REVIEW

Kembalinya Bubble Bobble Klasik, Kini dalam Bentuk Mobile

Andy Chan   07 Jul 2020
Kembalinya Bubble Bobble Klasik, Kini dalam Bentuk Mobile

Inilah permulaan dari sebuah kisah fantastis. Mari kita bertualang ke goa penuh dengan monster! Semoga beruntung! Itulah kalimat pembuka dari game arcade klasik buatan Taito di tahun 1986 silam, Bubble Bobble. Dalam game tersebut, dua buah naga lucu bernama Bubblun (Bub) dan Bobblun (Bob) bertualang ke dalam sebuah goa sambil membasmi para monster dengan meniupkan balon untuk memerangkap mereka, lalu memecahkannya sehingga musuh pun tewas.

Klasik Bubble Bobble

Sudah banyak sebenarnya iterasi Bubble Bobble, seperti versi puzzle-nya yang berjudul Puzzle Bobble, juga berbagai macam klon Bubble Bobble yang bertebaran di mobile. Kini berkat Mobirix, Bubble Bobble klasik ini pun hadir kembali di ponsel pintar kalian sebagai nostalgia dengan fitur-fitur baru yang menarik.

Pengendalian Permainan

Dalam Bubble Bobble, pemain mengendalikan naga lucu tersebut menggunakan layar sentuh, di mana di bagian kiri layar pemain bisa menggerakkan jarinya di layar sentuh untuk menggerakkan sang naga ke kiri atau ke kanan. Di sebelah kanan bawah layar, terdapat dua buah tombol aksi, satu untuk menembakkan gelembung, satu lagi untuk melompat. Pemain juga diberikan tiga buah nyawa, yang kalau sampai habis, maka terjadilah game over. Persis Bubble Bobble klasik yang pernah kalian mainkan dulu.

Fitur Tambahan

Tentu saja, dengan iterasinya di mobile, ada beberapa fitur tambahan yang akan mempermudah permainan. Ada fitur auto-fire yang bisa dinyala-matikan, gunanya adalah untuk menyuruh sang naga menembak gelembung secara otomatis tanpa perlu input apa-apa dari pemain. Efek jeleknya, medan permainan akan menjadi penuh dengan gelembung. Pemain juga bisa mengganti resolusi layarnya agar menjadi lebih mirip dengan versi aslinya.

Super Game

Apabila pemain berhasil menyelesaikan Bubble Bobble, sebuah pencapaian yang bisa dibilang tidak semudah itu, pemain akan mendapatkan reward berupa sebuah mode permainan baru bernama Super Game. Penasaran seperti apa mode ini? Cari tahu dengan menyelesaikan 100 level terlebih dahulu.

Tetap Menggunakan Artwork Klasik

Bubble Bobble yang disajikan oleh Mobirix ini tetap menggunakan artwork retro klasik yang sudah dikenal sejak tahun 80'an silam. Bahkan lagu yang digunakan pun masih tetap sama, sehingga nuansa nostalgia memainkan Bubble Bobble ini sangat terasa.

Ada Mikrotransaksi

Bubble Bobble disajikan secara gratis alias free-to-play, tanpa ada sistem stamina / energi. Jadinya pemain bebas untuk main kapan pun dia mau. Sayangnya, game ini kini mendapatkan fitur baru berupa kehadiran iklan yang mengganggu, serta mikrotransaksi, di mana pemain bisa membeli mata uang premium Gems, yang berguna untuk menggunakan Power Mode yang memberikan kekuatan khusus kepada sang naga, juga untuk melakukan continue ketika mengalami game over. Tapi paling tidak, pemain bisa menikmati Bubble Bobble ini secara offline untuk menghindari kemunculan iklan.

Memang keberadaan iklan serta mikrotransaksi mungkin dirasakan agak aneh dan mengganggu nuansa nostalgia, namun tidak diragukan lagi, game ini memang merupakan Bubble Bobble yang sudah kita kenal sejak masa-masa NES dahulu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top