NEWS

Kemenparekraf Ajak Talenta Digital Kreatif Ikuti BDD 2020

en19ma   14 Jul 2020
Kemenparekraf Ajak Talenta Digital Kreatif Ikuti BDD 2020

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengajak talenta digital kreatif di Indonesia untuk bergabung dalam event Baparekraf Developer Day (BDD) yang digelar secara daring pada tanggal 18 hingga 19 Juli 2020 mendatang.

Plt Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Josua Simanjuntak dalam pernyataannya di Jakarta (13/7/2020) menjelaskan bahwa BDD merupakan event yang mempertemukan para expert di industri digital kreatif dengan para developer dalam sebuah sesi inspirasi dan transfer knowledge dari para praktisi andal yang telah sukses di bidangnya.

“BDD kali ini digelar dalam format online, tapi experience akan tetap sama. Inspirasi dan transfer knowledge dari developer andal yang telah sukses sangat dibutuhkan oleh para peserta untuk mengembangkan karyanya. Tujuannya sebagai upaya peningkatan kompetensi dan kapasitas para talenta digital kreatif, khususnya di bidang pengembang aplikasi, game, web, dan teknologi digital yang ada di Tanah Air,” katanya.

BDD merupakan bagian dari dua strategi besar pengembangan ekonomi kreatif Indonesia, yaitu transformasi digital dan kewirausahaan (enterpreneurship).

Josua juga menjelaskan bahwa BDD hadir dalam tiga program, yakni event online, fasilitasi belajar, dan kompetisi. Untuk event online akan diberikan secara gratis pada tanggal 18 hingga 19 Juli 2020. Nantinya, peserta akan mendapat paparan dan dapat bertanya secara langsung terkait 4 topik yang sangat dibutuhkan oleh industri pada saat ini, seperti Technology Track, Android Track, Game Track, dan Web Track. Keempatnya berlangsung dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB selama dua hari.

“Dari rangkaian BDD sebelumnya, banyak lahir local heroes yang memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di daerahnya. Harapannya, BDD kali ini akan muncul bibit-bibit baru yang berpotensi serta memberikan solusi,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Aplikasi dan Tata Kelola Ekonomi Digital Kemenparekraf/Baparekraf Muhammad Neil El Himam menjelaskan bahwa para talenta digital kreatif dapat mengikuti fasilitasi belajar secara gratis pada rangkaian BDD tahun ini. Terdapat dua pilihan track yang tersedia, yakni Pengembangan Front End Web atau Pengembangan Aplikasi Android. Baparekraf akan memberikan fasilitasi berupa sertifikasi Google Expert sebanyak 1.250 kepada para peserta yang berhasil lulus dalam kelas prasyarat.

“Terakhir, kompetisi atau Challenge, dimana para peserta ditantang untuk berlomba menghasilkan solusi digital [yang] terbaik guna memecahkan persoalan sehari-hari. Challenge merupakan rangkaian terakhir [dari] program BDD yang akan terbuka dari tanggal 1 September hingga 1 Desember 2020,” katanya.

Baparekraf Developer Day dapat diikuti secara online dan gratis. Bagi para talenta digital kreatif yang ingin mengikuti event Baparekraf Developer Online bisa mengunjungi link https://www.dicoding.com/events/3221. Sementara, untuk mengikuti fasilitasi (Pengembang Aplikasi mobile dan Pengembang Aplikasi Web), para talenta digital kreatif bisa langsung mendaftar di https://bdd.kemenparekraf.go.id/registration.

Tentang Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) Republik Indonesia adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dipimpin oleh seorang Kepala yang sejak tanggal 23 Oktober 2019 lalu dijabat oleh Wishnutama Kusubandio; dan Wakil Kepala, Angela Tanoesudibjo.

Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) mempunyai tugas untuk membantu Presiden dalam merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan melakukan sinkronisasi kebijakan di bidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif. Baparekraf juga mempunyai fungsi perumusan, penetapan, perancangan, dan pelaksanaan kebijakan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film, animasi, dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, serta televisi dan radio.

Website: http://www.kemenparekraf.go.id
Instagram: @kemenparekraf.ri

Tentang Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Baparekraf

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif /Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk kreatif dipimpin oleh seorang Deputi yang dijabat oleh Josua Simanjuntak sebagai Pelaksana Tugas (Plt). Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif mempunyai tugas untuk menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan teknis dalam pengembangan ekonomi digital dan produk kreatif di bidang ekonomi kreatif.

Website atau pendaftaran:

Instagram: @bdd.baparekraf

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top