TIPS

Keyboard Android Error? Begini Solusinya

Dwi K   28 Sep 2018
Keyboard Android Error? Begini Solusinya

Keyboard merupakan aplikasi bawaan yang sangat esensial dan peting di dalam sebuah sistem smartphone. Sebagian besar aplikasi yang digunakan membutuhkan keyboard, mulai dari untuk mengetik kata-kata, mencari, hingga memilih sebuah command. Jadi bisa dibayangkan jika keyboard smartphone adnroid kita rusak atau error, tentu sangat merepotkan.

Biasanya Error atau kerusakan keyboard itu berasal dari sistem karena hampir semua smartphone sudah menggunakan touch scree. dan tidak menggunakan keyboard fisik lagi.

Error yang terjadi biasanya seperti Keyboard tidak muncul, stop working, force close, tidak respond, dan masih banyak lainnya.

Nah kali ini kita akan membahas bagaimana solusi keyboard yang error

Restart Handphone

Seperti biasa, solusi pertama dari smartphone rusak adalah restart handphone mu agar sistem bisa boot ulang semua program dan aplikasi dari awal dan tentunya memperbaiki jika ada error di dalam sistem tersebut. Error disini tidak hanya untuk aplikasi bawaan, namun bisa juga untuk aplikasi-aplikasi lain bahkan untuk sistem itu sendiri.

Delete Cache

Sebenarnya terkadang keyboard error bukanlah kesalahan full aplikasinya yang error, bisa saja cache dari keyboard tersebut sudah penuh atau menumpuk dan perlu dibersihkan. Tentu cara paling mudah adalah menghapus cachenya melalui settings. Cukup masuk ke menu Settings lalu pilih aplikasi lalu pilih keyboard. Disini kita tinggal memilih Hapus Cache dan cache dari keyboard akan terhapus.

Setelah itu kita bisa mencoba kembali dan biasanya keyboard akan berfungsi seperti biasa.

Clear Data Keyboard

Jika memang clear cache tidak menyelesaikan masalah, maka langkah selanjutnya adalah Clear Data keyboard. Clear data disini bukan berarti menghapus, hanya merubah settingan kembali agar kembali ke pengaturan awal. Kerusakan sistem keyboard bisa diakibatkan adanya settingan yang tidak pas dari android tersebut, jadi mengubah kembali settingan kembali ke awal biasanya akan memperbaiki kerusakan tersebut.

Cara menghapus data keyboard adalah masuk ke Menu Settings lalu pilih Aplikasi (atau Apps pada beberapa OS) lalu pilih Keyboard yang kita gunakan. Jika sudah masuk, maka pilih Clear data yang biasanya terletak disebelah Clear Cache.

Force Close

Cara selanjutnya jika keyboard kita belum bisa digunakan adalah force close. Force close akan memberhentikan aplikasi secara pakse sehingga semua service akan berhenti pula. Setelah itu aplikasi akan di restart kembali jika kita menggunakannya lagi. Restart dari awal ini yang kita inginkan agar semua error bisa diperbaiki.

Cara melakukan Force Close mirip seperti membersihkan cache atau data, Masuk ke menu Settings lalu pilih Aplikasi. Setelah itu Pilih Keyboard dan setelah masuk pilih Force Close.

Download Aplikasi Keyboard Alternatif

Hal ini memang pilihan terakhir jika memang semua solusi sudah digunakan dan keyboard kita tetap bermasalah atau Error. Sebenarnya hal ini dapat diperbaiki dengan merstart ulang handphone kita atau Factory reset. Namun hal ini dirasa terlalu berlebihan mengingat semua aplikasi dan data kita akan terhapus, sementara masih ada alternatif pengganti yang lebih mudah.

Banyak sekali alternatif pilihan keyboard selain keyboard bawaan OS yang tersedia di Google Play. Gboard dari google bisa dijadikan alternatif jika memang harus sampai mengganti keyboard. alternatif lainnya bisa dilihat di section Productivity pada Google Playstore

Keyboard Error memang menyebalkan, namun dengan artikel ini semoga dapat membantu.

Apakah ada masalah android lain yang ingin dibahas? atau ingin menyanggah artikel diatas?

Komentar di bawah ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top