NEWS

Kabar Terbaru dari Festival Belanja Global 2020 11.11

en19ma   05 Nov 2020
Kabar Terbaru dari Festival Belanja Global 2020 11.11

Festival Belanja Global 11.11 tahun ini baru saja menutup periode belanja pertamanya pada tanggal 3 November 2020 lalu dengan hasil yang luar biasa. Menyongsong periode belanja per 11 November 2020 yang dinantikan oleh para pembeli dan para merchant, berikut adalah beberapa sorotan terbaru dari festival belanja online terbesar di dunia tersebut.

Alibaba Berkolaborasi dengan Hampir 1.000 Brand Internasional pada China International Import Expo

Perhelatan tahunan China International Import Expo yang ketiga akan dimulai hari ini di Shanghai, yang hadir untuk kembali memicu ekonomi global dan sektor perdagangan di tengah pandemi. Pada perhelatan tahun ini, Alibaba berkolaborasi dengan hampir sebanyak 1.000 brand internasional melalui platform e-commerce lintas batas Tmall Global yang menampilkan lebih dari 1.400 produk baru. Sebagai platform impor terbesar Tiongkok besutan Alibaba, Tmall Global dan Kaola telah menjadi “jalur cepat” bagi brand untuk memasuki ekonomi terbesar kedua di dunia, serta terhubung dengan konsumen Tiongkok.

Kaola Menyelenggarakan Lebih dari 300 Sesi Livestreaming

Untuk 11.11 tahun ini, Kaola meluncurkan “Cloud Shopping Guide,” yang menghadirkan lebih dari 300 sesi livestreaming bagi Kaola Global VIP Member untuk dapat berbelanja produk kualitas terbaik dengan harga yang setara dengan toko bebas pajak di seluruh dunia. Berbeda dengan sesi livestreaming biasa yang dipandu oleh brand atau host, Cloud Shopping Guide berfungsi sebagai model inovatif yang menyesuaikan para host livestreaming dengan laman tertentu di Kaola untuk memperkenalkan produk impor dan memberi kesempatan kepada para Member VIP untuk membandingkan harga secara real-time.

11.11 Mendorong Produk Tani

Festival belanja tahun ini telah membangunkan antusiasme dari konsumen Tiongkok terhadap produk tani. Hanya dalam waktu 1 jam pada periode belanja pertama 11.11 pada tanggal 1 November 2020 lalu, Tmall dan Taobao menjual 110 juta gelas kopi; 80 juta buah segar; 28,8 juta kemasan kacang-kacangan; 4,2 juta kg beras; 2,5 juta kg teh; 1,15 juta kg daging; 1,95 juta butir telur; dan 1,6 juta timun laut.

Di hari yang sama, Alibaba juga mengadakan acara pembukaan “Tmall Ideal City” di Jianghan Road, Wuhan, dengan area pameran yang memberikan nuansa musim panen bagi pengunjung. Pada 11.11 tahun ini, Tmall dan Taobao diperkirakan akan menjual 20 juta produk pertanian dari Hubei.

Awal yang Baik bagi Brand Kecantikan

Kosmetik –selalu menjadi kategori populer di 11.11– kembali dengan performa yang baik pada tahun ini. Dalam waktu 40 menit pada periode belanja pertama festival, produk kecantikan telah mencapai GMV senilai RMB 10 miliar dan melampaui pertumbuhan penjualan 150% YoY dalam waktu satu jam.

Toko flagship Tmall milik Estée Lauder menjadi toko yang pertama untuk melampaui penjualan senilai RMB 1 miliar pada 11.11. Brand populer asal Jepang dan Korea, seperti Shiseido, Amore Pacific Group dan The History of Whoo, juga telah melampaui total penjualan mereka dari keseluruhan periode belanja tahun lalu. Tidak kalah, brand-brand kecantikan lainnya juga memberikan hasil yang baik dengan 34 pendatang baru berhasil mencapai penjualan senilai RMB 10 juta dalam satu hari.

Lonjakan Penjualan pada Peralatan Rumah Tangga 3C, dengan 16 brand mencapai RMB 100 miliar pada Satu Jam Pertama

Peralatan rumah tangga 3C (computer, communication & consumer electronic) mencapai hasil yang luar biasa secara umum pada periode belanja pertama per 1 November 2020 lalu. Huawei, Midea, dan Haier berhasil mencapai GMV senilai RMB 100 juta hanya dalam satu menit setelah periode belanja pertama dimulai. Setelah satu jam pertama, pencapaian juga diperoleh 16 brand peralatan rumah tangga, dengan Huawei, Haier, Midea dan Apple yang menembus angka RMB 500 miliar.

Taobao Live juga membuka peluang penjualan besar-besaran untuk brand peralatan rumah tangga 3C: Dalam 52 menit, Haier mencetak rekor baru untuk kategori livestream tercepat yang mencapai GMV sebesar RMB 100 miliar. Livestream dari Huawei, Midea, dan ECOVACS juga menghasilkan lebih dari RMB 100 miliar.

Tiongkok bagian Timur Laut menjadi Destinasi Wisata Populer

Dikenal dengan cuaca yang dingin dan berbagai wahana bersalju, Timur Laut Tiongkok telah menjadi salah satu destinasi wisata yang paling populer bagi turis mancanegara. Menurut data dari platform layanan perjalanan Alibaba, Fliggy, pencarian kata kunci Timur Laut Tiongkok meningkat sebesar 300% selama 11.11. Secara khusus, Gunung Changbai, Jilin telah menjadi salah satu atraksi utama di daerah Timur Laut, dengan 64.000 paket hotel terjual di daerah tersebut.

Dengan adanya pembatasan perjalanan ke luar negeri, para penggemar ski berbondong-bondong mengunjungi lereng bersalju di Timur Laut Tiongkok. Menurut Fliggy, kawasan ini populer di kalangan wisatawan dari Sanya. Selama sebulan terakhir, jumlah tiket yang dipesan dari Sanya ke tempat-tempat wisata populer di Timur Laut Tiongkok, seperti Gunung Changbai, meningkat sebesar 90% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Kota Ideal Tmall

Salah satu sorotan utama dari Festival Belanja Global 11.11 2020 adalah peluncuran Kota Ideal Tmall di berbagai lokasi di Tiongkok. Panitia Penyelenggara Olympic Winter Games dan Paralympic Winter Games Beijing 2022 baru saja meluncurkan Kota Ideal Tmall di Wangfujing, Beijing, bersama Tmall.

Sebagai lokasi yang populer di kalangan Gen Z, penyelenggara acara berharap dapat membangun minat terhadap olahraga musim dingin di kalangan anak muda Tiongkok melalui pertunjukan aksi, serta untuk mendorong perkembangan ekonomi industri olahraga musim dingin. Berbagai program telah disiapkan, meliputi permainan interaktif, sesi livestreaming, jumpa fans dengan artis, dan lain-lain. Selain itu, juga akan diadakan sesi livestreaming selama seminggu untuk mempromosikan hadiah dan suvenir khusus Beijing 2022, yang akan berlangsung hingga tanggal 8 November 2020.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top