NEWS

Kembali Digelar di Tanah Air, Turnamen Mobile Legends se-Asia Tenggara Siapkan Hadiah 1,4 Miliar!

Conny   05 Jul 2018
Kembali Digelar di Tanah Air, Turnamen Mobile Legends se-Asia Tenggara Siapkan Hadiah 1,4 Miliar!

Moonton siap untuk kembali menggelar kompetisi Mobile Legends termegah di Asia Tenggara, yakni Mobile Legends: Bang Bang South East Asia Cup 2018 (MSC 2018). MSC sendiri merupakan gelaran kompetitif tahunan yang resmi diselenggarakan oleh Moonton sebagai publisher sekaligus developer Mobile Legends: Bang Bang dengan negara-negara Asia Tenggara sebagai pesertanya.

Mobile Legends: Bang bang Games AndroidiOS Free Download Download

Indonesia bisa disebut sebagai salah satu negara yang lebih antusias, pesat, dan aktif perihal ajang kompetitifnya terkait Mobile Legends selama satu tahun terakhir jika dibandingkan dengan Thailand mau pun Filipina, yang merupakan 2 negara finalis pada gelaran MSC 2017 lalu. Nah, berkat aktifnya gelaran kompetitif, antusiasme, dan juga jumlah pemain yang begitu besar di Tanah Air tercinta kita, maka Moonton pun kembali memutuskan untuk mempercayakan kepada Indonesia sebagai tuan rumah bagi gelaran MSC 2018 untuk yang kedua kalinya.

"Kami sangat senang Indonesia menjadi tuan rumah. Respons yang bagus tahun lalu dan Indonesia memiliki potensi pasar eSports yang besar, dan biggest number gamers di sini. Saya pikir ini menjadi faktor penentu tuan rumah," kata Caya Yan, Indonesia Country Manager for Moonton, dalam konferensi pers yang bertempat di The Pallas (SCBD, Jakarta Pusat), Selasa (03/07/2018).

“Jumlah pemain Mobile Legend di Indonesia ini menjadi yang pertama terbanyak di dunia. Dengan jumlah terdaftar di database sebanyak 70 juta user,” ungkap Irliansyah Wijanarko, CGO RevivaLTV.

MSC 2017 yang digelar pada tanggal 1 hingga 3 September 2017 lalu itu memang terbilang sukses karena mampu mengundang sebanyak 3500 tim selama masa kualifikasi dan babak Grand Finals. Ditambah lagi, kompetisi tersebut juga berhasil menayangkan pertandingan-pertandingan dalam kurn waktu 30 jam secara live streaming di kanal resmi MLBB dengan menjaring sebanyak 6,12 juta pemirsa di YouTube, 4,6 juta pemirsa di Facebook, dan 60.000 penonton yang langsung datang ke lokasi acara.

Peserta MSC 2018

Jika hanya ada 5 negara yang bertarung di MSC 2017, maka dalam konferensi pers yang juga dihadiri oleh Ahmad Syahndy, CEO RevivaLTV, dan Ryan Lynn, Vice President of Game.ly, serta berbagai pihak dari para penggiat eSports, influencer, sampai para awak media per Selasa lalu tersebut diumumkan bahwa MSC 2018 kali ini akan mengundang perwakilan dari 7 negara di Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.

Sedikit berbeda dari gelaran MSC 2017 yang menggunakan sistem kualifikasi, maka MSC 2018 yang didukung oleh Game.ly, aplikasi live streaming dengan slogan “Life as a Game” yang menjadi tempat bertemunya komunitas pecinta game untuk saling berbagi dan menyalurkan antusiasme mereka, sebagai Epic Sponsor ini akan memiliki sistem yang sedikit berbeda kali ini. Negara-negara yang telah menjalankan MPL (Mobile Legends: Bang Bang Professional League), seperti Indonesia, Malaysia - Singapura, dan Filipina, akan mendapatkan undangan untuk tim-tim berprestasi yang ikut serta di MPL.

Ada 2 kategori untuk tim yang memastikan kursinya ke ajang MSC 2018 dari negara-negara peserta MPL, yaitu Selected Teams dan Invited Teams. Selected Teams merupakan para jawara dari MPL Season 1 di tiap negara, yaitu:

  • Juara MPL Indonesia: Aerowolf Roxy
  • Juara MPL Malaysia - Singapura: Bigetron SG
  • Juara MPL Filipina: Aether Main

Sedangkan, Invited Teams merupakan tim-tim yang mampu memberikan performa menawan di ajang MPL Season 1 pada tiap negara, yakni:

  • Direct Invite dari MPL Indonesia: EVOS Esports
  • Direct Invite dari MPL Indonesia: RRQ.O2
  • Direct Invite dari MPL Malaysia - Singapura: Air Asia Saiyan
  • Direct Invite dari MPL Filipina: DigitalDevils Pro Gaming

Sedangkan, untuk negara-negara lainnya yang belum memiliki ajang MPL, seperti Vietnam, Myanmar, dan Thailand, masih akan diadakan kualifikasi lagi secara terbuka bagi semua tim eSports dari negara-negara tadi demi memperebutkan masing-masingnya 1 slot untuk MSC 2018.

