REVIEW

Ketchapp Tantang Kemampuan Susun Balokmu dalam Stack

Andy Chan   13 Jan 2019
Ketchapp Tantang Kemampuan Susun Balokmu dalam Stack

Dunia sepertinya tidak akan pernah kehabisan game-game buatan Ketchapp. Studio game yang ada di bawah naungan Ubisoft Mobile ini memang sudah memiliki banyak sekali game untuk mobile seperti Space Frontier, Fruit Master, Horizon, Flippy Race, dan sebagainya. Salah satu game buatan Ketchapp yang kali ini dibahas adalah Stack.

Sebuah Game Menumpuk Balok (Stacking) yang Menantang

Stack, sesuai dengan judulnya, adalah sebuah game di mana pemain bertugas untuk menumpukkan balok-balok setinggi mungkin. Semakin tinggi pemain menyusun dan menumpukkan balok tersebut, semakin tinggi juga skor yang didapatkannya. Tantangan kepada pemain adalah untuk menyusun balok-balok tersebut setinggi mungkin sebelum akhirnya gagal menaruh dan akhirnya terjadi game over.

Cara Memainkan dengan Satu Jari saja

Kendali pemain pada permainan Stack ini sebenarnya cukup minim, di mana pemain cukup menyentuh layar untuk menaruh balok tepat di atas balok yang ada. Balok tersebut akan bergeser ke atas dan ke bawah arah 45 derajat secara terus menerus, dan pemain harus menyentuh layar tepat di saat balok tersebut berada di atas balok sebelumnya.

Timing untuk meletakkan balok tersebut sangat kritis, karena apabila pemain gagal menumpukkan balok tersebut tepat di atas balok sebelumnya secara sempurna, maka bagian dari balok yang menjulur keluar dari balok sebelumnya tersebut akan runtuh dan jatuh ke bawah. Secara efektif, ini membuat balok-balok yang bisa disusun di atasnya menjadi semakin kecil.

Tentu saja, dengan semakin kecilnya balok yang bisa disusun ke atas ini membuat timing menaruh baloknya menjadi lebih sulit dan sekaligus membuat permainan lebih susah. Pemain akan terus menyusun balok-balok yang semakin kecil tersebut sampai menjulang tinggi ke atas, dan akhirnya sampai pemain gagal menyusun balok di atas balok sebelumnya yang pastinya akan terjadi apabila ukuran baloknya sudah sangat minim. Selain mendapatkan skor setelah pemain mencapai game over, mereka juga akan diberikan reward berupa diamond.

Misi yang Dinamis

Pada dasarnya, game Stack ini tidaklah memiliki akhiran, karena pemain senantiasa ditantang untuk menyusun balok setinggi mungkin. Namun game-nya juga memberikan berbagai macam misi untuk diselesaikan, misalnya mendapatkan sejumlha skor dalam satu game. Misi ini dinamis dan akan berubah setelah pemain menyelesaikannya.

Grafis 3D yang Minimalis

Stack tampil secara minimalis dalam lingkungan 3D, meskipun tidak menggunakan background apa-apa dan hanya tampil dengan warna saja. Meskipun begitu, tampilan para balok yang semakin lama semakin mengecil dan membuat susunannya menjadi bagaikan sebuah kerucut itu justru pada akhirnya akan menjadikan kumpulan balok yang sudah ditumpuk tersebut menyerupai sebuah gedung pencakar langit.

Kustomisasi Skin yang Menarik

Selain itu, pemain juga bisa merubah skin dari balok-balok yang digunakan dalam game agar permainan memiliki variasi yang lebih sedap dipandang. Ada skin Herring yang mirip batu-bata, ada skin Leaf yang mirip daun, dan masih banyak lagi sampai total 43 buah skin untuk didapatkan. Masing-masing skin bisa dibeli seharga 200 diamond.

Free-to-Play dengan Gangguan Iklan

Seperti biasa, Ketchapp pun menghadirkan Stack secara gratis untuk semua orang. Namun sayangnya, game ini benar-benar sarat dengan iklan yang mengganggu. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memainkan game ini secara offline jika ingin bebas iklan. Untuk mendapatkan diamond, pemain tidak bisa membelinya, melainkan harus menonton video iklan. Namun tidak ada mikrotransaksi selain pembelian "lenyapkan iklan" saja.

Game susun-susun balok seperti ini bukanlah barang baru. Sudah banyak game-game sejenis yang menghiasi ponsel pintar seperti Tower Stack, Skyscraper Stack Builder, atau Block Stack Tower. Stack milik Ketchapp ini adalah salah satu saja di antara varian-varian game Stack yang sudah beredar. Apabila kalian sudah sering bermain game bergenre ini, Stack tidak terlalu menawarkan hal baru. Meskipun begitu, tantangan dari Ketchapp ini cukup menarik untuk dijajal.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top