi terdepan dari perusahaan mampu untuk menjawab kemungkinan akan data. Solusi data-sentris Western Digital terdiri dari merek dagang Western Digital, G-Technology, SanDisk, dan merk WD.

© 2021 Kioxia Corporation atau afiliasinya. Seluruh hak cipta.
© 2021 Western Digital Corporation atau afiliasinya. Seluruh hak cipta.

Western Digital dan logo Western Digital adalah merek dagang terdaftar atau merek dagang dari Western Digital Corporation atau afiliasinya di AS dan / atau negara lain. Semua nama perusahaan, nama produk, dan nama layanan lainnya mungkin merupakan merek dagang dari masing-masing perusahaan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top