REVIEW

Kingdom, Sebuah Serial Period Drama Korea dengan Setting Zombie yang Menggigit

Andy Chan   06 Feb 2019
Kingdom, Sebuah Serial Period Drama Korea dengan Setting Zombie yang Menggigit

Jika kita menyebutkan serial Korea, biasanya yang terbayang adalah kisah komedi atau drama. Namun serial Korea yang satu ini bukanlah komedi ataupun drama. Serial drama periode yang mengambil setting di jaman Joseon ini mengisahkan mengenai seorang pangeran yang sedang menyelidiki mengenai penyakit apa yang menimpa sang ayah raja nya. Namun kenyataannya jauh dari apa yang dia bayangkan, karena sepanjang perjalanannya, sang pangeran akan bertemu dengan monster horor yang mengerikan. Itulah serial Korea yang bisa kalian nikmati di ponsel pintar kalian via Netflix yang berjudul Kingdom.

Sekilas mengenai Serial Kingdom

Serial Korea Kingdom yang ditulis oleh Kim Eun-hee (Signal) ini sebenarnya adalah adaptasi dari webcomic berjudul The Kingdom of the Gods karyanya sendiri yang diilustrasikan oleh Yang Kyung-il. Adaptasi ini disutradarai oleh Kim Seong-hun yang juga dikenal dengan film How the Lack of Love Affects Two Men dan Hard Day didukung dengan bintang film yang cukup terkenal, seperti Ju Ji-hoon (Princess Hours) sebagai sang pangeran, Ryu Seung-ryong (Psychokinesis) sebagai Jo Hak jo, dan Bae Doo-na (Cloud Atlas) sebagai Seo-bi.

Kisah Perjalanan sang Pangeran menguak Misteri

Di jaman Korea kuno, tepatnya di periode Joseon, sebuah kabar burung telah beredar bahwa sang raja telah meninggal. Hal ini menyebabkan keresahan pada masyarakat dan berbagai pihak pun ingin memanfaatkannya dalam perebutan tahta. Sang pangeran pun terpanggil untuk menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi, dan perjalanannya itu membawanya hingga menemukan sebuah wabah misterius yang menyerang negaranya. Dan yang dia temukan bukanlah hal biasa, karena wabah tersebut adalah wabah zombie. Bisakah sang pangeran menemukan solusi untuk menghentikan wabah zombie ini?

Zombie yang Lebih Mirip Vampir China

Satu hal yang membedakan zombie-zombie dalam Kingdom dengan zombie di film barat adalah masa aktif dari zombie tersebut sendiri. Para zombie tidaklah aktif di siang hari, dan mereka akan tampak seperti mayat biasa saja. Tapi begitu matahari terbenam, mereka pun bangkit dan menyerang serta memakan manusia yang ada di sekitarnya. Mirip dengan Jiangshi atau mayat hidup atau vampir China kan?

Kisah Zombie yang Penuh Intrik

Mungkin pada awalnya, penonton akan kesulitan mengidentifikasikan siapa dan siapa dalam film ini. Namun seiring dengan berjalannya cerita dalam 6 episode ini, penonton akan bisa melihat bagaimana kejadian-kejadian tersebut bergulir secara cepat dan membuat penasaran. Yang paling menarik dari serial ini adalah bagaimana hubungan antara aspek para anggota kerajaan dan para zombies yang semakin lama semakin tereskalasi.

Akhiran yang Membutuhkan Season 2

Mungkin kalian berpikir, apakah 6 episode cukup untuk sang pangeran menyelesaikan seluruh misteri mengenai wabah zombie tersebut. Dan jawabannya adalah, kalian akan menemukan kenyataan yang mengerikan serta membutuhkan season 2 dari serial ini. Well, jangan khawatir, karena season 2 nya akan mulai shooting per Februari 2019 ini, jadi bersiaplah menunggu ya!

Sebenarnya film zombie bukanlah hal baru dari Korea Selatan, karena sebelumnya pun kalian pasti sudah melihat film zombie mereka yang berjudul Train to Busan atau film animasi Seoul Station. Namun Kingdom berhasil menampilkan jaman Korea kuno yang penuh dengan kisah kerajaan, dikawinkan dengan genre zombie sampai menghasilkan periode drama yang menarik dan benar-benar intens. Satu hal yang pasti, sinematografi di jaman Korea kuno yang ditampilkan dalam Kingdom ini benar-benar menawan!

Apabila kalian ingin tahu bagaimana para manusia jaman kuno bertahan hidup dalam serangan zombie, Kingdom adalah salah satu tontonan yang wajib disimak.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top