REVIEW

Kembalinya Sang Naga dalam Endless Runner, Bruce Lee Dragon Run

Andy Chan   28 Sep 2018
Kembalinya Sang Naga dalam Endless Runner, Bruce Lee Dragon Run

Bruce Lee, sang bintang film sekaligus ahli kung fu legendaris yang memperkenalkan Jeet Kune Do, sudah pasti dikenal oleh semua orang. Dia adalah salah satu ikon kultur abad ke-20 yang paling ternama, dengan film-film yang dibintangi termasuk Fist of Fury, Way of the Dragon, Enter the Dragon, sampai ke film terakhirnya, The Game of Death. Sudah banyak game yang menggunakan karakter Bruce Lee ataupun karakter-karakter derivasi dari dirinya macam Marshall Law (Tekken) dan Fei Long (Street Fighter).

Dengan resmi menggunakan nama Bruce Lee, Ketchapp mempersembahkan sebuah game sederhana namun adiktif yang mereka beri judul Bruce Lee Dragon Run. Dalam game ini, pemain berperan sebagai sang legenda kungfu Bruce Lee sendiri dalam sebuah game endless runner yang epik menerobos berbagai macam rintangan yang mematikan.

Pada dasarnya, Bruce Lee Dragon Run adalah sebuah game endless runner, berarti Bruce Lee pun akan berlari sendiri secara otomatis. Tugas pemain adalah untuk menghindari rintangan-rintangan yang dilemparkan oleh medan permainan kepada Bruce Lee. Bagaikan permainan yang berbahaya, semua rintangan yang dihadapi oleh Bruce Lee dalam Bruce Lee Dragon Run ini 100% mematikan. Artinya, begitu Bruce Lee menabrak sesuatu dalam game ini, dia pun akan langsung tewas.

Pemain harus mengendalikan Bruce Lee dengan cara melakukan swiping ke kiri atau ke kanan untuk berpindah jalur, serta melakukan tap untuk melakukan tendangan melompat. Apabila pemain melakukan double tap pada layar sentuh, maka setelah melakukan tendangan lompat, Bruce Lee pun akan melakukan salto. Musuh yang menghampiri Bruce Lee bisa ditendang, namun apabila yang datang adalah benda mematikan seperti bola api, dia pun harus menghindarinya, baik dengan berpindah lajur atau melakukan salto.

Selain rintangan fisik seperti pilar-pilar penghalang serta paku-paku di lantai yang mematikan, Bruce Lee juga masih harus melakukan lompatan apabila jalanan yang dilaluinya telah habis untuk melompat ke platform berikutnya. Tentu saja, kalau lompatannya tidak pas, Bruce Lee pun akan tercebur dan langsung tewas.

Tapi apabila pemain berhasil berlari sampai ke ujung stage, dia pun akan menemukan sebuah benda legendaris yang akan merubahnya menjadi naga yang sesungguhnya. Permainan pun berubah menjadi pengendalian naga ala Flappy Bird di mana pemain harus mengarahkan naganya agar tidak tertabrak rintangan.

Seperti biasanya game endless runner, stage yang dimainkan oleh pemain pun akan berubah setiap kali dijalankan, sehingga pemain akan terus harus bersiaga mengenai apa yang dilemparkan oleh medan permainan. Uniknya Bruce Lee Dragon Run adalah keberadaan macam-macam kata kutipan dari sang naga sendiri, seperti "Jangan takut dengan orang yang berlatih 1000 tendangan satu kali. Takutilah orang yang berlatih satu tendangan 1000 kali."

Bruce Lee tampil secara 3D dalam Bruce Lee Dragon Run, namun oleh karena tipe permainannya dilihat secara isometrik, rasanya kurang bisa menikmati aksinya secara mendetail. Animasi yang menghiasi medan permainan cukup menawan, mulai dari semburan api, bola api meluncur, musuh yang menghampiri, sampai hangusnya Bruce Lee ketika tersemprot api. Apabila pemain ingin merubah kostum Bruce Lee, misalnya dengan memberikannya kostum jumpsuit kuning legendarisnya, hal tersebut juga bisa dilakukan dengan membelinya menggunakan koin yang dikumpulkan sepanjang permainan. Sayangnya, lagu yang dihadirkan cenderung monoton, dan Bruce Lee sendiri pun minim suara.

Seperti biasa, Ketchapp juga menghadirkan Bruce Lee Dragon Run secara gratis alias free-to-play. Game-nya sarat dengan iklan, namun untungnya bisa dimainkan secara offline untuk melenyapkan iklan yang mengganggu tersebut. Tidak ada sistem stamina / energi, jadi Bruce Lee bisa berlari kapan pun dia mau, dan uniknya, tidak ada mikrotransaksi kecuali untuk pembelian "Tidak Ada Iklan" saja.

Satu hal yang agak menyebalkan adalah tidak adanya kustomisasi cara kendali, sehingga bagi yang sudah biasa melakukan swiping ke atas untuk melompat, harus beradaptasi terlebih dahulu untuk bisa memainkan game yang cukup sulit ini. Akhir kata, Bruce Lee Dragon Run memang tidak terlalu jauh berbeda dengan game-game endless runner lainnya, hanya dibungkus dengan nama Bruce Lee saja. Namun game-nya ternyata cukup adiktif lho! Jadilah legendaris dalam Bruce Lee Dragon Run!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top