Namun demikian, sampai berita ini ditayangkan, barulah 1 negara yang telah menyelesaikan kualifikasi MSC-nya, yaitu Thailand dengan IDONOTSLEEP sebagai sang pemenangnya. Bagi kalian yang mengikuti scene eSports MLBB dari tahun lalu, maka kalian pastinya mengetahui bahwa tim itulah yang menjadi sang juara di MSC 2017 lalu. Sementara, untuk perwakilan dari Myanmar dan Vietnam akan diumumkan di waktu mendatang.

Sistem Turnamen MSC 2018

Nantinya, MSC 2018 akan dibagi menjadi 2 tahap, yakni Group Stage dan Playoff. Di Group Stage, 10 tim peserta akan dibagi lagi menjadi 2 grup dengan sistem pertandingan Round Robin (Bo1, atau Best of 1). 2 tim teratas dari masing-masing grup tersebut akan melaju ke Playoff.

Playoff sendiri bakal menggunakan sistem Single Elimination dengan Bo3 (atau Best of 3) untuk Semi Final dan Bo5 (atau Best of 5) untuk partai terakhir alias Final.

Prize Pool dan Distribusinya

Jika Moonton pada tahun lalu ‘hanya’ memberikan hadiah sebesar USD 50,000 untuk sang juara pertama (IDONOTSLEEP) dan USD 25,000 untuk sang Runner-Up (Salty Salad), maka Moonton kali ini menaikkan total hadiah yang disediakan sampai setidaknya USD 100,000 atau setara dengan Rp 1,4 miliar!

Berikut ini adalah distribusi pembagian hadiahnya:

1. Qualifier Champion

  • MSC Qualifier Thailand: USD 6,000
  • MSC Qualifier Vietnam: USD 6,000
  • MSC Qualifier Myanmar: USD 6,000

2. Group Stage

  • Setiap 1 poin kemenangan pada setiap match akan mendapatkan hadiah sebesar USD 1,000.
  • Dengan total 20 match, maka USD 20,000 akan disediakan untuk babak Group Stage.

3. Grand Final

  • Juara pertama dari MSC 2018 akan berhak membawa pulang hadiah sebesar USD 30,000.
  • Juara kedua alias Runner Up akan mendapatkan USD 15,000.
  • Sedangkan, juara ketiga akan mendapatkan USD 10,000.
  • Dan, juara keempat akan mendapatkan USD 5,000.
  • Total hadiah yang diberikan untuk juara pertama hingga keempat ini akan mencapai USD 60,000!

4. Personal Reward

  • Pemain yang mendapatkan gelar Grand Finals MVP untuk babak Grand Final akan mendapatkan tambahan hadiah sebesar USD 1,000.
  • Sedangkan, pemain yang berhasil mendapatkan titel King of KDA juga akan mendapatkan hadiah sebesar USD 1,000.

Lebih menariknya lagi, total hadiah ini nantinya juga akan bertambah besar lagi. Pasalnya, sebagian hasil dari penjualan in-game item (skin, border, dan lain-lainnya) yang dilakukan dalam rangka event spesial MSC 2018 pun akan ditambahkan lagi ke Prize Pool tadi.

Tanggal dan Tempat MSC 2018

Babak Grand Final untuk MSC 2018 ini nantinya akan diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta - HALL B3 pada tanggal 27 sampai 29 Juli 2018. Sedangkan, pengundian slot untuk tim peserta akan ditayangkan secara live streaming pada tanggal 26 Juli 2018 melalui Fanpage resmi MLBB di Facebook.

Pertandingan-pertandingan MSC 2018 ini nantinya juga akan ditayangkan dalam bentuk live streaming secara eksklusif di Fanpage resmi MLBB di Facebook dengan 3 bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Thailand, dan bahasa Inggris.

Selain itu, masyarakat Indonesia juga bisa datang untuk menyaksikan kejuaran MSC 2018 secara langsung. Irliansyah Wijanarko menjelaskan, "Tahun ini, penonton gelaran ini akan dibagi beberapa kelas, yakni reguler, VIP, dan VVIP." Khusus untuk penonton yang tertarik menonton di kelas reguler, tiket dapat mulai dibeli pada saat hari pelaksanaan. Sementara, kelas VIP dan VVIP hanya bisa didapatkan melalui undangan.

“Kita berkaca dari dari MPL kemarin di Taman Anggrek. Kemarin saja, kita berhasil menyedot penonton sebanyak 80 ribu. Jadi, kita optimis di MSC 2018 ini target penonton bisa mencapai 100 ribu,” tandas Irliansyah Wijanarko.

Ke depannya, akan ada pertandingan dunia, yang mempersatukan para pemain dari seluruh negara dan Caya Yan optimis bahwa pemain Indonesia dapat bermain di kancah Internasional. “Saya yakin pemain game di Indonesia ini bisa mendunia, makanya kita mau membantu mengembangkan bersama Indonesia [perihal] eSport-nya.”

"Untuk tahun depan, harapannya, wilayah Eropa dan Amerika Utara juga akan memiliki kompetisi Mobile Legends sendiri seiring perkembangan game ini," pungkas Caya Yan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top