NEWS

Kemkominfo, AGI & Clevio Gelar Ajang Cipta Game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja”

en19ma   01 Apr 2020
Kemkominfo, AGI & Clevio Gelar Ajang Cipta Game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja”

Kuartal awal tahun 2020 ini, dunia dikejutkan dengan pandemi virus Corona Virus Disease (Covid-19) yang penularannya sangat cepat. Berawal di China, virus ini telah menginfeksi lebih dari 100 negara di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Begitulah, di Tanah Air sendiri, data terakhir telah menunjukkan bahwa ada lebih dari 1.000 orang yang terpapar virus ini dan barulah puluhan saja di antaranya yang bisa sembuh.

Hal ini membuat Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memberlakukan kebijakan untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah demi membatasi aktivitas masyarakat dan memutus rantai penyebaran virus ini dengan kampanye #DiRumahAja. Bukan hanya itu, kondisi ini pun telah menimbulkan kekhawatiran tersendiri di berbagai kalangan masyarakat akan dampak yang bisa terjadi jika wabah ini terus berkepanjangan. Namun, sayangnya, menurut survei dari Kantar pada bulan Maret 2020 lalu, tidak sedikit dari mereka yang belum mengetahui apa yang seharusnya dilakukan untuk menghadapi atau mencegah terjadinya penyebaran virus ini.

Salah satu cara untuk meminimalisir penyebaran virus ini adalah dengan menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat. Guna membantu sosialisasi atas hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pun bekerjasama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan Clevio serta didukung oleh Garena siap untuk menggelar ajang cipta game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” yang bisa diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Mengusung tema “Mari Bersama Melawan Covid-19: Hidup Bersih, Sehat, dan Seru,” ajang ini bertujuan untuk membantu sosialisasi menyoal bagaimana caranya untuk melawan, mencegah, dan meminimalisir pandemi ini melalui sebuah media interaktif yang bisa diakses oleh siapa saja, yaitu video game. Diharapkan, video game hasil dari ajang cipta game ini bisa menjadi semacam komplemen dari media konvensional untuk memberikan sosialisasi atas cara-cara pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19 ini.

"Kondisi perang melawan Covid-19 yang kita alami [pada] saat ini membuat masyarakat dihimbau untuk beraktivitas di rumah saja, menjaga jarak dengan orang lain. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden RI, Bapak Jokowi, agar kita segera dapat menahan laju penyebaran yang terinfeksi virus Corona," ungkap Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Untuk mendukung arahan tersebut, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo bekerjasama dengan Asosiasi Game Indonesia dan Clevio Coder Camp menginisasi sebuah ajang cipta karya. Kegiatan ini mengajak generasi muda untuk bersama-sama membuat game di rumah masing-masing sehingga waktu yang dimiliki menjadi terisi dengan penambahan karya dan pengetahuan. Kita harapkan, akan terbentuk komunitas para games maker yang semakin besar, dan secara bersamaan, meningkatkan kesadaran akan hidup sehat, bersih, dan juga seru dalam menghadapi Covid-19," paparnya.

Ajang ini sendiri dibagi menjadi beberapa kategori, Junior (untuk siswa SD, SMP, dan SMA/SMK) dan Mahasiswa/Umum. Masing-masing peserta diharuskan untuk membentuk tim dan bekerjasama selama empat hari untuk menghasilkan sebuah purwarupa game yang bisa dimainkan. Dan, untuk mendukung gerakan #DiRumahAja yang digaungkan oleh pemerintah, semua aktivitas dan komunikasi bakal dilakukan secara online, tanpa harus keluar dari rumah. Masyarakat juga dilibatkan dalam menentukan game favorit mereka dengan cara memberikan voting terhadap karya-karya yang didaftarkan.

