REVIEW

Valkyrie Anatomia: The Origin, Kembalinya Lenneth Valkyrie dalam Perang Melawan para Dewa

Andy Chan   09 Jun 2019
Valkyrie Anatomia: The Origin, Kembalinya Lenneth Valkyrie dalam Perang Melawan para Dewa

Ini adalah kisah legenda Ragnarok, perang dewa di mana Odin menyuruh seorang Valkyrie bernama Lenneth untuk mengumpulkan jiwa-jiwa kuat dan dijadikan Einherjar. Di akhir kehidupan mereka, para jagoan tersebut pun meninggal dan jiwanya dibawa ke Valhalla, di mana mereka sebagai Einherjar, akan membantu peperangan antar dewa.

Kisah Awal Mula Valkyrie Profile

Dipersembahkan oleh Square Enix, Valkyrie Anatomia: The Origin mengisahkan ulang perjuangan Aesir dan asal usul Valkyrie. Suatu hari, Ratu Niflheim, Hel, bekerjasama dengan Vanir, menyerang Aesir secara mendadak. Pada akhirnya, banyak dewa yang berpihak pada Hel dan akhirnya Aesir pun dikalahkan. Dunia pun jatuh ke tangan Ratu Niflheim, Hel. Odin, sebagai sisa dari Asgard, mengirimkan seorang Valkyrie ke Midgard untuk mencari para hero dan membuat mereka menjadi Einherjar sebagai pasukan untuk melawan balik. Boleh dibilang, Valkyrie Anatomia: The Origin adalah semacam Reboot dari serial game Valkyrie Profile, dalam bentuk mobile game.

Perjalanan Dungeon ala Mobile Game

Tentu saja, semua sistem Valkyrie Profile telah dibuat ulang agar lebih cocok dimainkan di ponsel pintar. Kini dungeon dirubah menjadi sebuah lokasi di mana Lenneth bisa berjalan satu ruangan demi satu ruangan. Untuk bisa bergerak antar ruangan, Lenneth akan menghabiskan AP yang fungsinya mirip dengan stamina. Selain berjalan dalam dungeon, AP juga bisa digunakan untuk melakukan searching serta istirahat. Apabila Lenneth bertemu dengan musuh di dalam sebuah ruangan, maka permainan pun akan masuk ke tahap pertarungan ala RPG.

Pertarungan RPG khas Valkyrie Profile

Bagi yang pernah memainkan game Valkyrie Profile di PlayStation, pasti tidak asing dengan sistem pertarungan dalam Valkyrie Anatomia: The Origin. Bedanya, kini permainan semuanya dikendalikan menggunakan layar sentuh, tidak dengan gamepad. Pemain cukup menyentuh icon karakter saja untuk melakukan satu serangan. Di bagian pojok kiri bawah icon karakter terdapat sebuah angka yang menunjukkan berapa kali karakter tersebut dapat menyerang dalam satu turn.

HP yang Saling Berbagi

Dalam Valkyrie Anatomia: The Origin, sistem HP yang digunakan tidaklah individual, melainkan menggunakan Party HP alias HP yang saling berbagi. Dengan demikian, keempat karakter akan bertarung sebagai satu tim, dan mati sebagai satu tim juga. Jika Party HP ini sampai habis, maka terjadilah game over, namun pemain bisa menghidupkan timnya kembali dengan menggunakan mata uang premium, seperti biasa.

Skill Karakter

Selain bertarung secara normal, masing-masing karakter juga memiliki skill khusus yang bisa digunakan dengan cara melakukan swipe ke atas pada icon karakter yang bersangkutan. Ada banyak macam skill yang tersedia, mulai dari yang meningkatkan kekuatan party, sampai ke skill untuk menyerang. Bahkan kalau Purification Gauge dalam battle sudah penuh, maka party pun bisa menggunakan sebuah serangan Purify yang sangat kuat.

Valkyrie dalam 3D

Salah satu yang membuat Valkyrie Anatomia: The Origin tampil sangat menawan adalah para karakternya yang tampil dalam grafis 3D. Mereka dianimasikan dengan sangat cantik, lengkap dengan voice acting berbahasa Jepang dan didukung dengan lagu-lagu epik ala Valkyrie Profile. Sayangnya, beberapa musuh sepertinya merupakan hasil recycle dari aset-aset yang digunakan di Valkyrie Profile 2: Silmeria.

Sistem RPG yang Kompleks

Valkyrie Anatomia: The Origin adalah salah satu game mobile free-to-play yang memiliki sistem cukup kompleks. Selain mengumpulkan party member dan memikirkan equipment apa saja yang sebaiknya dikenakan, pemain juga bisa mengatur penggunaan Orb, Limit Break, dan lain sebagainya. Tentu saja, bukan game mobile kalau tidak ada sistem Gacha. Di sini pemain bisa memanfaatkan sistem Gacha untuk mendapatkan senjata-senjata dewa. Yang pasti, mikrotransaksi disediakan untuk pembelian mata uang premium, Gems, yang manfaatnya sangat banyak.

Kisah Sedih Penuh Tragedi

Meskipun game-nya merangkul sistem free-to-play yang wajib online, namun kisah yang disajikan dalam Valkyrie Anatomia: The Origin tetaplah bernuansa sama dengan game Valkyrie Profile, yaitu penuh dengan kisah sedih dan tragedi. Kisah para Einherjar sebelum meninggal dijamin bisa membuat hati kalian terenyuh.

Bagi penggemar Valkyrie Profile, jangan terlalu kecewa karena game-nya berubah menjadi game mobile yang wajib dimainkan secara online. Boleh dibilang, reboot dari Valkyrie Profile ini menciptakan sebuah alternate timeline yang ternyata cukup bisa mengobati rasa rindu kalian akan Lenneth.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top