NEWS

Kabar Terbaru dari Festival Belanja Global 2020 11.11

en19ma   19 Nov 2020
Kabar Terbaru dari Festival Belanja Global 2020 11.11

Festival Belanja Global 11.11 tahun ini ditutup dengan kesuksesan yang besar dan torehan rekor yang baru, serta menarik lebih dari 800 juta konsumen selama 11 hari pelaksanaannya. Chairman & Chief Executive Officer Alibaba Group, Daniel Zhang memaparkan evolusi dan peluang bagi brand-brand baru melalui perhelatan 11.11 tahun ini di Shanghai pada tanggal 16 November 2020 lalu.


Kampanye 11 Hari untuk Pertama Kalinya

Didirikan sebagai festival belanja selama satu hari pada tahun 2009 lalu dengan hanya sebanyak 27 merchant yang berpartisipasi, 11.11 telah berkembang seiring dengan waktu dan menjadi festival belanja terbesar di dunia. Festival 11.11 tahun ini telah mengambil langkah yang lebih jauh lagi, menjadi festival pertama yang digelar selama 11 hari. Para merchant yang berpartisipasi dapat memanfaatkan dua periode belanja festival, yang pertama dibuka pada tanggal 1-3 November 2020 lalu, dan yang kedua pada tanggal 11 November 2020, untuk memaksimalkan kesuksesan bisnis mereka terutama dalam upaya bangkit dari Covid 19.

Kampanye yang diperpanjang membawa hasil yang mencengangkan: Pada periode antara tanggal 1-11 November 2020 berhasil meraup hasil sebesar RMB 498,2 miliar (USD 74,1 miliar ) GMV, yang meningkat sebesar 26% YoY jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, dan merupakan tingkat pertumbuhan yang tertinggi selama tiga tahun terakhir.

“Sangat menyenangkan dapat menyaksikan 11.11 bisa bergerak ke model baru … Setelah 11 tahun perjalanan 11.11, kami akhirnya memasuki usia ke 12 tahun, yang merupakan lembaran baru serta peluang besar bagi kami untuk memulai perjalanan baru kami,” ujar Zhang pada diskusi panel Observing China Forum 2020.

Terkait keuntungan promosi 11.11 bagi para konsumen dan merchant, Zhang mengatakan, “Kami mengamati bahwa konsumen melakukan beberapa pembelian selama 11 hari kampanye [pada] tahun ini, dan perluasan kategori belanja juga membawa banyak manfaat. Pada saat yang sama, karena pandemi, semua merchant dan bisnis [yang] termotivasi untuk pulih dan tumbuh kembali, itulah sebabnya mereka menantikan 11.11.”

Menurut Zhang, lebih dari 470 brand berhasil melampaui RMB 100 juta (USD 15,2 juta) GMV selama pelaksanaan 11.11 tahun ini. Periode promosi yang diperpanjang juga membuat logistik dan proses pembayaran menjadi lebih lancar.

Perubahan adalah Satu-satunya yang Tak Pernah Berubah - Festival yang Selalu Berkembang dan Berinovasi

Zhang menjelaskan bahwa Alibaba harus terus berubah untuk memenuhi permintaan konsumen 11.11, terutama tahun ini, yang menurutnya merupakan awal yang baru untuk festival tersebut.

“Kami ingin menghadirkan 11.11 yang benar-benar unik melalui perubahan [yang] signifikan. Di satu sisi, kami perlu memaksimalkan efisiensi alokasi sumber daya. Sementara, di sisi lain, kami ingin dapat berinteraksi dengan konsumen dan menciptakan pengalaman yang lebih baik dan tak terlupakan.“

Infrastruktur digital yang kokoh milik Alibaba telah memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan dan mengembangkan festival 11.11. Dengan mengoptimalkan segala sumber dari ekosistemnya yang luas, Alibaba telah mampu menangani sebanyak 583 ribu pesanan per detik pada puncak aktivitas tahun ini, dengan armada logistik Cainiao yang memproses lebih dari 2,32 miliar pengiriman selama periode 11 hari. Festival tahun ini juga didukung oleh berbagai alat digital, seperti livestreaming untuk menciptakan pengalaman ritel yang imersif dan menarik bagi para pembeli dan merchants.

“Jumlah konsumen muda kian meningkat, dan gaya hidup dari para pembeli juga semakin muda. Dapat dikatakan, apa yang kita lakukan saat ini adalah sebuah gaya hidup, dan kita harus terus mengikuti perkembangan zaman. Kami percaya bahwa 11.11 harus bisa lebih menghibur dan menginspirasi, karena kebutuhan konsumen yang senantiasa berubah. Kami harus terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” jelas Zhang.

Memberdayakan Brand Berkembang menggapai Sukses

Festival 11.11 tahun ini diikuti oleh lebih dari 250 ribu brands. Dihadiri oleh berbagai brand terkenal, seperti Apple, L’Oréal, dan Nike, festival ini juga menjadi peluang yang baik bagi brand berkembang untuk tampil dan mempromosikan produk mereka. Pada festival tahun ini, sebanyak 357 brand berkembang menjadi top seller pada sub kategori mereka.

Menurut Zhang, brand berkembang yang mencapai sukses terbaik memiliki beberapa karakteristik berikut: memiliki produk fungsional yang berkualitas tinggi dengan nilai jual yang unik; memasang target dan berinteraksi secara langsung dengan pembeli; dan menggunakan kanal penjualan bukan hanya untuk transaksi, tetapi juga sebagai platform untuk edukasi dan komunikasi konsumen.

Para brand dengan karakteristik tersebut telah memanfaatkan alat dan sumber Alibaba secara optimal untuk menggapai sukses.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top