“Melalui acara ini, AGI dan developer game Indonesia ingin berkontribusi untuk membantu menjaga Indonesia dengan membuat game untuk mengedukasi masyarakat terkait pandemi Corona,” ungkap Adam Ardisasmita, Wakil Ketua dari AGI. “Diharapkan, hasil game-nya nanti bisa membantu sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat kepada masyarakat guna meminimalisir penyebaran virus ini,” lanjutnya.

"Untuk membantu mempersiapkan anak-anak mengikuti game jam ini, Coach Clevio yang sudah berpengalaman mengajar coding game kepada ribuan coders telah mempersiapkan webinar gratis dan seru untuk belajar bikin game," ungkap Fransiska Oetami, CEO dari Clevio. "Jadi, jangan khawatir kalau belum pernah [melakukan] coding atau bikin game sebelumnya. Meski pun harus #DiRumahAja, tidak berarti harus sendiri-sendiri, karena anak juga akan belajar mengembangkan social skill-nya dengan kerja bareng teman secara online, persis seperti bapak ibu yang meeting online karena #WorkFromHome," lanjutnya.

Informasi lebih lanjut mengenai Ajang Cipta Game “Ayo Bikin Game di Rumah Aja” bisa langsung didapatkan dengan mengunjungi halaman resminya di https://agi.or.id/ayobikingame.

Tentang Kementerian Komunikasi dan Informatika

Kementerian Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Kementerian Kominfo dipimpin oleh seorang Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang sejak tanggal 23 Oktober 2019 lalu dijabat oleh Johnny Gerard Plate.

Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika dipimpin oleh seorang Direktur Jenderal dengan tugas untuk menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang penatakelolaan aplikasi informatika.

Website: http://www.kominfo.go.id
Instagram: @ditjenaptika; @kemenkominfo
Twitter: @ditjenaptika; @kemenkominfo
Facebook: Kemkominfo

Tentang Asosiasi Game Indonesia

Asosiasi Game Indonesia (AGI) merupakan wadah komunikasi dan pengembangan industri game di Indonesia. AGI sendiri didirikan pada bulan Februari 2013 oleh 10 pendiri.

Perkembangan industri game di Indonesia yang cukup pesat akan memberikan dampak positif dan juga tantangan di masa yang akan datang. Dengan adanya AGI, maka seluruh pengusaha industri game akan berkumpul untuk menata dan mengatasi masalah yang akan dihadapi secara bersama-sama serta meningkatkan pengembangan industri game di masa depan.

Website: https://agi.or.id
Facebook: AsosiasiGameIndonesia
Instagram: @asosiasigame_id
Twitter: @asosiasigame_id

Tentang Clevio

Clevio Coder Camp adalah program pendidikan yang berbasis teknologi, dimana anak-anak diberdayakan untuk menggunakan teknologi sebagai alat untuk mengembangkan karakter, Keterampilan Abad 21 dan kepercayaan diri sebagai technopreneur muda. Program ini mendapat pengakuan internasional pada tahun 2014 lalu sebagai pelopor dalam hal "Re-Imagine Learning Challenge" dari Ashoka Changemakers dan Lego Foundation, karena pendekatan inovatifnya untuk menghadapi tantangan belajar untuk masa depan.

Sejak tahun 2013 lalu, Clevio Coder Camp telah membantu memberdayakan ribuan anak usia 6-18 tahun untuk membuat game edukasi, aplikasi mobile, dan situs web melalui ratusan kegiatan ekstra kurikuler, kelas di luar sekolah serta program-program liburan. Clevio juga mengadakan berbagai kegiatan untuk mengedukasi masyarakat tentang pendidikan teknologi digital dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan berbagai hal, seperti kesehatan, sosial budaya, pendidikan inklusi, dan lain-lain. Kontribusi Clevio dalam dunia pendidikan juga mencakup pemberdayaan guru melalui program-program pelatihan guru di bidang teknologi digital.

Website: http://clev.io
Facebook: ClevioCamp
Instagram: @cleviocamp

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top