REVIEW

Kawaii Plants, Kumpulkan Tanaman Imut di Ponsel Pintarmu

Andy Chan   07 Oct 2019
Kawaii Plants, Kumpulkan Tanaman Imut di Ponsel Pintarmu

Pernah membayangkan memiliki sebuah terarium yang penuh dengan tanaman-tanaman cantik? Tidak ada yang lebih menyenangkan bagi penggemar tanaman hias selain mengunjungi terarium milik mereka dan menikmati segarnya kehijauan alami tersebut. Nah, mari kita ikut go green dengan game bertemakan tanaman hias dan terarium, yaitu Kawaii Plants.

Evolusi Tanaman Hias

Kawaii Plants persembahan dari Noxfall Studios ini adalah sebuah game merge dan idle, di mana pemain bertugas untuk menggabungkan tanaman-tanaman hias miliknya agar berevolusi dan menjadi tanaman yang benar-benar cantik. Para tanaman tersebut pun akan berterima kasih dengan memberikan matahari yang bisa digunakan untuk membeli tanaman hias baru. Demikian seterusnya sampai pemain berhasil memiliki tanaman hias tercantik di dunia.

Menggabungkan Tanaman

Cara bermainnya cukup mudah. Pemain menggabungkan dua buah tanaman yang sama untuk menghasilkan sebuah tanaman ber-level lebih tinggi dari tanaman tersebut. Pemain tinggal menyentuh dan menarik tanaman tersebut ke tanaman yang sama untuk menggabungkan mereka, dan lihatlah mereka berevolusi dari tanaman level 1 menjadi level 2, level 4 ke level 5, dan seterusnya.

Pembelian Tanaman

Setiap tanaman yang berada di terarium milik pemain akan menghasilkan matahari. Matahari ini adalah mata uang yang digunakan dalam Kawaii Plants, dan pemain bisa menggunakannya untuk membeli tanaman baru, selama masih ada tempat di terarium miliknya. Semakin lama harga tanaman yang dibeli akan semakin mahal, sehingga pemain akan terhenti di suatu titik dan harus menunggu penghasilannya lagi.

Idle Game

Secara garis besar, permainan Kawaii Plants ini tidak perlu dimainkan secara aktif. Para tanaman yang berada di terarium akan senantiasa menghasilkan matahari sekalipun pemain tidak sedang menjalankan game-nya. Jadi pemain cukup sesekali saja memeriksa game-nya, melakukan evolusi, lalu meninggalkannya kembali sampai mendapatkan matahari yang cukup.

Level Pemain

Setiap menggabung-gabungkan tanaman, pemain akan mendapatkan experience, dan apabila experience sudah mencukupi, maka dia akan naik level dan mendapatkan rewards. Biasanya setiap level, pemain akan mendapatkan perluasan dari terarium miliknya, sehingga dia bisa memiliki lebih banyak tanaman serta memiliki ruangan cukup untuk menggabung-gabungkan tanaman.

Grafis Kartun Cantik

Sesuai judulnya, semua tanaman yang hadir di dalam Kawaii Plants ini benar-benar cantik, dan pemain juga akan selalu penasaran tanaman apa yang akan didapatkannya dengan cara menaikkan level tanaman terus-menerus. Tapi ada satu hal yang tidak terlalu "kawaii" dalam game ini, yaitu maskot game-nya itu sendiri, sebuah orang-orangan sawah dengan kepala labu kuning yang meskipun tampil imut dengan bunga-bungaan, tapi terlihat agak creepy.

Penuh dengan Iklan

Game ini menggunakan sistem free-to-play alias gratis untuk dimainkan, sehingga tidak mengherankan kalau game-nya cukup sarat dengan iklan. Selain iklan yang muncul setiap beberapa saat sekali, hampir semua aksi sampingan di game ini membutuhkan mata uang premium, atau alternatif lainnya adalah dengan menonton sebuah video iklan. Baik itu memutar rolet bonus, membeli speed up, sampai membeli tanaman level tinggi, semuanya harus bayar. Jangan khawatir, karena meskipun Gems sendiri dijual dalam mikrotransaksi, tapi Kawaii Plants juga menyediakan quest harian dan achievement yang menghadiahkan Gems.

Salah satu kekurangan dari game ini adalah kewajiban untuk online, karena kalau tidak ada koneksi Internet, pemain tidak akan bisa melewati layar loading di bagian awal game. Selain itu sih, game ini cukup menyenangkan untuk dimainkan. Ayo koleksi lebih dari 45 tipe tanaman lucu yang bisa kalian pelihara di Kawaii Plants!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top