TIPS TRIK

Kini, Lebih Hemat Kuota untuk Akses Twitter! Inilah Caranya!

en19ma   03 May 2017
Kini, Lebih Hemat Kuota untuk Akses Twitter! Inilah Caranya!

Twitter merilis versi ringannya, yang dinamakan Twitter Lite, pada bulan lalu. Layanan ini diklaim lebih hemat kuota mau pun data sehingga lebih mempermudah para penggunanya untuk mengakses situs microblogging yang bermarkas di San Francisco (California, AS) tersebut.

Begitulah, berbeda dengan layanan serupa milik Facebook yang tampil dalam aplikasi mobile terpisah, Twitter Lite tampil lebih ringkas dalam bentuk situs, tanpa adanya sebuah aplikasi mobile. Meski begitu, layanan ini tetap bisa dimunculkan pada home screen (laman utama) ponsel pengguna.

Nah, jika ingin menampilkan Twitter Lite pada laman utama ponsel, pengguna hanyalah perlu merelakan memorinya sedikit. Kurang dari 1MB, kok. Twitter mengklaim layanan ini dapat menghemat kuota mau pun data hingga 70 persen, dan lebih cepat 30 persen dalam hal pemuatan konten.

Berikut adalah cara untuk memunculkan shortcut (akses singkat) menuju Twitter Lite.

Hal pertama yang dilakukan, kalian harus mengakses https://mobile.twitter.com/ di browser ponsel atau tablet, baik yang berplatform Android mau pun iOS. Kemudian, lakukan login dengan menggunakan akun Twitter yang sudah dimiliki sebelulmnya.

Lalu, lakukan tap pada gambar profil kalian. Saat dimunculkannya sejumlah opsi, pilihlah pengaturan "Data saver." Setelah "Data saver" diaktifkan, konten gambar dan video akan memburam (blur) yang bertujuan untuk menghemat data. Dan, akan muncul tulisan "Load image" atau "Load video" pada setiap gambar mau pun video yang ditampilkan.

Jangan langsung merasa cemas, karena kalian tetap akan bisa melihat gambar-gambar di Twitter dengan jelas jika tulisan "Load image" atau "Load video" tadi diklik. Hal ini dimaksudkan agar kalian bisa memilih untuk melihat gambar atau video yang diinginkan saja, sementara gambar dan video lain tetap tampil buram.

Nah, untuk menempatkan shortcut Twitter Lite di layar utama ponsel pun mudah. Untuk pengguna Android, lakukan tap pada tombol menu milik browser Chrome. Di sana, kalian akan melihat opsi untuk menambahkan shortcut menuju https://mobile.twitter.com/ (Twitter Lite) ke layar utama.

Sementara untuk para pengguna iOS juga tidak bakal jauh berbeda. Setelah berhasil mengakses tautan https://mobile.twitter.com/ melalui browser Safari, klik pada menu "Share" yang ada di bagian bawah layar. Lantas, pilihlah opsi "Add to Home Screen."

Maka, shortcut menuju Twitter Lite pun akan dimunculkan pada laman utama ponsel kalian. Tapi, yang perlu untuk diingat, karena layanan ini sejatinya merupakan versi ringan dari Twitter, tidak semua fitur juga akan ada di Twitter Lite. Salah satunya yang tercatat adalah live streaming.

Meski beberapa fitur absen di Twitter Lite, layanan ini setidaknya bisa menjadi pilihan alternatif bagi para pengguna yang ingin lebih berhemat kuota kuota mau pun data demi mengakses internet melalui ponsel mereka. Selamat mencobanya di smartphone kalian, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top