REVIEW

Doraemon Repair Shop Seasons, Perbaiki Barang bersama Doraemon

Andy Chan   02 Nov 2019
Doraemon Repair Shop Seasons, Perbaiki Barang bersama Doraemon

Baru-baru ini, di Nintendo Switch dan PC telah rilis sebuah game Doraemon yang berjudul Doraemon Story of Seasons, di mana di dalamnya, pemain berperan sebagai Nobita dan kawan-kawan dalam sebuah game bercocok tanam ala Harvest Moon. Game tersebut tidak tersedia untuk mobile, jadi pasti ada beberapa penggemar Doraemon yang kecewa. Oleh karena itu, mari kita kunjungi kembali salah satu game Doraemon yang pernah rilis di mobile, yang judulnya mirip: Doraemon Repair Shop Seasons.

Latar Belakang Doraemon Repair Shop Seasons

Dikisahkan bahwa para penduduk kota sedang melakukan bersih-bersih, dan berencana untuk membuang peralatan rumah tangga yang sudah rusak dan tua. Hambur, kan? Oleh karena itu, Doraemon sang robot kucing futuristik bersama dengan teman-temannya, membuka sebuah toko reparasi dan membantu seluruh penduduk kota untuk memperbaiki peralatan rumah tangga mereka, tentu saja dengan gadget masa depan yang disediakan oleh Doraemon, semua peralatan tersebut akan direparasi hingga menjadi seperti baru! Sebagai bayarannya, para konsumen memberikan Doraemon snack favoritnya, yaitu Dorayaki!

Permainan ala Rush

Dalam Doraemon Repair Shop Seasons, pemain bertugas untuk membantu Doraemon, Nobita, Shizuka, dan teman-temannya dalam menjalankan toko reparasi mereka. Para penduduk kota akan berdatanganya dengan peralatan rusak mereka, dan pemain harus memperhatikan simbol yang ada di atas kepala mereka. Sentuh dan bawa mereka ke lokasi reparasi yang tepat, lalu sentuh tanda seru di atas kepala mereka untuk melakukan reparasi. Mereka pun akan membayar Dorayaki kepada Doraemon yang berfungsi sebagai mata uang dalam game ini.

Upgrade Toko Reparasi

Pada mulanya, Doraemon dan teman-teman hanya bisa melayani sekian banyak tamu saja sebelum kehabisan tempat dan pelayanan. Oleh karena itu, disediakan sebuah sistem upgrade di mana pemain bisa menghabiskan Dorayaki untuk membeli tempat pelayanan baru di toko reparasi tersebut, serta meng-upgrade kualitas layanan maupun kualitas tempat menunggunya.

Menambah Helper

Selain upgrade toko, pemain juga akan bisa memanggil bantuan untuk meramaikan penjaga tokonya, mulai dari Doraemon sendiri, Nobita, Dorami, Gian, Shizuka, dan lainnya, masing-masing dengan gaya khas mereka. Setiap helper pun bisa di-upgrade agar lebih efisien dalam membantu permainan.

Berbagai Lokasi Kota untuk Buka Toko

Toko reparasi Doraemon ini pada mulanya hanya buka di halaman belakang rumah Nobita saja. Namun seiring permainan, pemain akan bisa membuka toko di tempat baru seperti di taman main, tempat parkir, lapangan baseball, di shopping hall, di sekolah, hingga di hutan, masing-masing dengan tampilan cantik ala komik Doraemon. Sayangnya, tidak ada lagu opening Doraemon di game ini, bahkan tidak ada voice acting sama sekali. Meskipun begitu, permainan akan tetap terasa khas Doraemon karena lagunya cukup mirip, dan setiap karakternya tampil menawan.

Gratisan untuk Mobile

Doraemon Repair Shop Seasons disajikan secara free-to-play oleh Animoca, dan game-nya bisa dimainkan secara offline tanpa perlu koneksi Internet. Tidak ada sistem stamina sama sekali, tetapi game-nya memiliki dua buah mata uang yaitu Dorayaki serta Bel Doraemon, yang bisa dibeli via mikrotransaksi atau didapatkan dalam game. Berhubung untuk membeli dan meng-upgrade karakter membutuhkan Bel Doraemon, bisa dipastikan kalian akan lama untuk bisa meng-unlock Shizuka dan teman-teman kecuali bersedia membelinya menggunakan uang asli.

Yang pasti, pemain butuh kecepatan dan kejelian untuk bisa melayani semua tamu secara sempurna, sehingga boleh dibilang Doraemon Repair Shop Seasons ini sangat seru. Jika kalian adalah penggemar Doraemon, game ini cukup pantas untuk dijajal.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top