REVIEW

Kembalinya Para Kacang Bodoh untuk Mati lagi, Dumb Ways To Draw

Andy Chan   22 Jul 2019
Kembalinya Para Kacang Bodoh untuk Mati lagi, Dumb Ways To Draw

Masih ingat dengan para kacang dalam game seri Dumb Ways to Die? Dalam game tersebut, pemain harus berusaha menyelamatkan para kacang dari kematian bodoh yang penuh darah dengan cara melakukan interaksi super cepat. Kini para kacang tersebut pun hadir kembali dalam genre baru yang tidak kalah sadisnya, yaitu genre puzzle menggambar.

Puzzle Gambar Penuh Darah

Masih digarap oleh Metro Trains, game yang berjudul Dumb Ways to Draw ini adalah sebuah puzzle gambar dari dunia Dumb Ways to Die, lengkpa dengan para kacang favorit kalian yang siap tewas secara bodoh. Bedanya, kali ini pemain harus menggambar sesuatu agar para kacang bisa selamat sampai tujuan.

Menggambar dalam Puzzle

Dalam sebuah level, pemain akan diberikan semacam situasi di mana salah satu di antara para kacang yang berwarna-warni ingin mencapai tujuan mereka, baik itu naik ke roket, masuk ke bak air, atau mengambil music player. Di tengah-tengah antara sang kacang dan tujuannya adalah berbagai macam rintangan, termasuk jurang, batu, dan lain sebagainya yang siap membunuh mereka.

Pemain harus menggambar sesuatu dengan menggunakan layar sentuh di medan permainan, biasanya berupa garis. Garis ini ada banyak fungsinya, bisa menjadi sebuah jembatan, bisa juga menjadi sebuah penghalang akan benda mematikan, dan lain sebagainya. Begitu pemain menggambar sebuah garis, maka sang kacang pun mulai bergerak ke arah kanan, dan dia tidak akan berhenti ataupun berbalik arah kecuali bertemu dengan benda khusus.

Fungsi Menghapus

Perbedaan antara Dumb Ways to Draw dengan game puzzle garis lainnya adalah keberadaan sebuah sistem penghapus. Pemain bisa menghapus sebagian dari garis yang sudah mereka gambar untuk membuka kemungkinan baru sebagai solusi sebuah level.

Terlalu Bodoh untuk Menghindar

Para kacang memang tidak punya kemampuan berpikir yang baik, sehingga mereka akan fokus berjalan ke depan tanpa perduli bahaya mengancam. Oleh karena itu, pemain harus bisa memanipulasi medan permainan agar mereka tiba di tujuan dengan selamat.

Batasan Tinta

Untuk menggambar garis di layar, pemain memiliki batasan jumlah tinta yang bisa digunakan. Apabila tinta tersebut sampai habis, maka tidak ada lagi yang bisa digambar di layar. Tantangan ada pada batasan jumlah tinta tersebut, karena semakin sedikit pemain menggunakan tintanya, maka mereka akan bisa mendapatkan tiga buah bintang.

Puluhan Level Penuh Darah

Dumb Ways to Draw memiliki lebih dari 80 level untuk dimainkan, masing-masing dengan animasi yang mematikan untuk para karakternya. Semakin sering pemain menyebabkan para kacang tewas bersimbah darah, maka medan permainan pun akan semakin penuh darah. Penggemar Dumb Ways to Die akan senang melihat para kacang tersebut tetap hadir dengan ciri khas mereka di game ini. Ada juga kustomisasi berupa penggantian mata pena. Selain pena standar yang menggambar garis, ada juga pena-pena khusus seperti pena berbentuk ular, pena ikan, dan lainnya yang unik untuk di-unlock.

Iklan sebagai Metode Aktivasi

Seperti Dumb Ways to Die, Dumb Ways to Draw juga disediakan oleh Metro Trains secara cuma-cuma alias free-to-play. Meskipun game ini bisa dimainkan secara offline, namun apabila pemain ingin melakukan sesuatu, seperti mendapatkan bonus Koin atau memainkan rolet, mereka harus menonton video iklan terlebih dahulu. Untungnya, tidak ada sistem stamina sama sekali, jadi pemain bebas mengulang sebuah level sesuka hati. Mikrotransaksi disediakan untuk pembelian Hints serta Koin.

Dumb Ways to Draw adalah angin segar dalam dunia Dumb Ways to Die. Dengan tetap menitikberatkan pada kematian-kematian bodoh, Dumb Ways to Draw adalah game puzzle gambar yang wajib kalian coba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top